Cara Cepat Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara cepat menambah berat badan bayi dalam kandungan berikut di percaya sangat efektif dalam meningkatkan berat badan janin secara alami, terlebih jika telah memasuki usia 9 bulan. Sehingga di harapkan pada saat masa persalinan berlangsung sang bayi bisa telahir sehat dan normal begitupun sang ibu yang melahirkanpun dalam keadaan sehat.


Kehamilan adalah salah satu momen membahagiakan bagi seorang wanita yang telah menikah. Terlebih kebahagian tersebut bertambah tiada tara pada saat sosok mahluk kecil itu sudah mulai bergerak-gerak di dalam rahim anda. Namun, apakah anda sudah menimbang berat badan janin anda tersebut?

Selain mempersiapkan proses persalinan dengan baik, anda juga di tuntut untuk memperhatikan berat badan bayi dalam kandungan. Hal tersebut di karenakan bobot janin yang tidak normal, dapat memicu berbagai masalah pada saat kelahiran berlangsung, seperti bayi beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengancam nyawanya.

Apa penyebab berat badan bayi dalam kandungan rendah?

Berat badan janin di anggap rendah apabila berada di persil 3 atau lewat dari 5% batas bawah BB normal. Namun lebih mengetahui hasil yang akurat di perlukan pemeriksaan USG secara berkala. Jika memang possitif berat janin anda sangat rendah, anda  perlu mencari tahu penyebab dan berapa derajat terhambatnya pertumbuhan janin akibat BB rendah tersebut. Dan berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan berat badan bayi rendah.

  • Gizi yang kurang saat hamil.
  • Umur ibu hamil yang terlalu muda dan wanita hamil yang berusia lebih dari 40 tahun.
  • Keadaan rahim yang sudah lemah.
  • Gaya hidup yang buruk saat hamil.

Berapakah berat badan bayi normal dalam kandungan?

Pada dasarnya tumbuh kembang bayi di lihat dari usia dan perkembangannya. Sehingga bayi dalam kandungan  memiliki bobot tubuh yang bervariasi. Hal tersebuiut tergantung kecukupan nutrisi, faktor genetika orangtuanya hingga pola hidup andapun sangat berdampak terhdap pada perkembangannya. Seperti halnya kebiasaan makan, waktu tidur dan juga lingkungan.

Akan tetapi, apabila anda ingin mengetahui berat badan bayi normal dalam kandungan tabel berikut ini bisa menjadi acuannya.

Perkembangan berat janin
Kehamilan minggu ke-Berat janin rata-rata (gr)
81
92
104
117
1214
1323
1443
1570
16100
17140
18190
19240
20300
21360
22430
23501
24
600
25660
26760
27875
281005
291153
301319
311502
321702
331918
342146
352383
362622
372859
383083
393288
403462
413597
423685

Lalu, bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan secara alami?

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya bobot bayi yang rendah memiliki resiko lebih tinggi terkana berbagai jenis penyakit. Dan berikut adalah beberapa tips sehat dan mudah yang bisa anda aplikasikan sebagai cara menambah berat badan pada bayi dalam kandungan yang sehat dan aman, yang diantaranya adalah:

1. Mencukupi kebutuhan protein saat kehamilan

Protein adalah nutisi harian yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan sang janin di dalam rahim. Bahkan sebagaian pakar kesehatan pun menuturkan bahwasannya protein ini juga mampu membantu menambah berat badan janin dalam rahim. Maka dari itu, anda patut memenuhi kebutuhan protein yang memadai selama kehamilan berlangsung. Anda sendiri bisa mendapatkan suupan protein dengan mengonsumsi daging ayam maupun daging sapi secara berkesinambungan.

2. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya buah-buahan dan sayuran mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu petumbuhan sel, jaringan hingga organ hati. Sehingga sangatlah penting untuk memasukan makanan sehat ini ke dalam menu diet sang ibu guna membantu menaikkan bobot sang janin dalam kandungan.

