Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Hipertensi

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai tips hidup sehat bagi penderita hipertensi harus dilakukan oleh penderita hipertensi. Karena bila penderita penyakit ini merubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat maka bisa mengurangi resiko komplikasi akibat hipertensi.


Hipertensi tidak hanya dialami oleh orang yang telah berusia lanjut atau tua saja, tapi juga dapat dialami pada usia muda. Hipertensi dikenal juga dengan nama tekanan darah tinggi. Tidak semua penderita hipertensi menunjukkan gejala, karena kebanyakan penderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala. Tapi ada sebagian dari kita yang menderita hipertensi menunjukkan gejala sakit kepala , pusing dan dengung di telinga.

Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Hipertensi

Selain sedang menjalani pengobatan yaitu mengonsumsi obat penurun darah tinggi, penderita hipertensi juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini tips hidup sehat bagi penderita hipertensi:

Olahraga

Tips hidup sehat bagi penderita hipertensi yaitu melakukan olahraga. Olahraga tidak hanya dapat dilakukan oleh orang yang sehat saja, tapi juga bisa dilakukan oleh orang yang menderita hipertensi. Karena salah satu manfaat olahraga secara rutin yaitu membantu mengontrol tekanan darah. Olahraga yang boleh dilakukan oleh penderita hipertensi yaitu jongging, jalan kaki, bersepeda, berenang, senam dan tenis. Atau anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk memastikan olahraga apa yang boleh dilakukan oleh penderita hipertensi.

Turunkan berat badan bila anda memiliki berat badan berlebihan


Memang tidak semua penderita hipertensi memiliki berat badan berlebih, hanya saja hipertensi terkait dengan berat badan berlebih. Oleh karena itu bagi penderita hipertensi yang yang memiliki berat badan berlebih, maka turunkan berat badan.

Berhenti melakukan kebiasaan merokok

Bagi penderita hipertensi sebaiknya harus merubah gaya hidup sehat dengan kurangi kebiasaan merokok dan berhenti merokok. Sebab rokok memiliki kandungan racun yang bisa membuat kerusakan pada pembuluh darah dan juga pada tekanan darah.

Hindari stres

Selain berhenti melakukan kebiasaan merokok, penderita hipertensi juga harus kendalikan stres. Bila stres yang tidak terkendali tentu berbahaya juga.

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Sama seperti penderita penyakit lainnya, hipertensi juga harus menerapkan pola makan sehat. Bagi penderita hipertensi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi, buah-buahan yang mengandung kalium dan mengonsumsi produk olahan gandum.

Kurangi konsumsi garam

Penderita hipertensi disarankan untuk mengurangi konsumsi garam. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit ini yang biasanya suka menggunakan garam yang berlebih pada masakannya, maka mulai sekarang kurangi konsumsi garam. Jumlah garam yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi yaitu maksimal 2,4 mg perharinya atau setara dengan 1 sendok teh. Selain kurang konsumsi garam, kurangi dan hindari juga untuk tidak konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Hipertensi atau dikenal juga dengan nama tekanan darah tinggi. Penderita penyakit ini harus melakukan pengobatan yang benar dan teratur serta menyeluruh. Karena bila penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak melakukan pengobatan secara teratur maka tekanan darah tinggi nya pun tidak akan normal kembali. Terlebih lagi pada penderita hipertensi kronis, hipertensi yang sudah kronis tidak bisa disembuhkan tapi hanya bisa dikontrol dengan melakukan pengobatan yang teratur dan tepat dan juga menerapkan gaya hidup sehat.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 05 Agustus 2017 14:05:26

Related Post :
Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar…

Pengobatan pada penderita pembengkakan…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks…

Cara mencegah kanker serviks…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang sesak nafas,…

Kesehatan
Sayur dan Buah Yang…

Sayur dan buah yang…

Obat Kimia
Obat Asam Valproat Untuk…

Asam valproat merupakan obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara Pengobatan Sindrom Tourette

Mengetahui gejala dan cara pengobatan…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin Dan Boraks

Inilah ciri-ciri makanan yang mengandung…

Kesehatan
Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan Manfaatnya

Selain buah dan sayur, kacang…

Kirim Pertanyaan
Top