Tanda-tanda Awal Penyakit Parkinson Yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Tanda-tanda Awal Penyakit Parkinson Yang Harus Diwaspadai

Parkinson yaitu penyakit yang terjadi ketika sel-sel saraf di otak yang menghasilkan neurotransmitter dopamine mulai mati. Penting untuk anda ketahui tanda-tanda awal penyakit parkinson yang sweringkali membuat tidak sadar bahwa anda sedang mengalami parkinson dan tahunya penyakit tersebut telah berkembang. Ketika anda merasakan gejala utama parkinson seperti kaku maupun tremor, maka anda sudah kehilangan 40 hingga 50 % dari produksi neuron dopamin. Maka mulailah melakukan pengobatan sejak dini untuk mempertahankan kehilangan dalam jumlah besar.


Berikut ini Tanda-tanda Awal Penyakit Parkinson diantaranya :

  • Susah tidur

Ahli syaraf tetap waspada terhadap kondisi tidur cepat yang dikenal sebagai RBD (Rapid Eye Movement Behavior Disorder). Seseorang dengan RBD mungkin akan berteriak, menendang, ataupun menggemetarkan gigi bahkan dapat menyerang pasangan tidur mereka. Seorang dengan RBD akhirnya mengembangkan parkinson setidaknya 10 tahun kemudian sebanyak 40%. Secara umum masalah tidur lainnya yang berhubungan dengan penyakit parkinson yaitu perasaan bahwa anda harus memindahkan mereka (syndrom kaki gelisah) dan secara tiba-tiba sejenak  berhenti bernafas saat tidur atau (sleep apnea) dan kesemutan atau rasa tusukan dikaki.

  • Ekspresi wajah berkurang

Jika kehilangan dopamin maka dapat mempengaruhi otot-otot wajah yang membuat anda kaku, lambat, dan menyebabkan kurangnya karakteristik ekspresi. Menurut Pam Santamaria ahli syaraf dan ahli parkinson di Nebraska Medical Center di Omaha  mengatakan sebagai wajah poker atau wajah batu.

  • Lambat saat nulis

Salah satu tanda awal penyakit parkinson yaitu dikenal dengan bardykinesia merupakan lambat maupun hilangnya gerakan spontan dan rutin. Tulisan tangan, mencuci dan berpakaian merupakan tempat yang umum untuk mengenai tanda bradykinesia.

  • Lengan tidak berayun bebas

Lengan tidak bisa dilentangkan dengan bebas sehingga untuk meraih pas bunga dirak tertinggi pun akan mengalami kesulitan ataupun tidak bisa berayun bebas seperti lengan yang lain.

  • Perubahan suasana hati dan kepribadian

Banyak perubahan kepribadian mengenai dengan parkinson termasuk kecemasan diucapkan dalam situasi baru, depresi, dan penarikan sosial. Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa depresi pada seorang yang sebelumnya tidak mengalaminya yaitu salah satu tanda awal pada kebanyakan penderita parkinson.

  • Hilangnya indra penciuman

Hilangnya bau seringkali diikuti dengan hilangnya rasa. Dopamin yaitu pengantar kimia yang membawa sinyal antara otak, otot, dan syaraf diseluruh tubuh seperti yang memproduksi dopamin sel mati, indra penciuman menjadi terganggu dan pesan seperti isyarat bau tidak sampai.

  • Mengalami masalah berkemih dan sembelit

Tanda awal paling umum dari parkinson dan yang paling diabaikan karena ada banyak kemungkinan penyebabnya yaitu kentut dan sembelit. Hasil dari parkinson yang mulai mempengaruhi sistem syaraf otonom yang mengatur aktivitas otot halus seperti yang bekerja pada kandung kemih. Kandung kemih dan usus dapat menjadi memperlambat proses pencernaan keseluruhan dan kurang sensitif.

  • Nyeri  leher

Nyeri leher suatu tanda yang seringkali terjadi pada wanita setelah mengeluhkan kekakuan dan tremor. Nyeri pada leher akan terus berlanjut tidak seperti kram otot biasa yang hilang setelah 1 atau 2 hari. Pada sebagian orang akan timul rasa kesemutan dan mati rasa.

  • Perubahan suara

Perubahan suara sering menjadi jauh lebih monoton dan lebih lembut ini salah satu tanda yang sering dilupakan dokter yang mendiagnosa penyakit parkinson. Selain itu, otot-otot wajah yang kaku sehingga susah mengatakan sesuatu dengan jelas dan penderita pun mulai mengalai kesulitan membuka mulut.

  • Berkeringat secara berlebihan

Saat parkinson mempengaruhi sistem syaraf otonom maka akan kehilangan kemampuan untuk mengatur tubuh sehingga dapat memicu perubahan pada kelenjar keringat dan kulit. Sebagian orang merasakan berkeringan secara tidak terkendali saat tidak ada alasan jelas seperti kecemasan atau panas. Bagi wanita serangan tersebut kabur dengan gejala menopause dengan istilahnya disebut hiperhidrosis. 

Itulah beberapa tanda-tanda awal penyakit parkinson yang harus diwaspadai, anda harus segera periksakan ke dokter untuk melakukan pengobatan selanjutnya.

By Ana Rediana - Penyakit Sabtu, 12 Agustus 2017 13:20:23

Related Post :
Kesehatan
Melakukan Pertolongan Pertama pada…

Tips pertolongan pertama pada…

Alami
Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi…

Manfaat mengkudu untuk mengatasi…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Alami
Obat Oles Sipilis Tradisional…

Obat Oles Sipilis Qnc…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab dan…

Mengenal gejala penyebab dan…

Obat Kimia
Manfaat Kandungan Amilase Pada…

Manfaat kandungan amilase pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Penyakit
Metode Histerektomi Untuk Mengatasi Kanker Rahim

Metode operasi histerektomi untuk mengatasi…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Cara Mengatasinya

Gejala diabetes tipe 1 memiliki…

Kirim Pertanyaan
Top