Prosedur Operasi untuk Pengobatan Fistula Ani

Share dan Tag Temanmu di :

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai obat fistula ani tradisional, nah pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengobatan fistula ani secara medis dengan prosedur operasi. Simak informasi lengkapnya disini !!

Mengetahui Prosedur Operasi untuk Pengobatan Fistula Ani

Fistula ani biasanya lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Kasus ini bisa terjadi pada usia 20-40 tahun. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada bayi dan anak-anak, biasanya terjadi akibat kelainan kongenital atau cacat bawaan. 


Gejala fistula ani yang timbul dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, mengakibatkan iritasi  kulit, keluar cairan secara terus-menerus yang tidak membaik dengan sendirinya, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, maka untuk mengatasinya diperlukan tindakan pembedahan. Jenis pembedahan atau prosedur operasi untuk pengobatan fistula ani ini tergantung dari posisi fistula ani itu sendiri.  

Operasi fistula ani iniumum dilakukan dan biasanya aman. Namun, untuk membuat keputusan dan memberikan persetujuan, Anda harus menyadari terlebih dahulu kemungkinan efek samping dan risiko komplikasi. Untuk sebagian orang, fistula ani ini bisa kambuh kembali setelah operasi. 

Operasi biasanya dilakukan saat Anda berada di bawah bius total. Anda harus diberikan instruksi yang jelas sebelum operasi, teramsuk apakah Anda boleh makan menjelang jadwal operasi. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus mulai puasa sekitar 6 jam sebelum prosedur operasi dimulai. Anda mungkin dapat minum cairan, seperti kopi, hingga beberapa jam sebelum jadwal operasi.

Biasanya operasi fistula ani memerlukan waktu sekitar 15 hingga 30 menit. Untuk mengurangi risiko inkontinensia usus (ketika Anda buang air besar tanpa sadar), pengobatan mungkin akan melibatkan beberapa operasi selama beberapa bulan. 

Jenis operasi yang dilakukan trgantung pada dimana letak fistula ani itu sendiri. Jika fistula ani di bawah atau melintasi bagian bawah otot sphincter, maka dokter bedah akan memotong fistula terbuka di kulit dan meninggalkan luka terbuka, sehingga dapat sembuh dengan jaringan baru yang sehat. 

Namun, jika fistula memiliki cabang yang melewati bagian atas dari otot sphincter, dokter bedah akan menempatkan jahitan khusus (disebut jahitan seton) di fistula untuk memungjkinkan nanah mengalir dengan mudah. 

Fistula mungkin cocok untuk pengobatan dengan plug yang terbuat dari jaringan usus babi. Dokter bedah tidak perlu membuat sayatan pada otot sphincter. Jika fistula mencapai bagian di atas otot sphincter, maka kemungkinan Anda harus memiliki kolostomi sementara (usus besar dibiarkan terbuka dari kulit). Namun, hal ini tidak biasa. 

Setelah menjalani prosedur operasi untuk pengobatan fistula ani, pasien disarankan untuk beristirahat selama beberapa hari dan berjalan sesedikit mungkin untuk membantu penyembuhan luka. Biasanya luka memerlukan beberapa minggu untuk bisa sembuh sepenuhnya dan Anda mungkin perlu menggunakan pembalut hingga sembuh. 

Berolahragalah secara teratur untuk membantu Anda agar bisa segera kembali beraktivitas secara normal. Namun, berkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tim medis untuk menentukan olahraga yang tepat.

Pengobatan fistula ani ini sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama, karena bisa menyebabkan masalah lain yang lebih fatal misalnya terjadi kanker tulang, kanker di lubang anus, dan lain sebagainya. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 09 Agustus 2017 14:51:44

Related Post :
Alami
Obat Ruam Kulit Alami…

Obat ruam kulit alami…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala…

Penyebab dan tanda gejala…

Kesehatan
Kebaikan yang Bisa Didapat…

Memiliki kualitas tidur yang…

Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan…

Kenali penyebab dan jenis…

Obat Kimia
Khasiat Obat Sulfasalazine Untuk…

Obat sulfasalazine termasuk obat…

Alami
Terasa Panas Di Perut?…

Selagi masih ada bahan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam Lambung

Buah-buahan untuk menurunkan asam lambung…

Kesehatan
Mengenal Berbagai Penyebab Dan Gejala Diabetes Insipidus

Berikut adalah berbagai penyebab dan…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Batuk Kering

Informasi tentang penyebab dan gejala…

Kirim Pertanyaan
Top