Berbagai Penyebab Mood Buruk Pada Wanita Saat Haid

Share dan Tag Temanmu di :

Sering merasa emosional atau mood labil menjelang saat haid? Kenali berbagai penyebab mood buruk pada wanita saat haid dan cara efektif untuk mengatasinya disini.


Haid atau menstruasi adalah salah satu kondisi normal yang terjadi perempuan. Namun pada saat masa haid tersebut mmenjaolang beberapa wanita sering kali merasa mood mereka sangat mburuk sehingga emosional mereka tak dapat di kontrol. Seperti suasana hati yang kacau, perasaan sensitif, marah-marah tak jelas. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Apakah anda juga merasakan hal yang sama saat haid menjelang?

Berbagai penyebab mood buruk saat haid pada wanita

Premenstual Syndrome (PMS) adalah faktor yang sering kali di anggap sebagai pemicu utama perubahan mood menjadi labil pada saat menstrusasi menjelang. PMS sendiri merupakan fegala yang terjadi akibat terjadinya perubahan hormon pada saat menjelang masa haid. Pada umumnya, periode ini terjadi 10 hari sebelum menjelang masa datang bulan, tepatnya pada saat kadar hormon esterogen dan progeasteron berubah secara drastis.

Sejak awal masa pubertas, ovarium wanita mulai melapaskan hormon esterogen. Dan dalam satu siklus mentruasi esterogen terus di lepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur (ovulasi).

PMS sendiri sering kali di identikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, bahkan kemarahan atau membenci diri sendirio. Bahkan wanita yang tengah mengalami PMS sendiri sering kali mempersepsikan segala seuatu hal ataupun komentar dari sudut negatif meski faktanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh akibat perubahan hormon, Gejala PMS lainnya  adalah diare, payuidara terasa nyeri dan juga kram.

Adapun kadar normal hormon esterogen pada wanita yang satu dan lainnya pasti berbeda. Bberapa peneliti mempercayai bahwasannya sebagaian dari wanita leboh sensitif terhadap perubahan kadar estrogen di masa menstruasi di bandingkan dengan wanita lainnya. Dan kelompok wanita inilah yang paling rentan mengalami naik turunnya mood saat haid. Adapun peran maupun fungsi estrogen sendiri adalah sebagai berikut.

- Mempengaruhi produksi dan efek endorfin, yaitu unsur di otak yang mana apat mendatangkan rasa nyaman danksenangan.
- Membantu melindungi saraf dari berbagai keruksakan serta menstimulasi pertumbuhan saraf.
- Membantu meningktakan kadar serotonin yang berperan dalam meregulasi nafsu makan, mood dan juga pola tidur.

Selain mempengaruhi mood, fluktuasi hormon juga nyatanya dapat mempengaruhi berat badan, nafsu makan, serta hasrat untuk melakukan aktivitas seksual. Berada dalam kondisi mengalami stres, cemas, depresi hingga tengah menjalankan diet adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi fluktuasi atau perubahan hormon estrogen khususnya.

Cara mengatasi dan menjaga agar mood tetap stabil saat haid

Terjadinya perubahan mood saat menjelang menstruasi bukan tidak dapat di cegah. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi atau menjaga mood agar cenderung tetap stabil selama masa menstriuasi berlangsung.

  • Tetap bergerak aktif dan berolahraga secara teratur, terlebih di masa menjelang mestruasi.
  • Perbanyak mengonsumsi air mineral selama menstruasi.
  • Isi perut dengan cemilan di sela jadwal makan utama.
  • Hindari makanan maupun minuman yang mengandung kafein.
  • Hindari rokok dan juga minuman keras.
  • Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk dapat mencegaj terjadinya PMS.
  • Pada sebagian wanita mengonsumsi pil KB dapat menstabilkan hormon serta mengurangi resiko PMS.
  • Di masa sebelum maupun saat menstruasi, sebisa mungkin anda perlu menghindari berbagai perdebatan yang tidak perlu, baik dalam masalah keuangan maupun hubungan personal.

Dengan menjaga tubuh tetap fit dan prima, maka berbagai kemungkinan yang menyebabkan naik turunnya mood terlebih saat menjelang menstruasi bisa di kurangi seminimal mungkin.

Nah, itulah berbagai penyebab mood buruk pada wanita saat haid lengkap dengan cara efektif untuk mengatasinya yang mudah untuk di lakukan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menjadi solusi terbaik untuk menjaga mood anda tetap baik meski masa menstruasi menjelang.

By Nida Saripah - Kewanitaan Jum'at, 04 Agustus 2017 10:48:39

Related Post :
Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik…

Berbagai penyebab demam pada…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga…

Cara merawat atau menjaga…

Alami
Obat Penurun Trigliserida Tinggi…

Pada saat ini tidak…

Manfaat
Manfaat Rutin Minum Air…

Mentimun kaya akan kandungan…

Tips
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak…

Ada beberapa cara menghilangkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Timbulnya Keputihan

Kelembaban pada area kewanitaan bisa…

Kewanitaan
Kewanitaan
Mengetahui Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Mengetahui kapan waktu atau masa…

Kirim Pertanyaan
Top