Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Non Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya umbinya, manfaat daun talas juga nyatanya memiliki kebaikan yang luar bisa untuk tubuh kita. Adapun bagi anda yang kini tengah penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak uraian singkat berikut ini


Tanaman talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta schott adalah salah satu jenis tanaman penghasil umbi yang baik. Tanaman yang di sebut lompong di Jawa ini di klaim berasal dari Asia tenggara atau Asia tengah bagian selatan. Tanaman ini sendiri mampu tumbuh setinggi 50 cm hingga 2 meter. Adapun ciri khasa darei tanaman ini adalah daunnya yang lebar, batangnya yang lembut sehingga rapuh dan mudah patah.

Di sebagaian besar masyarakat, umbi dan batang talas sering kali di manfaatkan sebagai bahan pangan untuk sehari-hari. Sedangkan daun talas, di kenal dapat memberikan efek gatal di seluruh bagian tubuh. Sehingga bagain dari tanaman talas yang satu ini jarang di manfaatkan sebagai bahan pangan oleh banyarakat, namun sering di jadikan pakan untuk beberapa jenis hewan seperti itik, ikan nila, lele, sapi, kambing dan lainnya.

Meski begitu, tak banyak yang mengetahui bahwasannya daun talas memiliki manfaat tersendiri yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut di karenakan kandungan yang terdapat di dalam daun talas sama kuatnya seperti kandungan umbi talas itu sendiri. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kini kita bisa memanfaatkannya bagi kesehatan kita sendiri.

Kandungan dan manfaat daun talas bagi kesehatan serta pengobatan non medis

Tak banyak yang mengetahui bahwasannya duan talas memiliki banyak kandungan senyawa alami yang sangat berharga bagi kesehata. Dan salah satu diantaranya adalah zat yang bernama polifenol. Adapun manfaat polifenol untuk tubuh sangatlah banyak, mulai dari sebagai oposisi radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, lmelancarkan peredaran darah, mencegah tulang keropos, menifkatkan kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan hingga bersifat sebagai antikanker.


Adapun selain pofenol, kandungan daun talas lainnya adalah karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan zat besi. Dan dari berbagai kandungan tersebut, menghasilkan berbagai khasiat daun talas yang pada umumnya masih jarang di ketahui oleh sebagian masyarakat, mungkin salah satu diantyaranya adalah anda. Dan Adapaun manfaat dari daun talas selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Berbagai kandungan nutrisi vitamin dan zat anti-oksidan polifenol dalam daun talas dia naggap mampu memperkuat sistem kekelaban tubuh atau imunitas sehingga tubuh anda  akan terhindar dari dampak berbagai sumber penyakit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kasndungan yang terdapat pada tangkai daun talas ternyata dapat bermanfaat sebagai peluruh kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga, semakin sedikit kadar kolesterol di dalam tubuh, maka semakin baik pula kualitas kesehatan anda.

3. Mengobati diare

Untuk memanfaatkan daun talas sebagai obat diare alami, anda bisa mengkombinasikan daun dan batang talas. Adapun bahan yang perlu di siapkan adalah batang talas sebanyak 30 gr dan 30 gr patikan kebo. Setelah di cuci bersih, kemudian rebus  dengan menggunakan 3 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas. Setelah itu,  saring rebusan dan minum air nya ketika hangat.

4. Anti-septik alami

Tangkai daun tlasa juga bisa di manfaatkan untuk menutup luka. Hal tersebut karena tangkai daun talas sendiri memiliki sifat antiseptik sehingga kuman yang terdapat pada luka bisa mati dan menyebabkan luka menjadi lekas sembuh.

5. Sebagai  cadangan energi bagi tubuh

Di dalam daun talas tersimpan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Nah, hal tersebut sangat berguna untuk menyuplai asupan kalori yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

6. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat di dalam daun talas ini juga mampu menjadikan tekanan darah menjadi lebih stabil.

7. Mengurangi kelelahan

Indeks glimetik yang terdapat di dalam tumbuhan talas terutama bagian daunnya dan memberikan manfaat mengurangi efek kelelahan setelah menjalani aktifitas sehari-hari.

Selain daeri pada itu, masih banyak lagi manfaat daun talas dan batangnya yang tak kalah baiknya bagi kesehatan seperti diantaranya dapat mengobati biduran, disentri, radang ginjal, mengobati nyeri otot dan sendi, pencegahan osteoporosis, melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan mata dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun adapun untuk pemastiannya, ada baiknya anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan lainnya.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 01 Agustus 2017 10:38:52

Related Post :
Penyakit
Faktor Yang Meningkatkan Risiko…

Faktor yang meningkatkan risiko…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal…

Berikut adalah berbagai cara…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada…

Tahukah anda apa saja…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi…

Kutil bisa hilang dengan…

Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Yang Baik…

Informasi penting untuk para…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal berbagai khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kamboja Untuk Mengatasi Bisul

Khasiat dan manfaat daun kamboja…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top