Obat Telinga Bernanah Menahun Yang Alami Dan Paling Ampuh

Share dan Tag Temanmu di :

Obat telinga bernanah menahun tak hanya tersedia di apotik namun juga dapat kita manfaatkan dari berbagai bahan alami yang pada umumnya mudah untuk kita jumpai di lingkungan kita. Adapun bagi anda yang tengah mencari informasi serupa, ada baiknya jika anda menyimak ulasan singkat berikut ini.


Telinga adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Karena selain berfungsi sebagai indera pendengaran, telinga juga pada umumnya dapat menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga jika fungsi alat pendengaran terganggu, maka jelas secara otomatis sistem keseimbangan tubuh manusia juga akan terganggu.

Namun, seperti pada organ tubuh lainnya, telinga juga nyatanya sangat rentan terserang berbagai jenis penyakit mulai dari yang bersifat ringan hingga kronis. Adapun penyakit bernanah adalah salah satu jenis penyakit telinga yang mana jumlah penderitanya memiliki angka yang cukup tinggi.

Penyebab dan gejala penyakit telinga bernanah

Telinga bernanah adalah suatu kondisi medis berupa terjadinya infeksi pada telinga dan akhirnya mengeluarkan nanah. Kondisi tersebut biasanya terpicu lantaran adanya cidera tertentu yang mana biasanya di perparah dengan penumpukan kotoran, yang pada akhirnya memicu tumbuhnya mikroba yang semakin menjadi sebagai pengonfeksi orgn dengar kita.

Adapun penyebabtelinga bernanah selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Peradangan pada liang telinga luar (otitis eksterna), kondisi ini biasanya di tandai dengan rasa nyeri saat membuka mulut, menekan tulang rawan telinga hingga menarik daun telinga ke belakang ke atas.

2. Peradangan telinga tengah, yang terdiri dari radang telinga tengah akut (otitis media akut) dan radang telinga tengah kronik (Otitis media supuratif kronis /OMSK).

Selain keluarnya nanah dari dalam telingan, berbagai gejala lainnya pun sering kali meyertai seperti halnya rasa sakit yang menusuk dari dalam telinga, terdengar suara nguing, suhu tubuh tinggi, rasa gatal, berbau, berdarah hingga timbulnya pembengkakan dalam salah satu bagian telinga.

Obat telinga bernanah menahun yang alami paling ampuh dan mujarab

Bagi anda yang kini tengah mengalami masalah telinga bernanah akut maupun kronis, berikut akan kami informasikan beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagi obat penyakit telinga bernanah yang sangat efektif dan aman baik di gunakan pada penderita anak, balita maupun dewasa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Garam panas

Bahan alami pertama yang bisa anda manfaatkan untuk di jadikan sebagai obat ampuh telinga bernanah adalah garam panas. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan menggunakan garam dapur halus yang telah di panaskan sebelumnya dalam microwape. Setelah itu, taruh dalam sapu tangan yang lembut dan ikat dengan kuat. Nah, anda bisa menggunakan garam panas dalam balutan kain tersebut untuk mengompreskannya pada bagian telinga yang tengah mengalami infeksi dan tahan sela beberapa saat.

2. Daun kemangi

Manfaat daun kemangi juga ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengobati masalah infeksi telinga tengah yang menimbulkan munculnya nanah. Adapun untuk pemanfaatannya sendiri, anda bisa mencuci terlebih dahulu daun kemangi hingga bersih dan lumatkan daun kemangi hingga benar-benar lumat. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak kelapa ke dalam lumatan daun kemangi tadi. Selanjutnya anda bisa bubuhkan di bagian luar telinga yang mengalami infeksi.

3. Daun sambilito

Untuk mengatasi telinga bernanah selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sambiloto. Caranya cukup dengan mencuci beberapa lembar daun sambiloto secukupnya, kemudian haluskan hingga benar-benar lumat. Setelah itu, peras dan ambil ekstraknya untuk di jadikan sebagai obat tetes telinga yang tengah mengalami infeksi bernanah. Untuk hasil yang maksimal, anda di sarankan untuk melakukan cara ini secara teratur.

4. Daun kentutan

Manfaat daun kentutan juga di ketahui dapat di manfaatkan sebagai obat alami telinga bernanah. Adapun caranya yaitu dengan membuat obat tetes telioga herbal dari tanaman obat herbal yang satu ini. Caranya, tumbuk halus daun kentutan yang sebelumnya telah di cuci bersih. Kemudian ambil ekstraknya dan tambahkan dengan sedikit campuran garam halus dapur. Setelah kdua bahan tersebut tercampur merat, maka anda kemudian bisa mengaplikasikannya sebagai oba tetes alami pada bagian telinga yang bernanah.