3. Mengonsumsi ikan laut

Beberapa jenis ikan laut seperti halnya ikan salmo, tuna tenggiri dan lainnya di ketahui mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandunga aktif tersebut di ketahui sangat baik untuk mendukung meningktakanya berat badan janin. Selain dari pada itu, omega 3 juga baik untuk perkembangan otak bayi sehingga kelak buah hati anda akan tumbuh sehat dan cerdas.

4. Perbanyak mengonsumsi makanan yang pada energi

Untuk menambah berat badan janin juga di sarankan agar para ibu hamil mengonsumsi makanan yang padat energi untuk mendapatkan kalori tambahan. Adapun berbagai jenis makanan tersebut bisa anda dapatkan dari margarin, selai buah, keju dan lainnya.

5. Selalu menyediakan cemilan sehat

Jika sebelumnya anda sering mengonsumsi berbagai cemilan kurang sehat, nah untuk menambah bobot janin anda di dalam kandungan ada baiknya anda segera menggatinya dengan cemilan sehat yang tidak mengandung lemak atau kolesterol secara berlebihan. Sehingga cemilan tersebut tentu akan membantu anda dalam mendapatkan lebih banyak kalori, yang mana hal tersebut berdampak pada berat janin anda di dalam kandungan yang menjadi semakin ideal.

6. Istirahat yang cukup

Pada saat kehamilan usahakan para bunda jangan terlalu capek. Hasl tersebut di karenakan tubuh yang kelelahan dapat membongkar berbagai pasokan kalori di dalam tubuh. Dan ternyata kalori tersebut justru tidak dapat di salurkan dengan baik pada buah hati anda. Untuk itu, dalam sehari lakukan tidur siang paling tidak selama 2 jam.

7. Mengkonsumsi vitamin pra kehamilan

Untuk yang satu ini, anda bisa berkonsutasi dengan dokter spesialis kandungan anda untuk mengetahui asupan vitmin tambahan yang cocok untuk anda. Selain untuk mendukung kesehatan kehamilan anda, vitamin ini sendiri berguna untuk meningkatkan bobot janin untuk mencapai ideal.

8. Perbanyak mengonsumsi air putih

Perlu di ingat, bahwasannya mencukupi kebutuhan cairan pun patut di perhatikan oleh ibu hamil terutama untuk menjaga kesehatan hingga meningkatkan bobot janin yang tengah di kandungnya.

9. Berolahraga ringan secara teratur

Berolahraga saat hamil adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan anda dan juga sang buah hati. Bahkan olahraga juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan berat badan sang janin di kandungan. Hal tersebut di karenakan janin bisa ikut aktif bergerak dan mengoptimalkan daya penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal.

10. Mengonsumsi susu khusus ibu hamil

Untuk cara menaikkan berat badan bayi dalam kandungan lainnya yang sangat di anjurkan adalah mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Di dalamnya sendiri terdapat berbagai asupan nutrisi yang bisa membantu melengkapi asupan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, konsumsilah susu ini secara teratur 3x sehari yaitu, pagi, siang dan juga malam.

Selain berbagai cara cepat menambah berat badan bayi dalam kandungan tersebut, masioh terdapat berbagai macam hal yang patut untuk anda perhatikan agar terealisasinya bearat badan untuk si janin bisa segera tercapai. Seperti diantaranya, menghindari mengonsumsi minuman yang beralkohol dan bersoda, tidak mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas, jauhi stres, terapkan pola hidup sehat serta rutin cek up atau memeriksakan kondisi anda dan sang janin ke dokter.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 02 Agustus 2017 14:29:58

Related Post :
Kesehatan
Lebih Aman Rokok Elektrik…

Rokok elektrik terdiri dari…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Penyakit
Inilah Beberapa Penyakit Penyebab…

Inilah beberapa penyakit penyebab…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Tips
Cara Penggunaan Bawang Sebagai…

Cara mengolah dan penggunaan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Mengatur gaya hidup sehat dan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Parkinson

Pantangan makanan bagi penderita parkinson…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi…

Kirim Pertanyaan
Top