Jenis-jenis Asma Dan Pengobatannya

Share dan Tag Temanmu di :

Asma ialah penyakit yang menyerang organ pernafasan. Asam juga merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi, sehingga kebanyakan orang sudah tidak asing lagi saat mendengar penyakit asma. Hanya saja sebagian dari kita belum mengetahui jenis-jenis asma.


Sebagian orang menganggap bahwa asma termasuk penyakit pernapasan ringan. Namun, penyakit asma bisa kambuh dan saat penyakit ini kambuh maka penderita penyakit ini mengalami gejala sulit bernapas, dan terasa sakit di dada.

Jenis-jenis Asma

Asma alergi

Jenis asma yang paling banyak dialami kebanyakan orang adalah asma alergi. Penyebab asma jenis ini adalah zat pemicu alergi. Adapaun alergi yang paling umum diantaranya debu, makanan tertentu, bulu binatang, serbuk sari, udara dingin, tungau dan zat alergi lainnya. Asma alergi sering dialami oleh anak-anak.

Gejala asma alergi diantaranya sesak nafas, batuk, tekanan yang kuat pada dada dan nafas lebih cepat. Sedangkan untuk mengobati asma alergi yaitu dengan menggunakan perlindungan khusus seperti baju hangat dan memakai masker.  

Exercise-Induced Asthma (EIA)

Exercise-Induced Asthma (EIA) ialah jenis asma yang dipicu akibat melakukan aktivitas fisik yang terlalu berlebihan. Oleh karena itu, bagi anda yang menderita asma jenis ini jangan melakukan aktifitas terlalu berlebihan. Karena bila anda memaksakan diri untuk melakukan aktifitas tersebut, padahal anda tidak mampu melakukannya. Maka serangan asma pun akan kambuh dan menimbulkan rasa sesak di dada.  

Asma Non-alergi

Selain asma alergi, jenis asma yang paling umum adalah asma non-alergi. Pemicu dari asma jenis ini adalah polusi udara, debu di dalam rumah, asap rokok, asap kendaraan dan parfum.

Untuk mencegah asma non-alergi yaitu hindari tempat-tempat yang terdapat kepulan debu, jangan mendekati orang yang sedang merokok sebaiknya hindari asam rokok. Sedangkan cara mengobati asma non-alergi yaitu memakai perlindungan khusus seperti memakai masker.

Nocturnal asthma

Nocturnal asthma ialah jenis asma yang sering kambuh pada malam hari. Gejala nocturnal asthma yaitu terasa sesak di dada yang disertai dengan batuk kering. Untuk mengobati nocturnal asthma adalah dengan mengkonsumsi obat asma.

Pengobatan Asma

Salah satu pengobatan asma yaitu fisioterapi. Pengobatan asma lainnya yaitu akupuntur, senam pernafasan dan melakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan kaki.

Cara mengobati asma juga bisa dengan mengkonsumsi obat asma yang diresepkan oleh dokter. Akan tetapi bagi penderita asma yang memilih cara alami, anda bisa memanfaatkan bahan alami ataupun herbal.


Berikut bahan alami dan herbal untuk mengobati asma:

Madu dan kayu manis bubuk

Madu adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asma. Bila asma anda kambuh, maka konsumsilah madu. Karena madu memiliki kandungan zat alami yang dapat membantu melegakan saluran pernafasan.

Caranya:

  • Sediakan 1 sendok teh madu dan sedikit kayu manis bubuk
  • Masukan kedua bahan tersebut ke dalam secangkir yang berisi air hangat dan larutkan.

Jahe

Jahe memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya mengurangi gejala sesak nafas dan mengurangi peradangan termasuk peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan.

Caranya : Rebus beberapa ruas jahe dengan menggunakan air, dan minum air rebusan jahe ketika masih hangat. Air rebusan jahe bisa dikonsumsi oleh semua jenis asma.

Bawang putih

Bawang putih biasanya sering dimasukan dalam masakan. Akan tetapi, bawang putih juga bisa dijadikan sebagi obat alami salah satunya untuk penyakit asma.

Caranya: Rebus 2 siung bawang putih dengan menggunakan 100 ml air. Bila selesai merebusnya, maka diamkan hingga dingin. Kemudian minum air rebusan bawang putih di malam hari.

Teripang emas

Salah satu manfaat dan khasiat teripang emas bagi kesehatan adalah mengatasi masalah pernafasan seperti asma, alergi dan sesak nafas. Berbagai produk yang berbahan dasar ekstrak teripang emas yaitu ekstrak gamat cair dan gamat emas kapsul.

Itulah jenis-jenis asma dan pengobatannya. Setelah mengetahui pengobatan asma. Bagi penderita asma baik asma alergi, asma non-alergi maupun jenis asma lainnya maka anda bisa melakukan salah satu atau beberapa cara pengobatan asma.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 29 Juli 2017 15:11:43

Related Post :
Tips
Cegah Hangover Setelah Minum…

Sebagian orang mungkin akan…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Kesehatan
Ini Penyebab Suara Serak…

Selain batuk, ini penyebab…

Kesehatan
Gejala Dan Penyebab Anemia…

Gejala dan penyebab anemia…

Kesehatan
Bahaya Menggunakan Botol Plastik…

Mencuci dan menggunakan kembali…

Penyakit
Gejala Dan Perkembangan Tahapan…

Gejala dan perkembangan tahapan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Mengenal Penyakit Kanker Serviks Penyebab Julia Perez Meninggal

Mengenal penyakit kanker serviks stadium…

Kesehatan
Anggapan Bahaya Tidur dengan Kipas Angin dan AC

Tidur dengan kipas angin atau…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top