Bahaya Mengonsumsi Olahan Makanan dari Ikan Sapu-Sapu

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda tahu dengan ikan sapu-sapu ? Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan sapu-sapu merupakan sekelompok air tawar yang berasal dari Amerika tro yang termasuk dalam famili Loricariidae, namun tidak semua anggota Loricariidae adalah sapu-sapu. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga atau lumut dan sangat populer sebagai ikan pembersih akuarium. 

Jika dipelihara dalam lingkungan kolam yang bersih dan tidak tercemar zat berbahaya, sebenarnya ikan sapu-sapu ini termasuk jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Namun, beda halnya jika ikan bersisik keras tersebut hidup di sungai yang tercemar limbat zat kimia beracun, maka itu dapat jadi sumber masalah bagi kesehatan. 


Ikan sapu-sapu yang hidup dalam kolam dengan kondisi air yang keruh dan telah berinteraksi dengan berbagai jensi partikel berbahaya, seperti limbah industri dan logam berat misalnya tembaga, kadmium dan timbal maka didalam tubuh ikan tersebut akan mengandung berbagai partikel logam yang dapat membahayakan kesehatan organ internal jika dikonsumsi secara terus menerus. 

Berikut ini beberapa ancaman bahaya mengonsumsi olahan makanan dari ikan sapu-sapu yang bisa mengancam Anda, antara lain :

  • Gatal-gatal

Beberapa jenis logam berat yang menjadi sisa industri dan limbahnya dibuang di sungai merupakan penyebab dari gatal-gatal di kulit. Hal ini juga dapat Anda alami jika sering mengonsumsi olahan makanan yang menggunakan bahan dasar ikan sapu-sapu yang hidup di sungai. 

  • Tukak lambung

Mengonsumsi makanan olahan ikan sapu yang telah terkontaminasi oleh logam berat jenis Kadium (cd) dapat mengiritasi dinding dan dasar lambung sehingga memicu peradangan dan pengingkatan kadar asam lambung. Hal ini mungkin tidak terjadi dalam waktu dekat, namun dapat terjadi secara perlahan dan dalam jangka panjang. 

  • Tulang keropos atau rapuh

Logam kadium yang banyak masuk melalui makanan dapat mempercepat luruhnya kalsium yang terdapat dalam tulang. Akibatnya, Anda akan mudah mengalami keropos tulang atau tulang rapuh. 

  • Kerusakan otak

Mengonsumsi ikan sapu-sapu yang telah tercemar limbah industri yang mengandung logam berat seperti timbal dan tembaga dapat menyumbat aliran darah sekitar otak. Hal ini bisa memicu terjadinya iritasi, meracuni darah dan oksigen yang masuk ke dalam kepala dan merusak pembuluh darah otak yang nantinya dapat menyebabkan kerusakan permanen. 

  • Hati

Semakin banyak racun yang dikonsumsi, maka kerja hati atau liver akan semakin berat. Dalam jangka panjang, hati dapat mengalami peradangan dan kerusakan permanen. 

  • Ginjal rusak

Ikan sapu-sapu yang memiliki kandungan logam berta jenis kadmium jika dikonsumsi oleh anak-anka dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal. Logam kadmium dapat mengiritasi ginjal dan menembus dan menyebabkan luka serta peradangan internal dimana secara bertahap ginjal akan kehilangan kemampuannya dapat menjaga keseimbangan kadar air dalam air dan kesulitan dalam menyaring darah secara normal. 

Selain itu, masih ada banyak bahaya mengonsumsi olahan makanan dari ikan sapu-sapu yang bisa timbul. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda menghindari mengonsumsi ikan sapu-sapu untuk mencegah dan menghindari berbagai kemungkinan bahaya yang terjadi.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 07 Agustus 2017 14:47:08

Related Post :
Manfaat
20 Manfaat Petroleum Jelly…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Ini 5 Penyebab Alergi…

Ini penyebab alergi pada…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Sakit Pinggang…

Mengetahui ciri-ciri sakit pinggang…

Alami
Obat Eksim Tradisional Yang…

Obat eksim tradisional paling…

Penyakit
Mengenal Penyebab Penyakit Batu…

Informasi tentang penyebab batu…

Ibu Hamil
Mengapa Ibu hamil Mengalami…

Mengapa ibu hamil mengalami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Benjolan Di Belakang Kepala Yang Harus Diwaspadai!

Sebenarnya, apa penyebab benjolan di…

Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top