Pertolongan Pertama Saat Vertigo Kambuh

Share dan Tag Temanmu di :

Pertolongan Pertama Saat Vertigo Kambuh

Vertigo merupakan gangguan yang terjadi pada saraf dengan gejala rasa nyeri yang sangat kuat dan sakit kepala atau migrian secara tiba-tiba. Selain itu, vertigo dengan kasus yang berat dapat berpotensi penderita hilang kesadaran atau pingsan saat bertigo sedang kambuh. Vertigo muncul rasa pusing yang hampir sama dengan rasa pusing biasa namun sakit kepalanya lebih terasa menyakitkan. Saat vertigo kambuh, pertolongan pertama untuk mengatasi gangguan saraf harus segera dilakukan.


Berikut ini beberapa pertolongan pertama pada vertigo yang dapat diterapkan saat sedang kambuh, diantaranya:

1. Tarik nafas dalam-dalam-dalam

Cara menarik nafas dalam-dalam agar saraf lebih tenang dan peredaran dara bisa kembali lancar. Dengan menahan nafas kurang lebih 3 detik kemudian hembuskan secara perlahan dan lakukan cara tersebut berulangkali hingga vertigo mereda. Perlu anda pertahtikan posisikan kepala dengan posisi yang nyaman dan usahakan jangan bergerak berlebihan seperti menggelengkan kepala.

2. Sandarkan bahu dibantal

Saat vertigo kambuh baringkan tubuh dan bahu harus bersandar pada bantal lalu gerakan kepala kearah vertigo sekitar 45 derajat dan posisi telinga berada lebih rendah dari bahu lalu tahan posisi tersebut selama 30 detik atau 1/2 menit kemudian berbaring memakai posisi miring lalu anda jugsa bisa coba untuk duduk dengan sisi kanan tubuh dan lihatlah apakah vertigo masih terasa atau tidak. Jika masih terasa maka anda bisa mencari pertolongan agar bisa segera dibawa ke rumah sakit.

3. Hidrasi tubuh secepatnya

Ketika vertigo kambuh maka ekuilibrium telinga dibagian dalam akan terganggu karena terjadi pergerakan tubuh atau perubahan posisi secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, anda bisa menggelengkan kepala sebanyak 3 hingga 4 kali dan harus banyak minum air karena dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab vertigo kambuh. Jika anda lebih banyak minum air saat vertigo kambuh maka tubuh akan terlindung dari dehidrasi dan bisa ditambah juga dengan minuman elektrolit atau mineral.

4. Hindari cahaya terang

Usahakan untuk menghindari diri dari ruangan atau area yang terlalu terang saat vertigo kambuh, sebaiknya pilih tempat yang lebih gelap karena saat penyakit tersebut kambuh maka organ maka akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga bisa menyebabkan penderita semakin bertambah pusing, mual dan muntah, bahkan pingsan.

5. Minum air jahe

Jahe bermanfaat untuk mengobati vertigo karena tubuh bisa bereaksi cepat dengan air jahe ini. Saat vertigo kambuh, anda cukup minum air jahe maka rasa sakit akan langsung berkurang hanya dalam beberapa menit tapi harus waspadai efek samping jahe, jangan berlebihan mengkonsumsinya.

6. Minum susu almond

Kacang almond salah satu jenis kacang yang memiliki gizi tinggi yang bermanfaat untuk pertolongan pertama saat vertigo kambuh. Caranya, panggang atau goreng tanpa minyak almond kemudian haluskan dan campur dengan 1 gelas susu hangat lalu minum hingga habis sehingga akan membuat anda lebih berenergi sekaligus meredakan vertigo yang kambuh dengan cepat.

7. Jangan membungkuk atau memanjangkan leher

Ketika vertigo kambuh jangan membungkukkan badan dan memanjangkan leher sebaiknya berbaring dengan kepala yang sedikit terangkat memakai 2 buah bantal atau lebih hingga vertigo hilang. Jika vertigo sudah hilang, maka bangun secara perlahan dan duduk terlebih dulu kemudian setelah beberapa saat baru anda berdiri seperti biasa.

8. Tundukan kepala atau tundukan

Ketika vertigo kambuh saat sedang berdiri atau berjalan terutama ditempat umum maka langsung berhenti dan segera tundukan kepala anda atau jongkok. Sandarkanlah kepala dibangku atau dinding terdekat dan relaksasikan diri anda dengan menarik nafas dalam-dalam.

9. Obat penenang atau penangkal muntah

Jika anda mengalami vertigo akut maka anda harus selalu sediakan obat penenang atau penangkal muntah kemudia minumlah obat tersebut saat vertigo kambuh dan istirahatkan sebentar hingga vertigo hilang dan jangan lupa untuk menyandarkan kepala anda.

10. Fokus pada objek yang jarak jauh

Fokuslah pandangan pada objek yang berjarak jauh saat anda berjalan kaki dan hindari untuk melihat kearah bawah kaki saat anda sedang berjalan. Selain itu, hindari berjalan dipermukaan yang tidak stabil atau terlalu gelap saat berjalan karena bisa menyebabkan vertigo semakin parah.

11. Duduk dengan kaki terangkat

Ketika vertigo kambuh duduklah secepat mungkin dikursi atau diatas meja rendah dengan posisi kaki yang terangkat. Setelah itu, coba gerakan kaki dengan mengarah ke kepala supaya aliran darah bisa lancar kearea otak, jika vertigo reda maka anda bisa berdiri secara perlahan jangan mendadak.

Itulah beberapa pertolongan pertama saat vertigo kambuh yang bisa anda terapkan untuk meredakan atau menghilangkan vertigo atau diterapkan saar anda bertemu dengan orang yang menderita vertigo sehingga beberapa bahaya vertigo seperti pingsan dan terjatuh bisa dihindari.

By Ana Rediana - Kesehatan Senin, 31 Juli 2017 15:15:54

Related Post :
Alami
Obat Herbal Hidrosalping Paling…

Obat herbal hirosalping atau…

Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala…

Diabetes secara umum terbagi…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang selada, kandungan…

Penyakit
Diagnosis Dan Terapi Pengobatan…

Pengobatan bell's palsy secara…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Sangat penting untuk mengetahui…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Meskipun vitamin C memilki banyak…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Alergi dan Cara Mendiagnosanya

Inilah beberapa penyebab alergi dan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top