Obat Diuretik Alami untuk Atasi Pembengkakan Karena Air

Share dan Tag Temanmu di :

Pembengkakan pada tubuh bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk penumpukan cairan. Pembengkakan pada bagian tubuh akibat penumpukan cairan disebut juga dengan edema, yaitu cairan tubuh yang berkumpul pada suatu bagian tubuh yang akhhirnya menyebabkan pembengkakan. 

Dalam dunia kedokteran, edema merupakan salah satu gejala yang sering dijumpai. Banyak penyakit yang menyebabkan edema, mulai dari penyakit ringan seperti alergi kulit dan gigitan serangga hingga penyakit berat seperti gagal jantung dan gagal ginjal


Untuk mengobati pembengkakan tersebut, biasanya dokter akan memberikan obat diuretik yang mampu mengatasi berat air yang menumpuk. Namun, selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman atau bahan alami sebagai obat diuretik alami. Berikut ini beberapa resep obat diuretik alami untuk atasi pembengkakan karena air yang bisa Anda gunakan, antara lain :

  • Paku ekor kuda

Mungkin sebagian orang asing dengan tanaman ini. Namun, telah banyak produk teh yang menggunakan tanaman herbal ini sebagai bahan dasarnya. Selain diracik sebagai teh, obat diuretik alami yang berbentuk seperti daun pakis ini juga sering dimanfaatkan ekstraknya untuk dijadikan obat herbal. Paku ekor kuda mengandung hydrochlorothiazide yang dianggap sebagai zat diuretik. 

  • Teh hitam

Teh hitam menjadi salah satu minuman yang cukup banyak disukai. Namun, apakah Anda tahu bahwa teh hitam ini bisa meningkatkan produksi urin ? Diketahui teh hitam memiliki kandungan kafein yang memang memiliki efek diuretik. Namun, menurut European Journal of Clinic Nutrition, kafein yang terkandung dalam teh ini berjumlah kecil, sehingga Anda harus mengonsumsi setidaknya 6-7 gelas teh untuk menimbulkan efek diuretik. 

  • Teh hijau

Teh hijau selama ini dikenal sebagai teh yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan disebut-sebut ampuh untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Namun, selain itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat lain. Menurut International  Scholarly Research Notice, mengonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak ataupun sedikit mampu memberikan efek diuretik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa minum secangkir teh hijau bisa membuat Anda kencing terus-menerus. 

  • Tanaman kembang sepatu

Tanaman kembang sepatu cukup banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias, ternyata tanaman kembang sepatu ini memiliki khasiat bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Ethnopharmacol, menyebutkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu fungsi kerja ginjal sehingga dapat meningkatkan produksi urin dan mencegah edema. Tanaman ini biasanya diolah sebagai campuran teh. 

  • Peterseli

Biasanya peterseli digunakan untuk mempercantik penampilan makanan. Namun, disamping itu, peterseli juga dianggap sebagai salah satu obat diuretik alami yang dapat membantu mengurangi timbunan berat air. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology yang melakukan penelitian pada pasien dengan gangguan ginjal, peterseli diketahui dapat meningkatkan jumlah urin dalam satu hari.

Semua tanaman alami tersebut memang bisa Anda manfaatkan sebagai obat diuretik alami. Namun, dalam penggunaannya, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan obat ini, pastikan bahwa tidak ada efek samping yang dapat mengganggu kesehatan Anda. 

Jika Anda bingung untuk memilih obat diuretik mana yang tepat, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tim medis yang menangani Anda. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Alami Sabtu, 05 Agustus 2017 08:52:23

Related Post :
Kesehatan
Kenali Gejala Klamidia Serta…

Mengenal berbagai gejala penyakit…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat yang…

Selain melakukan pengobatan, penderita…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur…

Penyebab dan gejala hamil…

Alami
Obat Telinga Bernanah Menahun…

Obat telinga bernanah menahun…

Manfaat
Manfaat Undur-Undur untuk Obati…

Mungkin sudah banyak yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Resep Garam dan Bawang Putih untuk Obati sakit Gigi

Selain dengan mengonsumsi obat sakit…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami di Dada yang Aman untuk Semua Usia

Rekomendasi obat sesak nafas alami…

Alami
Kirim Pertanyaan
Top