5. Lidah buaya

Tak hanya dapat di manfaatkan untuk kesehatan rambut melainkan juga sangat baik untuk mengatasi masalah peradangan pada telinga bgain dalam. Adapun cara pemanfaatannya bisa di lakukan dengan  mengupas kulit luar lidah buaya, dan ambil bagian dagingnya untuk di lumatkan hingga halus. Selanjutnya bubuhkan pada area telinga yang tengah mengalami infeksi secara teratur agar hasil yang di dapatkanpun lebih optimal.

6. Daun wungu

Herbal lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai obat tradisional telinga bernanah adalah dengan menggunakan daun wungu atau yang sering di kenal dengan istilah daun handeuleum. Caranya cukup dengan membuat campuran dari garam dapur dan daun wungu yang telah di bersihkan sebelumnya. Kemudian kedua bahan tersebut di rebus dengan menggunakan air di atas api panas. Setelah dingin, anda bisa menggunakannya untuk kesembuhan infeksi telinga tersebut.

7. Tanaman babandotan

Ramuan herbal lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah infeksi telinga adalah tanaman babandotan (terkecuali bunga dan akarnya). Caranya cukup persiapkan beberapa batang dan daun bandotan yang telah di bersihkan, selanjutnya tumbuk hingga halus dan aplikasikan sebagai obat untuk mengatasi telinga anda yang bermasalah. Adapun cara pemakaian dari obat alami ini yaitu cukup dengan membubuhkan lumatan ramuan tersebut pada area telinga yang mengalami infeksi. Jika cara ini di lakukan secara rutin maka kondisi akan segera mereda.

8. Bawang putih

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya rempah yang sering kali kita temukan di dapur ini tak hanya sebatas penambah aroma dalam masakan melainkan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang salah satu diantaranya adalah dapat membantu penyembuhan telinga bernanah. Kandungan di dalamnya sangat efektif untuk melawan mikroba penyebab terjadinya infeksi dan telinga bernanah tersebut. Untuk pengaplikasiannya sendiri anda bisa langsung memakan bawang putih ini secara langsung dan teratur selama beberapa hari, maupun anda bisa melumatkannya hingga halus dan menempelakannya di bgaian luar telinga yang tengah mengalami infeksi.

9. Daun pegagan

Obat alami lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi telinga yang bernanah adadalah dengan memanfaatkan bahan alami berupa pegagan. Anda bisa mencampurkan tumbukan daun pegagan yang bersih dan halus dengan minyak kelapa yang sebelumnya telah di panaskan lalu aduk secara merata. Namun, sebelum mengaplikasikan ramuan ini pada telinga anda, ada baiknya jika anda membersihkan telinga anda terlebih dahulu menggunakan cotten bud dan babty oil. Nah, setelah itu,manda bisa mengoleskan daun pegagan ke bagian luar telinga yang bermasalah.

10. Daun basil

Ada dua cara pengpalikasian untuk pengobatan telinga terinfeksi dan bernanah yang bisa di lakukan dengan memanfaatkan daun basil ini. Untuk area infeksi telinga bagian luar, anda bisa menggunakan lumatan daun basil, yang kemudian di bubuhkan pada bagian telinga yang tengah terkena infeksi. Sedangkan untuk mengobati telinga yang terinfeksi dan bernanah dari dalam lubang, maka ada baiknya untuk menggunakan ramuan tunbukan haus daun basil dan kemudian di campurkan dengan  minyak kelapa sampai tercampur rata, setelah itu, anda bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan bantuan cotton bud. Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya memuaskan.

Nah, itulah beberapa obat telinga bernanah alami yang bisa coba anda khasiatnya sekarang juga di rumah. Selain dari pada itu, terdapat beberapa bahan alami lainnya yang cukup efektif dalam mengatasi masalah telinga bernanah tanpa obat apotik sekalipun seperti halnya madu dan kurma, teh bunga mullein dan minyak zaitun serta tribullus dan maca. Semoga apa yan telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan bisa menjadi perantara anda untuk mendapatkan kesembuhan.

By Nida Saripah - Alami Rabu, 09 Agustus 2017 15:40:31

Related Post :
Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Tips
Cara Sederhana untuk Bantu…

ternyata ada cara sederhana…

Alami
Obat Biang Keringat Pada…

Obat biang keringat alami…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat…

Walaupun rasanya asin, ternyata…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Khasiat Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat manfaat daun cincau untuk…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal Berair Pada Kulit

Cara alami menghilangkan gatal berair…

Kirim Pertanyaan
Top