Risiko Mengonsumsi Pemanis Buatan Selama Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti menyukai makanan manis, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, tidak terkecuali ibu hamil. Namun, sayangnya tidak semua makanan manis dibuat dengan menggunakan gula atau pemanis alami. Ada banyak makanan manis yang menggunakan pemanis buatan. Sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih makanan manis yang akan dikonsumsi, terutama bagi ibu hamil. 

Pemanis buatan umum digunakan sebagai bahan tambahan pada ptoduk-produk minuman ringan, permen, kue, dan makanan penutup lainnya. Bagi ibu hamil yang sebelumnya menyukai makanan tersebut, disarankan untuk membatasinya.


Saat ini, mungkin akan sulit untuk menemukan makanan manis yang tidak menggunakan pemanis buatan, kecuali jika Anda membuatnya di rumah. Mengonsumsi pemanis buatan dalam jangka waktu yang lama, terlebih lagi dalam jumlah yang banyak tentu akan berdampak buruk pada kesehatan, tidak hanya bagi ibu hamil dan janin tetapi juga bagi semua orang yang mengonsumsinya. 

Berikut ini risiko mengonsumsi pemanis buatan selama hamil yang harus ibu ketahui, diantaranya :

Risiko obesitas pada anak

Sebuah penelitian yangmelibatkan lebih dari 3.000 wanita hamil menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi  minuman dengan kandungan pemanis buatan cenderung memiliki bayi dengan berat badan yang diatas normal. 

Sebagian dari kita mungkin menganggap bayi yang gemuk terlihat lucu dan menggemaskan, namun padahal sebenarnya hal ini tidak sehat bagi bayi. Kegemukan pada bayi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka diperkembangan selanjutnya. Hal ini disebabkan karena bayi yang kelebihan berat badan cenderung tumbuh menjadi anak yang lebih gemuk dan nantinya menjadi orang dewasa yang lebih gemuk pula. 

Bayi dengan ibu yang rutin mengonsumsu satu atau lebih minuman berpemanis buatan selama kehamilan menjadi dua kali lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan pada usia 1 tahun.

Risiko kecacatan pada janin

Sama halnya dengan MSG dan cuka, dalam beberapa penelitain yang dilakukan parah dahli juga menyebutkan bahwa mengonsumsi pemanis buatan selama masa kehamilan berisiko menyebabkan bayi lahir dalam kondisi cacat.

Kelahiran prematur

Pemanis buatan berisiko memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil sehingga dalam alur yang cukup serius dapat memicu berbagai kegawatdaruratan selama kehamilan dan berisiko tinggi meningkatkan peluang ibu melahirkan bayi prematur.

Memperparah morning sickness

Pada awal masa kehamilan hingga sekitar trimester pertama, ibu hamil memang normal mengalami morning sickness akibat adanya perubahan hormon kehamilan terutama peningkatan hormon HCG. Mengonsumsi pemanis buatan selama kehamilan dapat memperparah kondisi morning sickness. 

Menurut penelitian, kandungan pemanis buatan Aspartam dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan gangguan pada lambung sehingga bisa menyebabkan terjadinya perut kembung hingga keracunan lambung. Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi makanan atua minuman yang mengandung bahan pemanis buatan apapun.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Rabu, 02 Agustus 2017 11:32:52

Related Post :
Alami
Obat Impetigo Alami Yang…

Obat impetigo alami ini…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala…

Penyebab dan tanda gejala…

Kesehatan
Nyeri Di Pinggul? Inilah…

Selain nyeri punggung dan…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Kesehatan
Jenis-jenis Terapi Penyembuhan Stroke…

Terapi stroke ringan adalah…

Penyakit
Cara Mengidentifikasi Penyakit Migrain

Penyakit migrain seringkali tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita darah…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur Dan Penanganannya

Penyebab dan gejala hamil anggur…

Ibu Hamil
Dampak Dan Bahaya Mendengkur Bagi Ibu Hamil

Dampak dan bahaya mendengkur bagi…

Kirim Pertanyaan
Top