Gaya Hidup Sehat yang Harus Dilakukan Penderita Hepatitis

Share dan Tag Temanmu di :

Tentu Anda pernah mendengar tentang penyakit hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Di sini, hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati, yang sebagian tempat penyaring racun-racun dalam darah menjadi terganggu. Jika fungsi hati terganggu, maka dapat menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian.

Penyakit hepatitis bisa disebabkan oleh infeksi, virus, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan, dan faktor lainnya. Sesuai dengan penyebabnya, terdapat beberapa jenis penyakit hepatitis cirus, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E.

Tidak semua penderita hepatitis akan mengalami gejala. Secara umum, beberapa gejala hepatitis yang bisa timbul diantaranya, seperti demam, mual sampai muntah, ketidaknyamanan perut, urin berwarna gelap atau kuning kecoklatan seperti teh pekat, letargi (kelelahan), nyeri sendi, pembengkakan (edema), mudah memar, serta kulit dan mata kuning atau sakit kuning. 


Pengobatan penyakit hepatitis disesuaikan dengan jenis hepatitis yang dialami. Secara umum, penderita hipertensi harus menjalankan gaya hidup sehat untuk membantumeringankan gejala yang timbul. Berikut ini gaya hidup sehat yang harus dilakukan penderita hepatitis, diantaranya yaitu :

  • Ubah pola makan 

Perubahan paling penting dalam pola makan adalah mengurangi asupang garam (yodium). Anda harus memilih makanan rendah sodium dan mengurangi jumlah dalam masakan Anda. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa membuat tubuh mempertahankan cairan, sehingga memperparah pembengkakan di perut dan kaki.

Pastikan untuk menambahkan sayur dan buah-buahan dalam jumlah yang banyak dalam menu harian Anda. jenis makanan ini paling banyak memberikan asupan vitamin dan mineral untuk mennigkatkan pertahanan tubuh.

Selain itu, Anda juga memerlukan lebih banyak protein. Pasalnya, penyakit hepatitis mengakibatkan malnutrisi dan hilangnya massa otot. Anda bisa memilih protein tanpa lemak, seperti kacang polong, unggas atau ikan. namun, perlu diingat, Anda harus menghindari makanan laut. 

  • Hindari alkohol

Sudah banyak diketahui bahwa alkohol merupakan salah satu hal yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun alkohol tidak termasuk penyebab hepatitis, namun Anda harus menghindari minuman ini. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi alkohol bisa memperburuk kondisi kerusakan hati yang Anda alami.

  • Berhenti merokok dan mulailah berolahraga

Mengubah kebiasaan buruk untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan bisa membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi gejala hepatitis. Salah satunya yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok dan mulailah berolahraga secara rutin yang bisa Anda kombinasikan dengan mengonsumsi vitamin yang telah diresepkan oleh dokter. 

Selain itu, jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan baik untuk mengurangi masalah gigi yang bisa berdampak menimbulkan infeksi. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi, termasuk vaksin flu, vaksin hepatitis A dan hepatitis B dan pneumokokus. Serta konsultasikan dengan dokter mengenai seberapa sering Anda harus melakukan vaksinasi. 

  • Hindari berhubungan seks tanpa pengaman

Pastikan untuk selalu menggunakan kondom setiap kali Anda melakukan aktivitas seksual. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penularan hepatitis ke orang lain. Hepatitis B dan hepatitis C bisa menular melalui hubungan seksual, sehingga risiko ini bisa meningkat jika Anda melakukan aktivitas seksual tanpa menggunakan pengaman.  

Selain dengan mengonsumsi obat hepatitis yang telah diresepkan dokter, menjalankan gaya hidup sehat juga nyatanya dapat membantu mencegah serta mengatasi gejala penyakit hepatitis. Dengan begitu, maka tidak ada salah untuk memulai melakukan gaya hidup sehat untuk mencegah hepatitis serta  meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 02 Agustus 2017 15:19:54

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Alpukat Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga…

Pusing saat berolahraga bisa…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Lidah Putih…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Obat tetes Air Mata…

Mengenal berbagai jenis air…

Kesehatan
Ketahui Makanan dan Minuman…

Ketahui makanan dan minuman…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga Ternyata Idap Pengakit Kronis Ini

Lady Gaga diketahui telah didiagnosis…

Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Penyebab Dan Cara Menangani Asma Pada Bayi

Penyebab, gejala dan cara menangani…

Kirim Pertanyaan
Top