Mengetahui Berbagai Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Bawang bombay merupakan tanaman yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambay rasa nikmat pada masakan Indonesia. bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dan aroma yang khas jika dibandingkan dengan bawang merah biasa. 

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang bombay ini juga menyimpan cukup banyak kandungan nutrisi serta khasiat yang luar biasa. 


Bawang bombay merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dalam satu cangkir irisan bawang bombay terkandung kurang lebih 64 kalori. Tidak hanya itu, bawnag bombay juga mengadnung 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein, dan 15 gram karbohidrat. Sekiatr 10% dari kebutuhan harian vitamin B6, vitamin C, dan juga mangan juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi bawang bombay. Selain itu, bumbu dapur ini juga mengandung magnesium, folat, zat besi, fosfor, antioksidan kuersetin, sulfur, dan kalsium. 

Zat-zat yang terkandung dalam bawang bombay menjadikan komoditas ini bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini berbagai manfaat bawang bombay bagi kesehatan yang perlu diketahui, antara lain :

  • Menghilangkan bekas luka

Bawang bombay mungkin efektif untuk menghilangkan bekas luka seperti luka tergores, luka bakar, luka pasca operasi, serta bekas penghilangan tato. Jika dioleskan selama 2-6 bulan, makan bawang bombay dengan kandungan alantoin dan heparin yang terkandung didalamnya dapat membantu menyamarkan serta meredakan sakit dan gatal pada bekas luka. Namun, hasilnya mungkin tidak akan efektif  jika hanya digunakan selama 1-2 bulan saja pada bekas operasi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang bombay ternyata bisa dikonsumsi secara langsung atau setidaknya dijadikan sup terlebih dahulu. Kandungan antioksidan bernama quercetin yang ada pada bawang bombay ini ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh kuat dalam melawan efek buruk paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C yang dimiliki bawang bombay juag cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

  • Mencegah infeksi pada tubuh

Terdapat sebuah trik menarik yang bisa kita lakukan dengan irisan bawang bombay ini, yaitu dengan meletakkannya ke dalam kaus kaki pada pagi hari sebelum digunakan. Rutin melakukan hal ini ternyata bisa mencegah timbulnya infeksi pada tubuh.

  • Menangkal efek radikal bebas

Seperti yang telah diketahui, radikal bebas merupakan salah satu hal yang sering dijumpai pada saat ini. Banyak penyakit yang bisa timbul akibat paparan radikal bebas dan kebanyakan penyakit ini memang berbahaya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah dengan memiliki antioksidan yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir, karena bawang bombay kaya akan kandungan antioksidan dan dapat membantu menangkal efek radikal bebas pada tubuh. 

  • Menghilangkan bakteri pada udara di dalam ruangan

Bawang bombay ternyata memiliki sejenis senyawa asam sulfat. Senyawa ini membuatnya memiliki aroma dan rasa yang cenderung kuat. Yang tidak disangka adalah, senyawa asam sulfat ini ternyata memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam melawan bakteri. 

Untuk memanfaatkan kemampuan ini, pakar kesehatan menyarankan untuk mengiris bawang bombay menjadi beberapa potong dan kemudian meletakkannya ke sudut ruangan yang sering kita tinggali, seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Keberadaan irisan bawang bombay ini ternyata bisa membuat jumlah berbagai bakteri yang ada di udara bisa menurun, sehingga kita akan tetap sehat dan tidak mudah sakit. 

  • Membantu mengatasi maag

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan yang terakhir yaitu mampu membantu mengatasi maag. Hal ini disebabkan karena di dalam bawang bombay terkandung natrium yang cukup tinggi dan bisa membantu menormalkan kadar asam pada lambung, sehingga bisa membantu mengatasi sakit maag.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 09 Agustus 2017 11:36:40

Related Post :
Kesehatan
Cemilan Sehat Rendah Gula…

Cemilan sehat rendah gula…

Kesehatan
Mengenal Kleptomania Dan Penyebabnya

Kleptomania adalah kelompok gangguan…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Luka…

Pantangan makanan penderita luka…

Ibu Hamil
Waspada! Ini Bahaya Preeklampsia…

Waspada! ini bahaya preeklampsia…

Ibu Dan Anak
Gejala Autisme Pada Anak…

Autisme merupakan gangguan perkembangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat suplemen Natur E untuk…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top