Mengetahui Khasiat Teripang dalam Pengobatan Kanker

Share dan Tag Temanmu di :

Disamping memiliki rasa yang nikmat, teripang juga diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Sebelumnya teripang populer sebagai peningkat libido pria dan penurun kolesterol tinggi. Namun, selain itu, biota laut ini juga memiliki kandungan antivirus, antibakteri, dan sudah dimanfaatkan dalam pengobatan berbagai penyakit.


Dalam dunia pengobatan Tiongkok, teripang sendiri sudah sejak lama dimanfaat sebagai tambahan dalam pengobatan kanker. Menurut Ty M.Bollinger, penulis buku "Cancer: Step Outside the Box", teripang biasa dijadikan sebagai tambahan bagi mereka yang sedang menjalani kemoterapi karena sangat efektif untuk mengurangi efek samping dari terapi kanker. 

Seperti yang diketahui, kemoterapi merupakan pemberian obat imunosupresan yang ditujukan untuk membunuh sel kanker. Namun, terapi ini juga seringkali membuat sistem imun tubuh lemah sehingga penderita kanker mengalami berbagai efek samping yang tidak nyaman. 

Namun, efek samping tersebut bisa diatasi dengan kandungan dalam teripang yang dapat membuat sistem imun kembali kuat. Selain memiliki manfaat imunomodulator (penguat sistem imun), teripang juga disebut bersifat cytotoksik, yang berarti mampu membunuh sel kanker. 

Dr. Ir. Delianis Pringgenis, dosen Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, juga pernah melakukan penelitian mengenai manfaat teripang. Menurutnya, teripang juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan peradangan, menormalkan kadar gula darah, merangsang pemulihan sel, serta menghilangkan rasa sakit.

Karena memiliki tekstur yang lembut dan khasiatnya sebagai obat, teripang memang lebih banyak dikonsumsi di Tiongkok dan Asia. Meskipun sudah diteliti lebih dari 15 tahun, hewan laut yang satu ini kurang dikenali di dunia Barat. Fokus penelitian para ahli adalah khasiat teripang dalam pengobatan kanker

Teripang sendiri bisa diolah menjadi masakan atau dikeringkan dan dibuat sebagai suplemen dalam bentuk gamat kapasul

Dibalik manfaat serta khasiatnya yang luar biasa, populasi teripang di laut Jawa terus menurun karena tingginya eksploitasi seiring meningkatnya permintaan pasar ekspor. Bahkan, di pantai Jawa Tengah, teripang sudah jarang ditemui. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 31 Juli 2017 10:47:58

Related Post :
Kesehatan
Kesehatan
Jangan Sembarangan Konsumsi Minuman…

Secara umum, seseorang minum…

Penyakit
Gejala Penyakit Gonore pada…

Mengetahui gejala penyakit gonore…

Penyakit
Berbagai Penyebab Impetigo Dan…

Berbagai penyebab impetigo krustosa…

Kesehatan
Efek Negatif Sering Mabuk…

Mengonsumsi minuman keras atau…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa Minum Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Beragam manfaat konsumsi susu kedelai…

Manfaat
Manfaat
Jenis-jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak sekali buah-buahan yang termasuk…

Kirim Pertanyaan
Top