Kandungan serta Manfaat Daging Entok Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Entok atau bebek muscovy merupakan salah satu unggas yang banyak ditemui di Indonesia. Entog hampir sama dengan bebek, namun unggas yang satu ini memiliki postur tubuh yang lebih besar. Walaupun begitu, entok dan bebek sama-sama memiliki daging yang bisa dikonsumsi. 

Daging entok termasuk daging unggas yang cukup umum dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena entok memiliki daging yang lembut dan penuh rasa. Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata daging entok juga memiliki keunggulan lain, yaitu daging entok diketahui memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh. 


Berikut ini beberapa kandungan serta manfaat daging entok bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, diantaranya :

Kalori

Dalam 3,7 ons daging entok terkandung sekitar 200 kalori. Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan kalori harian 10% lebih banyak jika dibandingkan dengan daging ayam. Maka dari itu, daging entok sangat disarankan dikonsumsi saat sarapan. 

Lemak

60% kalori yang ada dalam daging entok didapatkan dari lemak total yang terkandung didalamnya. Selain lemak total, dalma daging entok juga terkandung lemak jenuh dan kolesterol. Dalam 3,7 ons daging entok terkandung 13 gram lemak total, 4 gram lemak jenuh, dan 125 mg kolesterol. 

Kandungan tersebut dapat memenuhi 21% kebutuhan lemak total harian, 24% kebutuhan lemak jenuh harian, serta 42% kebutuhan kolesterol harian. Oleh sebab itu, penderita kolesterol tidak disarankan untuk mengonsumsi daging entok terlalu banyak. 

Zat besi

Zat besi termasuk salah satu jenis mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan zat besi digunakan untuk pembentukan sel darah merah serta mengoptimalkan kinerja hormon dan enzim. Faktanya, 8% kebutuhan tubuhakan zat besi dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 3,7 ons daging entok. 

Protein dan karbohidrat

Kandungan nutrisi lain yang dimiliki oleh daging entok adalah protein dan karbohidrat. Dalam 3,7 ons daging entok terkandung sekitar 18 gram protein. Jumlah ini cukup untuk memenuhi 38% keperlukan protein harian. Tentunya kandungan protein seperti ini membuat daging entok cukup berkhasiat karena protein bermanfaat untuk membangun sel, enzim, dan juga hormon. 


Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak heran daging entok juga memiliki khasiat serta manfaat yang luar biasa bagi tubuh, diantaranya seperti :

  • Meningkatkan stamina

Kandungan kalori tinggi yang ada dalam daging entok ternyata dapat berfungsi untuk meningkatkan stamina serta mencegah kelelahan. Beberapa orang juga percaya jika dgaing entok dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas. 

  • Diet

Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet penurunan berat badan, tidak ada salahnya untuk menambahkan daging entok dalam menu diet Anda. Hal ini disebabkan karena daging entok rendah lemak namun memiliki kandungan serat yang tinggi. 

  • Menambah berat badan

Selain baik untuk menurunkan berat badan, daging entok ini ternyata juga baik untuk menambah berat badan. Untuk menambah berat badan, konsumsi daging entok ini tanpa nasi. Karena untuk menu diet, daging unggas ini hanya difungsikan sebagai makanan pendamping sayur. 

  • Mengatasi kerusakan otot

Para atlet atau pekerja berat tentu seringkali mengalami kerusakan otot akibat aktivitas yang berat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kandungan protein yang terkandung dalam daging entok sama baiknya dengan yang terdapat pada dada ayam yang dapat membantu memperbaiki kerusakan otot yang Anda alami. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Sama halnya dengan khasiat daging lainnya, protein yang ada dalam daging entok juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Protein akan meningkatkan sekresi enzim sehingga membantu proses netralisir racun oleh hati.

  • Mencegah anemia

Meskipun dalam jumlah yang kecil, namun kandungan zat besi yang ada dalam daging entok memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya untuk mencegah anemia. Zat besi dapat digunakan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah sehingga tubuh terhindar dari anemia.

Itulah beberapa kandungan serta manfaat daging entok bagi tubuh yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Walaupun memiliki manfaat bagi tubuh, namun Anda harus memperhatikan tingkat konsumsinya. Karena kandungan kolesterol yang ada dalam daging entok cukup membahayakan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Maka dari itu, batasi konsumsi daging entok dalam porsi yang wajar untuk menghindari dampak negatifnya terhadap tubuh. 

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 04 Agustus 2017 15:16:18

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan…

Penyebab gejala dan pengobatan…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita…

Makanan pantangan bagi penderita…

Kesehatan
Jangan Cuci Daging Ayam…

Jangan cuci daging ayam…

Manfaat
Manfaat Kesehatan Terapi Leuhang…

Manfaat kesehatan terapi leuhang…

Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Senam…

Manfaat dan khasiat senam…

Penyakit
Gangguan Mata Katarak pada…

Katarak merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Daging Biawak

Mengenal manfaat dan efek samping…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Daging Penyu Bagi Kesehatan Tubuh

Penyu merupakan salah satu reptil…

Manfaat
Jenis-jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak sekali buah-buahan yang termasuk…

Kirim Pertanyaan
Top