Manfaat Daun Binahong Untuk Mengobati Luka Bakar

Binahong mempunyai nama latin Bassela rubra linn. Tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi ini, memiliki banyak manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini berasal dari Korea namun telah lama dikenal di Indonesia. Baru-baru ini binahong digunakan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan dan mengurangi berbagai macam penyakit ringan atau berat.


Orang-orang Vietnam mengonsumsi binahong dalam perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970 untuk kebugaran dan kesehatan pejuangnya. Bagian daun dari binahong biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya. Binahong di masyarakat Cina dikenal dengan nama Dheng San Chi.

Berikut adalah beberapa khasiat daun binahong untuk berbagai macam penyakit luar dan penyakit dalam. Untuk penyakit dalam, daun binahong bisa dimanfaatkan untuk berbagai penyakit di bawah ini, diantaranya:

  • Mempercepat penyembuhan  radang usus.
  • Mencegah stroke.
  • Mencegah tumor dan kanker.
  • Mencegah Rheumatik, flu tulang dan sakit persendian.
  • Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
  • Wasir (ambeien).
  • Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
  • Mengatasi diabetes.
  • Mengobati sariawan berat.
  • Mengatasi pusing-pusing, sakit perut, dan mimisan.
  • Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.

Sedangkan untuk penyakit luar, daun binahong memiliki beberapa khasiat dan manfaat di antaranya adalah untuk mengatasi luka bakar, kecelakaan yang diakibatkan benda tajam, serta untuk penyembuhan sesudah melahirkan.

Banyaknya manfaat daun binahong dikarenakan adanya zat anti mikroba yang terkandung di dalamnya yang mampu bereaksi terhadap kuman sehingga dapat mengobati luka bakar atau luka karena benda tajam. Salah satunya, kandungan asam askorbat yang berguna untuk menambah imunitas dalam tubuh.

Zat flavonoid juga sangat tinggi terkandung di dalam daun binahong sebagai antioksidan dan berfungsi di dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker. Senyawa dari flavonoid yaitu alkaloid mampu menurunkan gula darah. Zat tersebut berguna untuk mengatasi penyakit diabetes.

Senyawa terpenoid yang terdapat dalam binahong, merupakan senyawa hidrokarbon isometrik yang bisa membantu tubuh memulihkan kebugaran saat dalam keadaan baru sembuh dari sakit. Sedangkan kandungan Saponin dalam binahong bisa membantu menurunkan kolesterol. Saponin juga memiliki sifat antioksidan dan antikarsinogenik yang berfungsi untuk mencegah kanker.

Cara mengonsumsi daun binahong biasanya dengan direbus daunnya dalam air, setelah itu disaring dan air hasil saringannya diminum. Dalam mengonsumsi tanaman binahong untuk pengobatan dan kesehatan, semestinya dikerjakan secara rutin setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar hasil yang didapat terhadap kesehatan dan penyembuhan bisa terealisasi secara maksimal. Daun binahong bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang telah kami sebutkan karena minim efek samping.

By Nida Saripah - Manfaat Rabu, 13 Juli 2016 08:24:04

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Mengetahui Kandungan dan Khasiat dari Daging Merpati

Meskipun sering dianggap sebagai hewan…

Manfaat
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Srikaya mungkin jarang ditemui di…

Manfaat
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan…

Tambah Pertanyaan
Top