Fakta Mengejutkan Seputar Ganja yang Jarang Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Penangkapan seorang penyanyi yang bernama Marcello Tahitoe atau yang dikenal dengan nama Ello akibat dugaan kepemilikan ganja baru-baru ini menambah daftar publik figur yang diketahui menyalahgunakan narkoba. 

Ganja merupakan salah satu jenis zat adiktif yang dapat merusak kita, baik secara fisik ataupun psikis. Ganja termasuk obat depresan yang dibuat dari daun cannabis. Disebut sebagai obat depresan karena ganja dapat mempengaruhi sistem saraf dengan cara membuat lambat sistem saraf. 


Di Indonesia sendiri, peredaran ganja dilarang oleh pemerintah. Walaupun sangat erat kaitannya dengan dunia kriminal, ternyara ganja menyimpan manfaat, terutama dalam dunia kedokteran. 

Berikut ini merupakan beberapa fakta mengejutkan seputar ganja yang jarang diketahui, yaitu :

  • Mencegah penyakit Alzheimer

Sebuah studi di tahun 2006 yang dipimpin oleh Kim Janda dari Scripps Research Institue menemukan bahwa THC yang merupakan bahan aktif pada ganja dapat memperlambat pembentukan plak amiloid. Plak ini membunuh sel otak dan berpotensi menyebabkan penyakit Alzheimer.

  • Menyembuhkan gegar otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex menunjukkan, ganja memiliki kemungkinan dapat membantu menyembuhkan kondisi gegar otak atau cedera traumatis lainnya. Dalam jurnal tersebut, eksperimen dilakukan pada tikus. 

Bahkan, profesor Lester Grinspoon dari Harvard Medical School menegaskan bahwa ganja memiliki kemampuan untuk melindungi otak. Berdasarkan data laboratorium dan klinis, sudah banyak dokter dan peneliti yang percaya bahwa marijuana atau ganja memiliki sifat neuroprotektif yang sangat kuat.

  • Mengurangi tremor pada penderita parkinson

Menurut sebuah penelitian terbaru dari Israel menunjukkan bahwa mengonsumsi ganja dapat mengurangi rasa sakit dan tremor. Hal ini tentunya dapat memperbaiki waktu tidur bagi pasien penyakit Parkinson. Selain itu, ganja juga diketahui berhasil meningkatkan kemampuan motorik halus penderita parkinson. Perlu diketahui, saat ini pemerintah Israel sudah membuat ganja medis legal dan melakukan banyak penelitian tentangnya.

  • Mengobati glaukoma

Menurut National eye Institue, ganja dapat menurunkan tekanan didalam mata. Penelitian tersebut menyebutkan, studi awal pada tahun 1970 menunjukkan ganja dapat menurunkan tekanan intraokular pada orang dengan tekanan normal dan orang-orang dengan glaukoma. Selain mengurangi tekanan pada bola mata, efek lanjutan yang ditimbulkannya adalah dapat mencegah kebutaan. 

  • Memperlambat dan menghentikan sel kanker

Jurnal Molecular Cancer Therapeutics mengungkapkan, cannabidiol (salah satu senyawa pada ganja) memiliki kemampuan untuk menghentikan kanker dengan mematikan gen yang disebut Id-1. Hal ini juga senada dengan apa yang ditemukan para periset di California Pacific Medila Center, San Fransisco, bahwa cannabidiol dapat mencegah penyebaran kanker. 

Para peneliti bereksperimen pada sel kanker payudara di laboratorium yang memiliki tingkat Id-1 yang tinggi serta merawatnya dengan cannabidiol. Hasilnya positif, sel-sel menurunkan eksperimen Id-1 dan membuatnya tidak agresif. Tidak hanya itu, American Association for Cancer Research telah menemukan bahwa ganja dapat berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan tumor di otak, payudara, dan paru-paru. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun status ganja di Indonesia termasuk dalam narkotika golongan 1. Sehingga mereka yang diketahui memiliki ganja dapat dituntut hukuman minumal 4 tahun penjara. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 11 Agustus 2017 15:52:42

Related Post :
Kesehatan
8 Langkah Yang Bisa…

Ada delapan langkah yang…

Penyakit
Berbagai Penyebab Nyeri Dada…

Selain karena penyakit jantung,…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Alami
Cara Alami Mengobati Luka…

Cara alami mengobati luka…

Kesehatan
Diagnosis Kurap Dan Pengobatannya

Dokter biasanya mendiagnosis kurap…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?


Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari India

Ayurverda biasa dikenal oleh kebanyakan…

Kesehatan
Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Tipes

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top