Cara Mengatasi Migrain Yang Ampuh Dan Mudah Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai cara mengatasi migrain berikut di kenal cukup ampuh dan efektif dalam menghilangkan masalah sakit kepala sebelah ini. Sehingga sangat cocok di lakukan bagi anda yang sudah bosan mengonsumsi berbagai jenis ramuan alami hingga obat migrain generik yang di jual secara bebas di apotik. Untuk itu, jangan sampai anda melewatkan infomasi yang satu ini ya!


Migrain adalah istilah populer untuk sakit kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut dan hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Menurut WHO, penyakit ini umumnya lebih sering di idap oleh wanita di banding pria yang sebagian besar berusia antara 18-65 tahun. Adapun berbagai faktor penyebab mingrain diantaranya adalah:

  • Faktor hormon
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Faktor gen
  • Perubahan sementara pada zat kimia, jaringan saraf, otak dan pembuluh darah
  • Mengonsumsi makanan tertentu seperti kafein, alkohol, keju dan lainnya.
  • stres dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain migrain, terdapat kondisi tertentu yang juga bisa menyebabkan sakit kepala. Adapun untuk membedakannya, anda bisa mengenal beberapa tanda dan gejala migrain berikut ini:

- Sakit kepala yang parah dan terjadi secara tiba-tiba yang belum pernah di rasakan sebelumnya.
- Lengan maupun satu sisi atau seluruh bagian wajah terasa lemas dan lumpuh.
- Sakit kepala yang di alami di sertai dengan demam, leher kaku, kebingungan, kejang, penglihatan ganda hingga ruam kulit.
- Bicara dan gerak bibir yang sulit untuk di mengerti.

Untuk menghilangkan berbagai ketidaknyamanan tersebut, pada umumnya penderita migrain selalu mengandalkan obat sebagai solusinya. Namun tidak lagi untuk sekarang. Anda bisa mengaplikasikan beberapa cara menyembuhkan migrain tanpa minum obat berikut, yang di percaya sangat cepat dan aman meradakan migrain pada ibu hamil maupun menyusi sekalipun.

Tips cara mengatasi migrain yang ampuh dan mudah tanpa obat

Terdapat banyak ramuan dan juga obat dengan atau tanpa resep yang dapat membantu meringankan gejala migrain. Namun hingga saat ini, belum di temukan obat yang tepat untuk menyembuhkan masalah sakit kepala sebagian tersebut. Meski begitu, ternyata ada beberapa hal sedertahana yang bisa di jadikan cara ampuh mengatasi migrain tanpa obat. Seperti dengan melakukan perubahan kecil dalam diet dan juga gaya hidup dapat mengurangi frekuensi dan juga tingkat keparahan migrain. Dan untuk rincian lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Menghindari penyebab migrain

Selain beberapa faktor yang telah di sebutkan dia atas, beberapa hal lainnya juga bisa menjadi pemicu migrain dan anda perlu menhindarinya. Seperti okok, berolahraga terlalu berat, bau-bauan, cahaya dan lainnya.

2. Memperhatikan asupan kafein

Mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg sehari (setara dengan 3 cangkir kopi bubuk) tergolong ke dalam kadar kafein terlalu tinggi untuk tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan pembuluh darah di otak menjadi terbatas, yang pada akhirnya tak jarang menyebabakan migrain. Maka dari itu, jika anda seorang penderita migrain, ada baiknya untuk segera mengurangi bahkan beralih ke makanan maupun minuman tanpa kafein.

3. Perhatikan kadar gula darah anda

Penurunan kadar gula darah dapat memicu migrain. Sebab mengarah pada glukosa yang di lepaskan ke dalam aliran darah. Tak jarang kondisi tersebut menyebabakan teknan darah menjadi menuingkat. Untuk mensiastinya, anda bisa makan secara teratur setiap 4 jam serta memilih makanan dengan indeks glisemik rendah  seperti halnya buah-buahan, sayuran, yogurt serta keju rendah lemak. Hindari pula makanan dengan GI tinggi seperti roti putih, minuman manis dan permen.]

