Tips Ampuh Mengobati Muntaber Pada Anak Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Ampuh Mengobati Muntaber Pada Anak Secara Alami

Muntaber (muntah diare) atau biasa disebut penyakit flu perut yaitu gangguan kesehatan akibat bakteri eschericial atau infeksi virus didalam usus. Kadang juga mikroorganisme dapat menyerang saluran nafas terutama tenggorokan dan saluran kemih. Penderita muntaber akan merasa tidak berdaya dan lemas karena cairan tubuhnya terkuras. Pada umumnya muntaber sering dialami oleh bayi atau anak-anak yang memiliki gejala muntah biasanya akan berhenti dalam waktu 3 hari sedangkan gejala diare akan berlangsung lebih lama yakni 5 sampai 7 hari dan akan berhenti dalam waktu 2 minggu. Maka dari itu, jika anak anda mengalami muntaber harus segera diobati karena jika terlambat ditangani akan berakibat fatal.


Penyakit muntaber memiliki gejala seperti perut mual disertai muntah-muntah, perih serta kram, sering berhalusinasi, kepala pusing, nafsu makan berkurang, wajah terlihat pucat, tubuh tidak berdaya dan naiknya suhu tubuh yang tak kunjung reda, penglihatan tidak jelas dan sering buang air besar. Penyebab penyakit muntaber yaitu bakteri atau virus dari makanan yang tidak bersih, infeksi pada tenggorokan dan saluran kemih. Selain itu, penyebab umum seperti lingkungan yang kotor atau keracunan makanan.

Maka anda harus waspada jika si kecil menderita muntaber. Penyakit muntaber seringkali menyerang anak-anak dan balita harus segera mencari solusi yang alami dan tepat untuk mencegah hal yang tak diinginkan atau sebaiknya segera bawa berobat ke dokter.

Berikut ini tips ampuh mengobati muntaber pada anak secara alami :

  • Bawang putih

Selain untuk bumbu penyedap, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati muntaber dengan proses cepat biasanya akan sembuh setelah 4 jam dari waktu pengobatan.

Caranya : tumbuklah beberapa rimpang bawang putih sampai halus tambahkan garam secukupnya lalu seduh bersama air panas setelah dingin bisa langsung diminum.

  • Daun sembung

Daun sembung dapat digunakan untuk mengobati muntaber dengan cara 5 lembar pucuk daun sembung direbus dengan 2 gelas air dan biarkan air mendidih dan berkurang segelas. Anda dapat meminum ramuan alami ini sehari 2 kali.

  • Larutan oralit

Tindakan awal yang harus anda lakukan dengan cara membuat cairan oralit untuk mencegah dehidrasi. Caranya : masukan 1 gr garam dan 4 gr gula pasir kedalam 200 cc air matang lalu minum 2 sampai 3 gelas cairan oralit setiap penderita habis muntah dan berikanlah cairan ini pada penderita hingga mendapat penanganan medis.

  • Daun jambu biji

Sediakan masing-masing 7 lembar daun jambu biji dan teh hijau serta 1 buah pisang biji kemudian tumbuk semua bahan hingga halus masukan air secukupnya lalu minumlah ramuan tersebut sehari 3 kali.

  • Minum air kelapa

pada tahap awal mengobati muntaber anda bisa meminum air kelapa lansung dari buahnya tanpa gula dan es batu karena air kelapa berguna untuk melawan racun yang mungkin terbawa bersama makanan kotor. Perlu anda ingatkan, langsung diminum air kelapa yang masih segar jangan sampai menggunakan gelas.

Itulah beberapa tips ampuh mengobati muntaber pada anak secara alami. Semua cara diatasi sebagai tindakan awal sebelum mendapat penanganan dari tim medis atau dokter. Pengobatan secara alami hanya bersifat sementara. Jika penyakit muntaber masih belum ada perubahan, maka segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

By Ana Rediana - Tips Selasa, 01 Agustus 2017 10:50:27

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Cegukan Dan Cara…

Cegukan atau yang dikenal…

Kesehatan
Mengenal Kebutuhan Kalori Sebagai…

Mengenal kebutuhan kalori sebagai…

Daun
Manfaat Daun Kaca Piring…

Manfaat daun kaca piring…

Kesehatan
Dampak Negatif Kurang Tidur…

Tidak hanya dapat membuat…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Petai…

Kandungan dan manfaat petai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips
Kirim Pertanyaan
Top