8 Cara Untuk Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap penderita asma memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada orang yang mengidap asma ringan dan ada pula orang yang mengidap asma berat. Apapun jenis asma yang anda derita, anda harus bisa mengontrol dan mencegah gejala asma. Penyakit asma tidak dapat dicegah, tapi penderita asma hanya bisa mencegah munculnya gejala asma agar tidak kambuh.


Tidak hanya tingkat keparahannya yang berbeda, setiap penderita asma juga memiliki pemicu asma yang berbeda-beda. Berbagai hal yang dapat memicu asma menjadi kambuh diantaranya faktor cuaca, alergi bulu dan debu, obat anti inflamasi, polusi udara, wewangian, makanan, dan olahraga berat.

8 Cara Untuk Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh

Menjaga kebersihan tempat tidur

Cara mencegah asma agar tidak kambuh bisa di mulai dari lingkungan rumah dahulu yaitu dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Cuci peralatan tidur seperti sprei dan selimut 1 minggu sekali.

Selain itu, jangan membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur anda. Karena bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa menempel pada sprei, bantal dan selimut. Bila bulu hewan peliaharan tidak dibersihkan, maka akan terhirup dan akan memicu asma yang anda derita.

Menjaga kebersihan karpet

Tidak hanya harus menjaga kebersihan tempat tidur, penderita asma juga harus menjaga kebersihan karpet. Terlebih bagi anda yang memiliki hewan peliharaan  seperti anjing dan kucing. Maka bersihkan karpet supaya bulu hewan peliharaan anda tidak terhirup, karena jika bulu hewan peliharaan anda terhirup maka akan memicu asma anda.

Bersihkan mainan anak

Bila anak anda pernah mengidap penyakit asma, supaya asma anak anda tidak kambuh maka jaga kebersihan tempat tidurnya. Cuci peralatan tidur anak seperti sprei dan selimut 1 minggu sekali.

Selain itu, bersihkan juga mainan anak anda perempuan anda seperti boneka. Karena boneka anak anda bisa saja terkena debu, dan debu dapat memicu alergi dan asma.

Hindari merokok dan asap rokok

Bagi anda yang pernah mengidap asma dan anda merupakan perokok aktif. Maka hindarilah merokok. Bahkan bagi perokok pasif tapi anda mengidap asma, supaya gejala asma anda tidak kambuh maka hindari asap rokok. Karena asap rokok bisa memicu gejala asma kambuh. Terlebih bila anak anda mengidap asma, maka jauhkan anak anda dari asap rokok.

Hindari stres

Terlalu banyak pikiran emosi dan rasa khawatir yang berlebihan bisa memperburuk gejala asma. Sehingga bagi anda yang sedang mengidap asma sebaiknya hindari stres supaya tidak memperburuk gejala asma.

Hindari udara yang terlalu dingin

Untuk mencegah gejala asma kambuh juga harus menghindari udara yang terlalu dingin. Oleh karena itu hindari udara yang terlalu dingin.

Selain itu, perhatikan keadaan cuaca. Cuaca lembab, terlalu panas dan kualitas yang buruk bisa memicu gejala asma kambuh bahkan mampu memperburuk gejala asma bila gejala asma anda sedang kambuh. Oleh karena itu, bagi anda ataupun anak anda yang mengidap asma sebaiknya batasi kegiatan d luar ruangan saat cuaca lembab, terlalu panas atau kualitas cuaca buruk.

Olahraga di dalam ruangan yang hangat


Bagi anda pengidap asma yang suka olahraga, maka lakukan olahraga ringan jangan lakukan olahraga berat. Dan lakukan olahraga ringan tersebut di dalam ruangan yang hangat.

Itulah cara untuk mencegah asma agar tidak kambuh. Setelah mengetahui cara supaya gejala asma tidak kambuh, maka sebaiknya anda yang mengidap asma melakukan cara mencegah gejala asma tersebut. Dan bagi anda yang sering mengalami gejala asma, maka sebaiknya memeriksakan diri pada dokter supaya anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Setelah melakukan pengobatan medis untuk mengobati penyakit asma, tapi kondisi anda belum membaik juga maka anda bisa beralih pada pengobatan secara alami. 

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 31 Juli 2017 11:55:19

Related Post :
Tips
Cara Melakukan Olahraga Mata…

Layaknya tubuh, mata juga…

Alami
Obat Asam Lambung Alami…

Obat asam lambung alami…

Tips
Cara Menanggulangi Polusi Udara…

Pada kenyataannya, polusi udara…

Kesehatan
Dampak Negatif Makanan Cepat…

Makanan saji umumnya mengandung…

Kesehatan
Menakjubkan! Ini Proses Penguraian…

Setiap orang pasti sering…

Manfaat
Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Penderita Stroke Susah Buang Air Besar

Penyebab penderita stroke susah buang…

Kesehatan
Kesehatan
Anggapan Bahaya Tidur dengan Kipas Angin dan AC

Tidur dengan kipas angin atau…

Kirim Pertanyaan
Top