Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Setelah mengetahui anda positif hamil, tentunya bahagia yang dirasakan. Namun jangan sampai kebahagiaan yang dirasakan ini melupakan beberapa hal yang seharusnya jadi hal utama untuk dilakukan.


Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan setelah mengetahui positif hamil, antara lain :

  • Pilihlah bidan atau dokter kandungan yang tepat.

Memang tidak mudah saat memilih bidan atau dokter kandungan yang cocok. Jadi bahan pertimbangan jika diberikan referensi dari teman, lokasi praktek, dan biaya persalinan. Selain itu, anda juga harus merasa yakin dengan metode pemeriksaan dan bagaimana untuk mengajari anda mengenai kehamilan.

  • Kesehatan harus diperhatikan.

Berolahraga dan menjaga asupan makanan suatu hal yang sangat penting. Selama hamil anda harus terpenuhi kebutuhan nutrisi dan harus tetap aktif.

  • Ketahui batas tanggal terakhir.

Anda harus mengetahui kapan hari perkiraan lahir bayi didalam kandungan karena sangat penting maka anda harus ingat kapan terakhir anda haid. Maka anda bisa menghitungnya sendiri usia kandungan dan perkiraan tanggal kelahiran.

  • Kontrol kehamilan secara rutin

Selama kehamilan, disarankan untuk memeriksakan kehamilan setidaknya sebanyak 3 kali. Tapi akan lebih baik lagi jika anda rutin memeriksakan kehamilan  saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu sesuai dengan anjuran WHO yakni setiap 4 minggu sekali. Kemudian setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28 hingga 36 minggu dan setiap 1 minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.

  • Hati-hati dengan obat-obatan.

Tidak hanya asupan makanan saja yang harus anda perhatikan. Namun obat-obatan dan suplemen yang masuk kedalam tubuh juga harus anda jaga. Ketika anda sakit, maka obat yang anda konsumsi harus sesuai dengan anjuran dokter kandungan karena obat yang anda konsumsi dapat berpindah dari anda ke janin melalui placenta yaitu jalan masuk nutrisi kedalam tubuh janin guna untuk membantu tumbuh kembangnya janin. Jika sampai tercemar obat-obatan yang berbahaya, maka perkembangan janin dapat terganggu.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan setelah dinyatakan positif hamil. Semoga bermanfaat bunda.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Senin, 07 Agustus 2017 14:47:43

Related Post :
Kesehatan
Inilah Penyebab Badan Terasa…

Berikut adalah informasi tentang…

Tips
Begini Tata Cara Tidur…

Agar Anda bisa tidur…

Kulit
Penyebab dan Cara Penanganan…

Keratosis pilaris merupakan penyakit…

Ibu Hamil
Manfaat Jalan Kaki Di…

Manfaat jalan kaki di…

Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang…

Yuk memgenal jenis terapi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita darah…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Cara Mudah Mencegah Stretch Mark…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur Dan Penanganannya

Penyebab dan gejala hamil anggur…

Kirim Pertanyaan
Top