Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

10 Manfaat Buah Kedondong yang patut anda ketahui

Buah kedondong  mempunyai nama latin Spondias Dulcis Forst. Habitat buah ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah yang lebih ideal tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia dan beberapa negara asia Tenggara ini, memiliki bentuk dan ukuran lonjong yang menyerupai telur ayam. Warna kulitnya hijau dan dagingnya berwarna putih kehijauan. Pohon kedondong identik dengan tanaman hutan, tingginya dapat mencapai 20 meter dan daunnya sangat lebat dan rindang. Pohon ini baru mulai dapat berbuah saat berumur 3 tahun.


Dalam ulasan kali ini, kami rangkum 10 manfaat buah kedondong yang harus Anda ketahui:

1. Penyembuh diare. Buah berasa masam ini diyakini dapat menyembuhkan diare dalam waktu cepat. Tapi yang paling potensial berkhasiat adalah kulit batang pohonnya. Caranya, ambil kulit batang kira-kira 20 gram, lalu iris kecil-kecil dan rebus dalam air 400 cc hingga mendidih dan tersisa 200 cc. Kemudian saring air rebusan tersebut, minum secara teratur setiap sore hingga diare berhenti.

2. Penghilang rasa kantuk. Rasa kantuk dapat dihilangkan oleh buah ini karena kandungan zat asamnya mampu merangsang saraf-saraf mata untuk tetap bekerja secara maksimal.

3. Mengobati luka bakar. Getah yang ada pada kulit buah ini dapat menutup luka, terlebih luka bakar lebih cepat. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan C yang berfungsi meregenerasi kulit yang mati.

4. Mengobati peradangan. Antioksidan  dan vitamin C di dalam kedondong bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh. Selain penyebab kanker, radikal bebas juga dapat membuat terjadinya peradangan khususnya pada kulit dan mata. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan mengonsumsi 1 sampai 3 setiap minggunya, terutama untuk orang yang bekerja dan bertempat tinggal di kawasan industri yang tinggi akan polusi dan zat kimia.

5. Obat anemia. Peredaran darah yang lancar mengakibatkan anemia akan hilang dalam tubuh dengan sendirinya. Hal ini diakibatkan oleh produktifitas sel darah merah meningkat di dalam sum-sum tulang belakang dan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh lancar. Kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah ini berperan aktif terhadap hal tersebut. Dalam 100 gram buah ini, terdapat 30 miligram kandungan zat besi.

6. Menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain zat besi, zat lain yang terkandung dalamnya adalah fosfor yang fungsinya sebagai pembentuk jaringan tulang dan gigi, sementara fungsi zat besi yang lainnya sebagai pelapis jaringan tersebut.

7. Melindungi kulit. Dalam satu biji mengandung 30 sampai 50 miligram vitamin C. Kandungan tersebut mempunyai peran aktif dalam regenerasi kulit dan melindungi kulit wajah dari pancaran sinar ultraviolet dari matahari yang berbahaya.

8. Anti kolesterol. Fungsi lain dari vitamin C pada buah ini yaitu mengubah kolesterol jahat di dalam pankreas menjadi asam empedu. Kolesterol jahat di dalam pankreas bisa mengakibatkan batu empedu. Hal ini sangat berbahaya karena akan menghalangi produktifitas hormon insulin sebagai zat pengontrol gula darah.

9. Obat penyakit jantung. Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari buah berkulit hijau ini yaitu mampu mengobati dan mencegah penyakit jantung. Karena buah ini memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk memelihara pembuluh vena dan arteri pada jantung, juga mencegah penebalan atau pengendapan kolesterol pada kedua pembuluh tersebut. Selain itu, fungsi lain dari kalsium yaitu jantung akan sangat mudah menerima oksigen yg dibersihkan oleh paru-paru.

10. Membantu memulihkan tubuh setelah sakit berat. Setelah tubuh sembuh dari sakit, vitamin C dan leukosit (sel darah putih) yang berfungsi membunuh sisa-sisa bakteri dan parasit sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini, vitamin C dapat membantu hati dalam membunuh kuman dan mempersiapkan sel darah merah baru pengganti sel darah yang telah rusak sebelumnya. Kedua zat tersebut terdapat pada buah kedondong.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 15 Juli 2016 08:34:48

Related Post :
Alami
Obat Ganglion Tradisional Dari…

Obat ganglion tradisional berikut…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik…

Daftar makanan yang baik…

Manfaat
Biji Rami Si Kecil…

Ketahui tentang biji rami…

Kesehatan
Selain Sit Up Inilah…

Selain Sit Up inilah…

Kesehatan
Mengetahui Nilai Kesehatan Dibalik…

Minuman Es Kepal Milo…

Tips
Tips Sederhana Jaga Kesehatan…

Penggunaan gadget dapat menimbulkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengungkap Khasiat Luar Biasa Ikan Teri Bagi Kesehatan

Dibalik tubuhnya yang kecil, ternyata…

Manfaat
Manfaat
Khasiat Ikan Gabus Bantu Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Selain mengonsumsi obat dokter, khasiat…

Kirim Pertanyaan
Top