Bahaya Menelan Dahak Yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Dahak muncul biasanya ketika sedang batuk berdahak. Munculnya dahak pada sebagian orang mungkin dapat menjengkelkan, terlebih lagi bila dahak sulit untuk dikeluarkan. Sehingga sebagian dari mereka menelan dahak, padahal menelan dahak bisa berbahaya.


Muncul dahak juga bisa menjadi tanda adanya infeksi seperti sinusitis kronis, pneumonia, bronktis, asma, flu dan kanker paru-paru. Sehingga dahak harus dikeluarkan, pengeluaran dahak sangat penting untuk dilakukan untuk mengeluarkan zat dari berbagai penyakit tersebut. Jika kita menelan kembali dahak, maka zat berpenyakit tersebut akan masuk kembali.

Bahaya Menelan Dahak Yang Harus Diketahui

Memperparah infeksi

Bahaya menelan dahak yaitu dapat memperparah infeksi. bagi anda yang sedang mengalami batuk berdahak dan dahaknya berwarna abu-abu atau putih susu dan kental kemungkinan saluran pernapasan atas anda mengalami infeksi. Jika anda menelan dahak kembali maka dapat memperparah terjadinya infeksi. Oleh karena itu jika tidak sulit untuk mengeluarkan dahak, maka sebaiknya keluarkan dahak jangan masukkan kembali dahak.

Mengganggu paru-paru

Bila anda mengalami batuk berdahak dan mengeluarkan dahak berwarna kuning tua bisa jadi anda mengalami infeksi bakteri, infeksi pernapadan bawah dan infeksi sinus. Bila anda menelan kembali dahak yang akan dikeluarkan tersebut, maka bakteri pun akan kembali masuk. Bila bakteri kembali masuk ke dalam tubuh maka akan mengganggu paru-paru.

Melemahkan sistem imun


Menelan dahak kembali bisa melemahkan sistem imun, karena dahak yang telah masuk kembali berisi virus dan kuman penyakit. Oleh sebab itu, bila anda batuk berdak lakukanlah pengeluaran dahak. Jangan pernah menelan kembali dahaknya karena akan melemahkan sistem imun.

Memperparah kesehatan paru-paru


Setiap orang yang mengalami batuk berdahak berbeda-beda saat mengeluarkan dahaknya. Ada dahak yang berwarna kuning dan ada pula dahak yang berwarna cokelat. Bila anda menelan kembali dahak yang berwarna cokelat tersebut, maka dapat memperparah kesehatan paru-paru.

Memperparah gejala TBC

Batuk yang disertai dengan keluarnya dahak dan terdapat darah pada dahaknya maka anda kemungkinan anda mengalami gejala TBC. Oleh karena itu, Sangat penting untuk melakukan pengeluaran dahak, karena jika anda menelan kembali dahak yang bercampur darah tersebut maka akan memperparah gejala TBC.  Sehingga proses penyembuhannya pun lama.

Itulah beberapa bahaya menelan dahak bagi kesehatan. Setelah mengetahui bahayanya, alangkah baiknya bagi anda yang sering menelan dahak saat mengalami batuk berdahak. Maka jangan lagi lakukan hal ini, karena berbahaya bagi kesehatan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 04 Agustus 2017 13:54:28

Related Post :
Penyakit
Ciri-ciri Orang Yang Terkena…

Batu empedu bisa terjadi…

Kesehatan
Dampak Negatif Minuman Cepat…

Waspadai bahaya atau dampak…

Manfaat
Ini Manfaat Menakjubkan Kacang…

Informasi tentang kandungan gizi…

Manfaat
Manfaat Terapi Air Hangat…

Manfaat terapi air hangat…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Aryanto.id - Berikut adalah…

Kesehatan
Perawatan Jerawat Dimulai Dari…

Jerawat biasanya bisa didiagnosis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak Tubuh Paling Cepat Yang Ampuh

Daftar makanan pembakar lemak berikut…

Kesehatan
Ternyata Ini Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas

Dibalik rasanya yang nikmat dan…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Ketergantungan Obat dan Cara Mengatasinya

Selain obat-obatan terlarang (narkoba), penggunaan…

Kirim Pertanyaan
Top