Tips Sehat Untuk Ibu Hamil Penderita Penyakit Epilepsi

Share dan Tag Temanmu di :

Tips sehat bagi ibu hamil penderita penyakit epilepsi berikut bisa bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk tetap menjaga tubuh dan kehamilan anda tetap sehat di samping anda rutin mengonsumsi obat epilepsi alami maupun obat generik epilepsi yang di resepkan oleh dokter. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, jangan sampai anda melewatkan informasi yang satu ini.


Tak ada satu wanitapun yang tak ingin memiliki keturunan, termasuk mereka yang tengah mengidap berberapa jenis penyakit seperti halnya epilepsi atau penyakit ayan. Dan yang menjadi pertanyaan, apakah wanita yang menderita epilepsi di perbolehkan hamil? Apakah itu tidak akan membahayakan nyawa sang ibu dan janinnya? Atau mungkinkah bayi beresiko cacat.

Seperti halnya wanita normal pada biasanya, wanita dengan epilepsi juga bisa berhasil menjalani proses kehamilan dan juga persalninan dengan baik. Bahkan bayi yang di lahirkannya pun sehat tanpa ada kelainan atau cacat. Meski sebagiannya lagi memiliki resiko cukup tinggi akibat sebagian penggunaan obat-obatan epilepsi menimbulkan efek samping kecatatan pada bayi.

Hal tersebut seseuai dengan pernyataan Dokter spesialis saraf dari RSUD dr Soetomoyan, dan juga ketua kelompok studi Epilepsi dr. Kurnia Kusumastuti SpS mengatakan, bahwasannya beberapa jenis obat antiepilepsi yang mana memang memberikan resiko cacat ketimbang obat lainnya. Akan tetapi dengan bekerja sama dengan dokter maka resiko cacat pada anak bisa di minimalisir semakasimal mungkin.

Maka dari itu, di perlukan beberapa cara agar penyakit epilepsi yang anda derita tidak menghambat keinginan anda untuk menjalani kehamilan dan bayai yang normal. Dan beberapa cara tersebut diantaranya akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini.

Berbagai tips sehat untuk ibu hamil penderita epilepsi

Bagi anda yang kini tengah menjalani kehamilan dengan penyakit epilepsi, berikut adalah beberapa cara atau tips sehat
yang bisa anda terapkan untuk proses kelacaran kehamilan dan persalinan yang baik.

1. Berkonsultasi dengan dokter

Saat mulai merencanakan kehamilan, wanita dengan epilepsi sangat di sarankan untuk bwerkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saraf. Hal tersebut untuk bertujuan agar dokter dapat memutuskan jenis obat apa yang akan anda konsumsi, dengan hrapan jenis obat tersebut tidak membahayakan janin.

2. Rutin mengonsumsi obat antiepilepsi (OAE)

Wanita hamil dengan penyakit epilepsi juga di sarankan untuk mengonsumsi obat antiepilepsi (OAE) selama proses kehamilan hingga melahirkan, untuk mencegah timbulnya gejala. Biasanya doktter akan memilihkan jenis obat yang aman untuk di konsumsi serta tidak bersiko menyebabkan kecacatan pada janin.

3. Mengonsumsi suplemen asam folat

Asam folat adalah salah satu jenis nutrisi penting yang di butuhkan oleh wanita hamil terlebih yang memiliki kelainanan epilepsi. Hal tersebut di karenakan memang nutrisi yang satu ini memiliki manfaat penting dalam mencegah bayi lahir dengan cacat tulng dan tulang belakang. Pada umumnya, ibu hamil dengan epilepsi akan di beri resep oleh dokter untuk mengonsumsi asam folat dengan dosisi yang cukup tinggi. Selain dari pada itu, bagi anda wanita penderita epilepsi  yang kini tengah mlakukan program kehamilan, maka anda di sarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat tiga bulan semenjak akan berhbungan intim.

4. Menjalani persalinan dengan operasi caesar

Penderita epilepsi sering kal mengalami kejang sehingga menimbulkan beberapa komplikasi saat proses melahirkan.  Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sangat di sarankan sanga ibu untuk memiliki metode persalinan dengan proses operasi caesar. Namun, apabila ibu hamil penderita epilepsi tidak pernah mengalami kejang elama proses kehamilan, maka tidak menutupmkemungkinanan sang ibu tersebut bisa melahirkan bayinya secara normal.

5. Memilih rmah sakit yang tepat

Bagi wanita  hamil yang menderita epilepsi sebaiknya memilih rumah sakit bersalin yang memiliki fasilitias perawatan medis cukup lengkap dan juga terdapat unit perawatan intensif bagi bayi.

6. Memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter

Selama masa kehamilan, usahakan anda juga untuk memeriksakan kandungan anda ke dokter. Hal ini sangat penting untuk memantau perkembangan janin melalui USG.

7. Menerapkan pola hidup sehat

Baik sebelum maupun tengah menjalani proses kehamilan, upayakan untuk selalu menjalani pola hidup sehat. Mulai dari menjaga tubuh, lingkungan sekitar hingga mengonsumsi makanan yang penuh akan nutrisi. Selain itu, upayakan untuk mengonsumsi air putih yang banyak, berolahraga, berfikiran tenang agar terhindar dari stres, beristirahat yang cukup, tidak merokok, tidak mengonsumsi makanan dan minuman yangmengandung alkohol, nikotin, kafein, serta menghindari paparan langsung dari bahan-bahan kimia.

Nah, itulah beberapa tips sehat untuk ibu hamil penderita penyakit epilepsi yang sebaiknya patut di apilkasikan selama proses kehamilan hingga melahirkan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Tips Senin, 14 Agustus 2017 10:39:58

Related Post :
Penyakit
Jenis-Jenis Konjungtivitis Berdasarkan Penyebabnya

Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis dibagi…

Kesehatan
Kerja Shift Malam Bisa…

Ada beberapa perusahaan yang…

Penyakit
Mengenal Jenis Penyakit Yang…

Berikut adalah informasi tentang…

Kesehatan
Ini yang Terjadi Jika…

Daging merang memang diketahui…

Tips
Tips Cara Memilih Minyak…

Mulai dari sekarang jangan…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Mengatasi Otak yang Sedang Malas dengan Minuman Herbal

Tips mengatasi otak yang sedang…

Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara Gagap Secara Alami

Cara efektif menyembuhkan biacara gagap…

Kirim Pertanyaan
Top