Jenis-jenis Kanker Serta Gejala Dan Pengobatannya

Share dan Tag Temanmu di :

Jenis-jenis kanker sangat banyak. Namun sebagian dari kita belum mengetahui informasi tentang jenis-jenis kanker, terlebih lagi gejala, penyebab dan pengobatan dari setiap jenis kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, karena kanker termasuk penyakit yang mematikan. Tidak sedikit orang yang meninggal akibat kanker yang deritanya.


Jenis-jenis Kanker Serta Gejala Dan Pengobatannya

Kanker darah

Kanker darah atau disebut juga sebagai leukimia adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya. Gejala kanker darah diantaranya pendarahan, terasa sakit di persendian, badan mudah lemah dan lelah, berkeringat  pada malam hari dan lain-lain.

Pengobatan pada penderita kanker darah disesuaikan dengan stadium yang diderita oleh kanker darah tersebut. Kemoterapi adalah solusi pengobatan kanker darah stadium lanjut.

Kanker prostat

Kanker prostat ialah jenis kanker yang tumbuh di dalam prostat. Penyakit ini juga termasuk penyakit yang dialami oleh pria. Gejala kanker prostat yaitu sering buang air kecil tapi kesulitan, urin bercampur dengan darah, bahkan terasa nyeri saat buang air kecil, ketika ejakulasi dini terasa nyeri, pinggang dan punggung sering terasa nyeri.

Ada beberapa metode pengobatan kanker prostat diantaranya Trans-urethral Resection (TURP), prostatektomi radikal, radioterapi dan terapi hormon.

Kanker payudara

Kanker payudara adalah salah jenis kanker yang dialami oleh wanita. Kanker payudara adalah jenis kanker yang tumbuh pada payudara. Jenis kanker ini bisa disembuhkan bila ditemukan dan diobati sedini mungkin. Hanya saja, sebagian wanita yang mengalami kanker payudara akan mengetahui menderita kanker ini saat stadium lanjut.

Gejala kanker payudara yaitu terdapat benjolan di payudara, warna kulit payudara berubah, terasa nyeri pada puting payudara dan mengeluarkan cairan di ujung puting. Untuk pengobatan jenis kanker ini yaitu kemoterapi, radioterapi, terapi hormon, ablasi, terapi biologis, dan operasi pengangkatan.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang tumbuh di paru-paru. Jenis kanker ini bisa dialami pria maupun wanita. Gejala dari jenis kanker ini yaitu batuk terus menerus sampai berubah jadi batuk kronis, suara menjadi serak, nafas mengek, batuk mengeluarkan dahak dan terdapat darah pada dahaknya. Untuk pengobatan pada penderita kanker paru-paru ialah kemoterapi, terapi radiasi dan operasi.

Kanker serviks

Selain kanker payudara, jenis kanker lainnya yang dialami oleh wanita yaitu kanker serviks. Jenis kanker ini disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus).  

Gejala kanker serviks diantaranya mengalami pendarahan tidak normal di luar siklus menstruasi, konstipasi, keputihan tidak normal, terasa nyeri pada panggul, meningkatnya intensitas buang air kecil, tumbuh benjolan atau kutil di dekat vagina, dan bau serta gatal pada vagina.

Kanker rahim

Kanker rahim adalah jenis tumor ganas yang tumbuh di bagian lapisan rahim. Gejala dari jenis kanker ini yaitu pendarahan sesudah menopause, siklus menstruasi yang tidak normal, terasa nyeri di panggul, siklus menstruasi yang tidak normal, terasa nyeri ketika buang air kecil, terdapat benjolan dibawah perut dan bercak vagina berbau.

Untuk pengobatan pada penderita kanker rahim secara medis yaitu radiasi dan operasi. Sedangkan untuk pengobatan alternatif yaitu dengan menggunakan tanaman herbal sarang semut.

Kanker ovarium

Kanker ovarium adalah jenis kanker yang tunbuh di ovarium. Gejala jenis kanker ini yaitu terasa tertekan pada perut bahkan perut mengalami pembengkakan, sering buang air kecil, pendarahan, jadwal menstruasi tidak teratur, dan nyeri punggung. Untuk pengobatannya yaitu dengan operasi dan kemoterapi.

Pencegahan kanker ovarium tidak hanya pada wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker ovarium, tapi juga pencegahan bisa dilakukan pada wanta yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jenis kanker ini. Ada beberapa cara mencegah kanker ovarium diantaranya menerapkan pola makan sehat, menerapkan gaya hidup sehat, olahraga secara rutin, turunkan berat badan bila wanita memiliki badan yang gemuk, menjalani proses kehamilan dan menyusui dan menggunakan kontrasepsi pil.

Kanker usus besar

Kanker usus besar disebut juga dengan kanker kolon. Faktor risiko kanker usus besar yaitu genetik, faktor usia, pola makan yang tidak sehat (sering konsumsi makanan tinggi lemak , makanan yang mengandung minyak, bahan pengawet, sering konsumsi daging olahan dan daging merah yang banyak lemak), riwayat keluarga kanker payudara, dan BAB tidak teratur.

Gejala jenis kanker ini yaitu perut terasa penuh, sembelit, terdapat darah pada feses saat BAB, sembelit, diare dan mengalami perubahan kebiasaan buang air besar.

Kanker otak

Kanker otak dikenal sebagai tumor otak ganas. Tidak semua tumor otak bersifat ganas, karena tumor otak juga bisa bersifat jinak. Tapi tumor otak ganas yaitu proses pertumbuhan sel-sel otak sangat cepat sehingga penyebarannya juga cepat dapat sampai ke bagian otak lainnya dan juga menyebar ke tulang belakang.

Untuk pengobatan pada kanker otak bisa dengan cara medis yaitu dengan operasi, radioterapi, terapi photodynamic, radiosurgey dan kemoterapi.

Kanker kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening disebut juga dengan limfoma yaitu sel kanker yang tumbuh pada sistem limfatik. Pengobatan jenis kanker ini berbeda-beda setiap penderita jenis kanker ini. Berikut ini adalah cara pengobatan kanker kelenjar getah bening diantaranya terapi radiasi, kemoterapi, tranplantasi sel batang dan terapi biologi.

Gejala kanker kelenjar getah bening

  • Mengalami pembesaran di bagian kelenjar getah bening
  • Demam disertai dengan menggigil
  • Berkeringat pada malam hari
  • Terkadang disertai dengan gangguan pernafasan
  • Bengkak di leher, ketiak dan selangkangan.
  • Batuk-batuk

Itulah beberapa jenis kanker yang perlu diketahui. Setelah mengetahui jenis-jenis kanker beserta gejala dan pengobatannya. Sebaiknya lakukan pencegahan sedini mungkin supaya anda terhindar dari berbagai jenis kanker.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 03 Agustus 2017 15:04:38

Related Post :
Kesehatan
Tips Mudah dan Cepat…

Selain minum obat, ternyata…

Daun
Manfaat Luar Biasa Daun…

Informasi tentang kandungan daun…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Kesehatan
Jangan Minum Teh Hijau…

Teh hijau telah lama…

Kesehatan
Segera Tinggalkan! Ini Bahaya…

Segera tinggalkan! ini bahaya…

Kesehatan
Manakah Yang Lebih Cepat…

Manakah yang lebih cepat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Dan Cara Diagnosa Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Penyebab dan cara mendiagnosa hipotensi…

Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan Cara Mencegahnya

Penyebab penyakit alzheimer sampai saat…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang Tubuh Manusia

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang Menyerang…

Kirim Pertanyaan
Top