Kandungan Dan Manfaat Daun Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun kacang panjang atau yang lebih di kenal dengan lembayung sejauh ini hanya di kenal sebatas sayuran yang lezat untuk di konsumsi. Namun, ternyata tak hanya sampai di situ. Menurut berbagai penelitian yang telah banyak di kembangkan, ternyata daun lembayung ini memiliki kandungan serta khasiat tersendiri yang baik bagi kesehatan. Apa saja? simak selengkapnya hanya disini!


Mungkin sudah cukup familiar jika kita mendengar berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan. Maka dari itu, jika sayuran yang satu ini sering kali di manfaatkan sebagai bahan pangan sehari-hari. Mungkin anda juga sering kali menemukan jenis sayuran lezat yang satu ini di dalam berbagai jenis masakan seperti lodeh, gado-gado tumisan dan jenis masakan lainnya. Namun bagaimana dengan daunnya? apakah ini juga termasuk sayuran favorit anda?

Ya, seperti halnya kacang panjang, bagian daunnyapun sering kali di hidangkan sebagai sayuran lezat oleh sebagian masyarakat. Namun bagi sebagian masyarakat lainnya hal ini mungkin cukup terdengar asing, karena mereka belum pernah mengonsumsi bahkan melihat bentuk daunnya sama sekali. Padahal, daun dari tanaman kacang panjang ini bisa di jadikan bahan pangan dan yang terpenting kelezatan rasanya memiliki khasiat yang cukup melimpah bagi kesehatan.

Adapun daun yang sering kali di ambil untuk kebutuhan sayuran adalah daun yang masih muda. Hal tersebut di karenakan daun kacang atau lembayung yang sudah tua memiliki tekstur yang kasar dan kurang lezat untuk di santap.

Kandungan gizi dan manfaat daun kacang panjang atau lembayung bagi kesehatan

Tak banyak yang mengetahui bahwasannya di dalam daun kacang panjang terkandung berbagai senyawa yang baik bagi kesehatan. Adapun dalam setiap 100 gr daun kacang panjang terdapat kalori 43 kkal, karbohidrat 5.8 gram, protein 4.1 gr, lemak 0.4 gr, fosfor sebanyak 145 miligram, zat besi sebanyak 6 miligram. Selain dari pada itu, daun kacang panjang juga di perkaya oleh sejumlah nutrisi baik lainnya seperti vitamin A 5240 UI, vitamin C sebanyak 29 miligram, vitaim B1 0.28 miligram dan vitamin lainnya dengan kadar yang lebih sedikit.

Nah, dari berbagai senyawa aktif tersebut munculah berbagai argumen yang menyatakan bahwasannya daun lembayung ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melancarkan produksi ASI

Manfaat yang satu ini khusus bagi bunda yang kini tengah memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Pasalnya, masalah seperti jumlah ASI yang sedikit dan tilancar sering kali di alami oleh sebagian ibu menyusui. Namun, dengan mengonsumsi ramuan dari daun lembayung ini, di percaya mampu merangsang pembentukan ASI menjadi lebih lancar dan juga banyak. Anda cukup memanfaatkan lembayung atau daun kacang panjang ini sebagai masakan yang di konsumsi secara teratur dan hasilnya akan terlihat langsung dalam beberapa hari.

2. Meluruhkan air seni

Bagi anda yang kini memiliki masalah terhadap air seni seperti berbau atau lebih sedikit biasanya, anda bisa memanfaatkan daun kacang panjang sebagai alternatifnya. Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun kacang panjang. kemudian setelah mendidih angkat dan saring. Diamkan beberapa saat hingga dingin dan konsumsi air rebusannya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

3. Mencegah penyakit anemia

Pada dasarnya, penyakit anemia sendiri di ketahui di sebabkan oleh tubuh kekurangan sel darah merah sehingga menyebabakan tubuh menjadi lemah, mudah mengantuk dan hilang semangat. Adapun untuk mengatasinya sendiri anda bisa memanfaatkan daun kacang panjang sebagai solusinya. Anda bisa mwengolahnya menjadi jus dan mengonsumsinya secara rutin agar khasiat yang timbulkan cepat terasa.

4. Mencegah rambut rontok

Hati-hati jika anda kini tengah mengalami masalah rambut rontok. Hal tersebut karena jika kondisi tersebut di biarkan lambat laun dapat menyebabkan kebotokan. Namun, kondisi tersebut nyatanya bisa di atasi dengan daun lembayung atau daun kacang panjang. Caranya cukup dengan menyiapkan 11 lembar daun kacang panjang yang masih muda, tambahkan 9 lembar manfaat daun waru kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan ke kulit kpala sambil di pijat merata. Kemudian bungkus kepala dengan handuk biarkan hingga ramuan menyerap ke dalam pori-pri kepala.

5. Mencegah rabun pada mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi di dalam daun kacang panjang menyebabakan daun ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata terlebih mencegah rabun pada mata. Untuk itu, anda bisa mengonsumsinya secara rutin dengan porsi yang pas pula.

6. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Kadar kalsium yang terdapat di dalam daun kacang panjang juga menjadi indikasi dimana daun ini bisa memperkuat tulang, gigi dan juga sendi. Hal tersebut menunjukkan bahwa sayuran lembayung ini sangat baik di konsumsi oleh anak-anak yang mana masih berada dalam tahap pertumbuhan dan juga dapat mencegah osteoporosis pada lansia.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun kacang panjang atau lembayung bagi kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun lembayung yang umumnya masih jarang di ketahui terutama untuk kesehatan ibu hamil, menyusui, kecantikan hingga mengecilkan payudara. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 08 Agustus 2017 16:07:52

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Bidara Untuk…

Bidara adalah tanaman yang…

Manfaat
Manfaat Es Krim Ternyata…

Tingkat kesuburan pada wanita…

Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena…

Ciri ciri infeksi rahim…

Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi…

Kopi instan memang dapat…

Daun
Manfaat Daun Urang Aring…

Selain baik untuk rambut,…

Ibu Dan Anak
Tips Sederhana Mencegah Flu…

Tips sederhana mencegah flu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senduduk Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun senduduk…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Kegunaan, khasiat serta manfaat daun…

Kirim Pertanyaan
Top