Fakta Seputar Pemanfaatan Teknologi Nano Untuk Obat Herbal

Share dan Tag Temanmu di :

Pemanfaatan teknologi nano untuk obat herbal kini semakin di kembang luaskan seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini. Namun tak sebatas itu, pengembangan teknologi canggih dalam dunia herbal sendiri juga merupakan bentuk formulasi obat herbal dalam meningkatkan kualitas produksi dan juga kemanan (safety performance). Namun, sudahkah anda mengetahui apa itu teknologi nano?


Teknologi nano atau nanoteknologi dapat di artikan sebagai ilmu pengetahuan atau teknologi yang memiliki peranan dalam mengontrol zat, material dan juga sistem pada skala nanometer, sehingga mengahasilkan fungsi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan kata lain, teknologi ini mampu memungkinkan sebuah benda di pecah dalam skala nanometer. Adapun ukuran nanometer sendiri adalah 1 per satu miliar meter yang berarti 50.000 kali lebih kecil daripada ukuran rambut manusia.

Nah, teknologi yang satu ini di sebut-sebut sebagai salah satu teknologi yang mampu mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi dalam segala bidang dengan efektif negatif yang begitu rendah. Dan adapun berbagai bidang industri yang kini telah mengembangkan konsep teknologi ini adalah industri kosmetik, makanan, pakaian, furnitur, farmasi dan masih banyak yang lainnya.

Konsep nanoteknologi sendiri pertama kali di perkenalkan oleh seorang ahli fisika bernama Richard Feynman. Ia mulai memperkenalakannya pada sebuah pidato ilmiah yang di selenggarakan oleh American Physical Society di Caltech (California Institute of Tecnology), tanggal 29 desember 1959, dengan judul "There's Planty of Room at yhe Bottom".

Di Indonesia sendiri teknologi ini mulai berkembang sejak tahun 2000-an. Sejak saat itu, pengembangan nanoteknologi mulai berjalan meski masih trbatas dan belum maksimal. Hingga kini komersialisasi produk berstandar teknologi nano berbasis kegiatan riset masih terus banyak di kembangkan dalam berbagai aspek.

Berbagai fakta seputar pemanfaatan teknologi nano untuk obat herbal

Teknologi nano sebenarnya telah di manfaatkan sejak dulu dalam bidang kesehatan dan farmasi, seperti halnya dalam mengamati perilaku vaksin dan mikroba lainnya serta efeknya terhadap tubuh kita. Namun belakangan ini, teknologi ini juga mulai di kembangkan pada obat herbal. Mengingat penggunaan obat herbal pada beberapa waktu terakhir ini mulai meningkat di dunia, khususnya di kawasan beberapa negara seperti Indonesia, China dan India.

Adapun berbagai kebaikan dan fungsi teknologi nano pada obat herbal yang patut untuk anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Formulasi baru dalam obat herbal

Obat herbal di kenal memiliki efek farmakologi hampir pada semua jenis penyakit dengan efek samping yang ringan. Namun, masih terdapat berbaga permasalahan umum dalam peracikan obat herbal mulai dari bioavailabilitas, kelarutan, absorbsi zat aktif dan stabilitas yang rendah. Dan berbagai pemasalahan tersebut kini satu per satu mulai terselaikan setelah teknologi nanao di gunakan unruk formulasi obat herbal.

2. Zat lebih mudah larut dan di serap oleh tubuh

Hal tersebut sesuai dengan keterangan yang di berikan Heny Rachmawaty, seorang pakar teknologi nano di Institut Teknologi Bandung (11/03/11). Ia menyebutkan bahwasannya "Produk berteknologi nano akan lebih cepat di serap di bandingkan produk yang tidak menggunakan teknologi tersebut". Ia pun menambahkan "Sehingga dari segi pengunaan akan lebih efisien".

3. Meningkatkan kualitas dan khasiat bahan

Tekonologi nano sering kali di pergunakan dalam berbagai ekstasi obat-obatan tradisional, seperti alah satunya ginseng. Ginseng yang di ekstasi dengan menggunakan teknologi nano selain mampu lebih cepat di serap oleh tubuh juga menjadikan kandungan "ginsenosides" (kandungan presentase ginseng untuk menghasilkan stamina" lebih tinggi di banding kan ginseng lainnya.

4. Membantu kelarutan, stabilitas  dan kemampuan penyerapan obat

Terkadang senyawa obat tertentu mengalami kesulitan larut dan melakukan penetrasi. Namun dalam kondisi demikian, teknologi nano memiliki peranan cukup penting. Seperti halnya kandungan kalsium dalam susu yang juga harus di buat menggunakan teknologi nano agar dapat efektif terserap ke dalam tulang.

Nah, itulah berbagai fakta menarik seputar pemanfaatan teknologi nano untuk obat herbal. Semoga apa ang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menjawab segala keraguan anda tehadap teknologi yang satu ini teruta jika di manfaatkan dalam dunia kesehatan maupun herbal khusunya.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 10 Agustus 2017 16:13:20

Related Post :
Manfaat
Khasiat dan Manfaat Beras…

Khasiat dan Manfaat Beras…

Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini…

Narkoba memang diketahui dapat…

Penyakit
Pengobatan Hidrosefalus Dan Efek…

Pengobatan hidrosefalus pada bayi…

Kesehatan
Penting! Ketahui Cara Mencegah…

Berikut adalah beberapa upaya…

Alami
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Kesehatan
Pernah Merasa Ketindihan Saat…

Pernah merasa ketindihan saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Kombinasi obat-obatan dan mengonsumsi makanan…

Kesehatan
Berbagai Cemilan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai cemilan sehat untuk menurunkan…

Kesehatan
Dampak Penggunaan Lensa Kontak dalam Jangka Panjang

Penggunaan lensa kontak dalam jangka…

Kirim Pertanyaan
Top