Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Asma tidak hanya dialami pada orang dewasa saja, tapi juga dapat dialami oleh anak. Seringkali membuat sebagian orangtua khawatir ketika asma yang diderita anaknya kambuh lagi. Oleh karena itu setiap orangtua, terlebih lagi orangtua yang mempunyai anak penderita asma sebaiknya mengetahui bagaimana cara penanganan asma pada anak. Bila anda mengetahui cara penanganannya, maka anda bisa mencoba melakukan cara-cara tersebut saat asma buah hati anda kambuh.


Asma adalah suatu kondisi dimana saluran pernapasan mengalami peradangan secara berulang. Berbagai faktor risiko yang bisa menyebabkan timbulnya asma pada anak yaitu lahir prematur, berat badan anak saat lahir dibawah normal, mempunyai riwayat keluarga yang menderita asma, rhinitis dan gatal-gatal, memiliki riwayat keluarga yang mengderita alergi, paparan polusi udara dan asap rokok ketika masih dalam kandungan dan sesudah dilahirkan.

Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Ciptakan situasi tetap tenang

Ciptakan situasi tetap tenang, karena bila anda panik saat anak anda mengalami serangan asma mendadak maka akan membuat si kecil panik juga. Oleh karena beritahu anak anda bahwa semuanya akan baik-baik saja, supaya si kecil tidak ikut panik. Selain itu, bimbing anak anda untuk bernafas secara perlahan dan ambil nafas dalam-dalam lewat hidung kemudian hembuskan lewat mulut secara perlahan. Kalau bisa anda mempraktikannya supaya si kecil mengikuti gerakan tersebut.

Hindari anak dari hal-hal yang memicu alergi

Asma yang menyerang anak dan dewasa dapat disebabkan oleh serangan alergi di dalam tubuh. Alergi yang dapat memicu asma yaitu udara dingin, debu, bulu kucing.

Konsumsi minuman hangat

Cara penanganan asma pada anak yaitu dengan mengonsumsi minuman hangat yaitu jahe. Minuman hangat ini mampu melegakan napas bagi penderita asma. Sediakan jahe, iris-iris, kemudian masukan pada gelas yang berisi air hangat. Tambahkan sedikit gula dan aduk hingga larut. Kemudian minum minuman hangat dari jahe.

Vaksinasi

Bila anak anda mempunyai alergi dingin, debu maupun alergi lainnya yang menyebabkan mudah terkena flu. Maka lakukan vaksinasi flu pada buah hati anda. Bila resiko flu dapat diturunkan, maka resiko asma pun bisa diturunkan.

Konsumsi buah dan sayur yang baik dikonsumsi oleh penderita asma

Selain mengonsumsi obat asma,  maka anak anda yang mengidap asma juga harus mengonsumsi buah dan sayur. Apel adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asma. Hal ini dikarenakan buah apel kandungan flavonoid yang dapat mendukung pernafasan tubuh. Mengonsumsi buah apel juga dapat membantu menurunkan resiko asma kambuh.

Itulah beberapa cara penanganan asma pada anak. Semoga dapat membantu. Bila anda sudah melakukan beberapa cara tersebut, tapi kondisi anak anda belum membaik juga. Maka segera periksa anak anda pada dokter.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Rabu, 02 Agustus 2017 14:42:17

Related Post :
Alami
Obat Kista Rahang Alami…

Obat kista rahang alami…

Penyakit
4 Jenis Kanker Darah…

Ada 4 jenis kanker…

Kesehatan
Fakta dan Bahaya Kerokan…

Meskipun sering dijadikan sebagai…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Tidak semua jenis makanan…

Penyakit
Gejala Kanker Lambung Dan…

Salah satu kanker yang…

Kesehatan
Waspadai Jika Sering Berkeringat…

Waspadai jika sering berkeringat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang memiliki berat badan…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Faktor Penyebab Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Meskipun belum diketahui secara pasti,…

Ibu Dan Anak
Berbagai Penyebab Sembelit Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ini berbagai penyebab sembelit pada…

Kirim Pertanyaan
Top