Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Melati Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun melati ternyata memiliki kebaikan tersendiri bagi kesehatan. Namun sayangnya hal ini masih banyak kurang di ketahui oleh sebagain masyarakat. Maka dari itu, jadilah anda sebagai orang pertama yang membagikan informasi kesehatan herbal ini ya!


Tumbuhan melati memiliki nama ilmiah Jasminum sambac yang mana merupakan tanaman bunga hias tropis berupa perdu berbatang tegak dan hidup menahun, yang mana ktinggiannya bisa mencapai 5 meter. Tumbuhan yang memiliki bunga cantik nan harum berwarna putih ini nyatanya bisa dengan mudah kita temukan katena tanaman ini sendiri bisa hidup di berbagai tempat dan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Bahkan sedikitnya terdapat 200 spesies bunga melati yang dapat kita temui di berbagai belahan penjuru dunia. Mulai dari melati china, melati jepang, hingga melati hutan.

Manfaat bunga melati mungkin telah anda ketahui pada artikel yang telah kami bahas sebelumnya. Untuk itu, sekarang giliran anda juga untuk mengatahui berbagai khasiat yang terdapat di dalam daunnya.

Khasiat dan manfaat daun melati untuk kesehatan

Daun melati sendiri berbentuk oval, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran serta ujungnya meruncing. Pinggir daunnya bergelombang, permukaan daun agak berkerut dengan tulang daun yang menyirip mengikuti bentuk daun yang oval. Daun muda berwarna hijau kekuningan sedangkan setelah  tua menjadi hijau mengkilap.

Adapun berbagai kegunaan daun melati untuk keasehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati demam berdarah

Untuk memanfaatkan daun melati sebagai obat demam berdarah, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 1 genggam daun melati , belimbing 1 1/4 gram dan air 2 gelas. Setelah keduanya di cuci bersih, kemudian rebus bahan-bahan tersebut  dengan air hingga airnya hanya setersisa setengahnya. Setelah dingin kemudian di saring untuk di ambil airnya. Minum 8 gelas sehari selama tiga hari berturut-turut.

2. Mengobati sakit merah dan kelebihan ASI

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda bisa menyiapkan 1 genggam daun melati, cuci bersih dan kemudian tumbuk hingga halus.  Untuk mengurangi kelebihan ASI, anda bisa menemplekan tumbuhkan daun melati tersebut pada payudara anda setiap pagi sebelum mandi. Adapun untuk mengobati sakit mata merah, anda bisa menmeplekan tumbukan daun melati tersebut  pada dahi. Jika sudah kering, ganti dengan tumbukan daun melati yang baru.

3. Mengobati demam dan sakit kepala

Untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu satu genggam daun dan 10 kuntum bunga melati. Dan dan bunga melati tersebut kemudian di remas-remas dengan tangan kemudian rendam menggunakan sedikit air. Gunakan air rendaman itu untuk mengompres dahi.

4. Mengobati sesak nafas

Pengobatan alternatif daun melati juga bisa di manfaatkan untuk mengatasi penyakit sesak napas. Cara pemanfaatannya adalah siapkan terlebih dahulu 20 lembar daun melati dan rebusa menggunakan 3 gelas air dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Segera angkat jiga rebusan telah mendidih dan tersisa hanya 2 gelas. Gunakan handuk, celupkan ke dalam air rebusan dan tempelkan handuk yang sudah basah tersebut di bagian dada anda.

5. Mengobati radang usus

Untuk mengatasi masalah radang usus, anda juga bisa memanfaatkan daun melati sebagai alternatifnya. Caranya, ambil satu genggam daun melati, cuci bersih dan kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa hanya satu gelas. Setelah dingin, saring dan minumlah airnya 2 kali sehari.

6. Meredakan pembengkakan

Apabila salah satu bagian tubuh anda ngaami pembengkakan, terutama akibat terserang lebah,mak anda bisa menjadikan daun melati sebagai solusinya. Caranya cukup dengan mengoleskan ekstrak daun melati pada bagian kulit yag mengalami pembengkakan tersebut secara tertur hingga pembengkakan tersebut akhirnya bisamengempis.

Selain dari pada itu, masih banyak manfaat daun melati lainnya yang sangat baik untuk kesehatan anda diantaranya menyehatkan pencernaan, mengatasi pilek, mengobati diare, menyehatkan ginjal, menjaga kesehatan paru-paru, menyehatkan saraf dan sebagai sumber antioksidan alami. Bahkan selain untuk kesehatanm, khasiat dari daun melati ini juga sering kali di olah sebagai masker yang sangat baik untuk kecantikan, kulit hingga menghilangkan jerawat.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 03 Agustus 2017 10:04:25

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa…

Mungkin tidak banyak yang…

Tips
5 Cara Mudah Ini…

Saat lebaran, biasanya orang-orang…

Alami
Manfaat Tomat Untuk Mengatasi…

Manfaat Tomat Untuk Mengatasi…

Kesehatan
Buah-Buahan Yang Bagus Untuk…

Bagi orang yang sedang…

Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Salah satu masalah yang…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang…

Membungkus makanan dengan koran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan manfaat Daun Dewandaru Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top