4. Mengunyah jahe

Aktivitas mengunyah jahe juga di ketahui mampu membantu meringankan masalah mual serta pencernaan yang cenderung menyertai gejala migrain. Selain dari pada itu, rimpang herbal ini sendiri dalap[t memblokir efek dari prostaglandin yaitu zat yang menyebabakan peradangan pada pembuluh darah di otak yang memicu migrain.

5. Banyak minum air putih

Dehidrasi juga merupakan salah satu pemicu timbulnya migrain. Jaringan pada otak sendiri pada dasarnya terdiri dari air. . Sehingga dimana pada saat kehilangan cairan, jaringan akan menyusut  dan menyebabakan iritasi dan juga nyeri. Maka dari itu, cukupi kebutuhan cairan anda minimal 1 litir atau setara dengan 8 gelas perhari  untuk mengurangi keparahan, durasi hingga frekuensi serangan migrain.

6. Hindari penyedap atau bahan tambahan pangan (BTP)

Hal tersebut di karenalan terdapat banyak laporan yang menyebutkan bahwasannya beberapa orang sensitif terhadap zat aditif makanan seperti halnya monosodium glutamat (MSG), aspartam (pemanis buatan), tartazine(pewarna kuning di gunakan untuk minuman bersoda), sulfit (di temyukan dalam anggur) dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan pada beberapa orang berbagai jenis aditif tersebut sering kali emicu migrain.

7. Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium

Kekurangan magnesium ternyata dapat berakibat kurangnya aliran darah ke otak dan berkurangnya gula darah, yang mana keduanya merupakan pemicu utama migrain. Untuk mulai sekarang jangan sampai melewatkan makanan yang kaya akan magnesium seperti halnya sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, oat dan lainnya.

8. Meningktakan kadar serotonin

Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa rendahnya kadar serotonin banyak terjadi pada penderita migrain. Untuk itu perbanyaklahmakanan yang mengandung anyak protein seperti halnya bayam, kalun, telur, produk susu dan lainnya.

9. Melakukan yoga

Dengan melakukan yoga di percaya dapat membuat anda menjadi tenang, mengurangi sres serta meredakan rasa sakit dan nyeri. Yoga juga di ketahui mampu meringankan kekauan pada leher dan bahu sehingga dapat mencegah kambuhnya berbagai gejala migrain.

10. Melakukan hidroterapi

Hidroterapi merupakan teknik menyembuhkan migrain melalui media air. Caranya cukup dengan merendam kaki dengan air dingin dan gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher. Hal tersebut mampu meningkatkan aliran darah dari kepala menuju ke kaki karena suhu di kaki lebih rendah di banding suhu di atas kepala.

11. Akupuntur

juga bisa menjadi  salah satu solusi menyembuhkan migrain tanpa obat. Hal tersebut karena terapi akupuntur sendiri dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit di kepala.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi migrain sebalah kiri maupun sebalah kanan yang bersifat kronis maupun akut secara ampuh, mudah tanpa obat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi wawasan baru yang bermanfaat.

By Nida Saripah - Tips Sabtu, 29 Juli 2017 14:32:48

Related Post :
Alami
Obat Penghancur Batu Empedu…

Obat penghancur batu empedu…

Kesehatan
Memahami Langkah Pertolongan Pertama…

Ketika ada seseorang yang…

Alami
Obat Kecanduan Narkoba Dari…

Narkoba bukanlah hal yang…

Kesehatan
Benarkah Sering Baca Berita…

Menurut sebuah survei, 65%…

Tips
Cara Tepat Melakukan Tes…

Cara tepat melakukan tes…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Ada beberapa makanan sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Obat Sariawan Alami di Lidah Tenggorokan Bibir

obat sariawan alami di lidah…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top