Diagnosis Penyakit TBC Dan Cara Pengobatannya

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mengalami batuk dengan dahak yang banyak dan nyeri di bagian dada ketika bernafas? waspadai bisa jadi anda mengidap penyakit TBC. Bila anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya periksakan diri anda pada dokter untuk memastikan apakah gejala yang anda alami merupakan gejala tbc atau gejala penyakit lainnya. Ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit TBC.


Mengenal Penyebab Gejala Dan Pencegahan Penyakit TBC

Sebelum membahas tentang diagnosis penyakit tbc dan cara pengobatannya, sebaiknya ketahui dahulu informasi tentang TBC. Penyakit TBC atau dikenal sebagai tuberculosis ialah salah jenis penyakit yang menular. Penularannya melalui udara dan melalui cairan atau sentuhan.

TBC dapat disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit tbc yaitu orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, petugas medis, orang yang sering minum minuman alkohol, orang yang tinggal di rumah dan lingkungan yang kurang bersih dan penyalahgunaan zat tertentu misalnya narkoba.

Gejala Penyakit TBC

  • Batuk lebih dari dari 3 minggu dan disertai dengan dahak yang banyak.
  • Nyeri di bagian dada ketika bernafas
  • Munculnya keringat dingin berlebihan di malam hari
  • Demam tinggi dan menggigil
  • Menurunnya berat badan
  • Batuk berdarah
  • Urin berwarna merah atau keruh

Cara Mencegah Penyakit TBC

Pencegahan penyakit tbc harus dilakukan sejak dini yaitu dengan melakukan vaksin BCG. Bagi anda yang memiliki buah hati yang masih bayi dan bila usia buah hati anda 1 bulan, maka berikan vaksin BCG pada buah hati anda.

Selain vaksin, pencegahan lainnya penyakit tbc yaitu gunakan ventilasi udara yang baik, gunakan masker saat sedang mengendarai motor, menerapkan pola hidup sehat, kurangi dan berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol,  gunakan masker ketika sedang bersin-bersin dan batuk.

Diagnosis TBC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bila anda mengalami salah satu atau beberapa gejala seperti batuk lebih dari dari 3 minggu dan disertai dengan dahak yang banyak, nyeri di bagian dada ketika bernafas dan munculnya keringat dingin berlebihan di malam hari. Maka sebaiknya periksakan diri anda pada dokter atau pihak medis, guna untuk memastikan apakah anda terdiagnosa penyakit tbc atau penyakit lainnya. Ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan pihak medis untuk mendiagonsis TBC diantaranya:

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan kelenjar getah bening
  • Pemeriksaan sampel dahak
  • Pemeriksaan sampel darah
  • Tes mantoux
  • X-ray atau CT Scan

Pengobatan Penyakit TBC

Penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang menular dan tergolong serius, tapi penyakit ini bisa disembuhkan bila diobati dengan benar. Oleh karena itu, bagi anda yang mengidap sakit tbc kemudian diberikan obat oleh dokter maka minum obat tersebut secara teratur tanpa putus dan harus dihabiskan. Terapi pengobatan dengan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter biasanya berlangsung 6 bulan atau lebih.

Bagi anda yang mengalami penyakit TBC dan diberikan obat oleh dokter maka konsumsi secara teratur obat tersebut. Namun selain dengan pengobatan medis, anda juga bisa melakukan pengobatan alternatif dengan mengkonsumsi obat herbal. Dan kini telah hadir jelly gamat rasa jeruk  bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk penderita penyakit TBC.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 14 Agustus 2017 15:38:18

Related Post :
Manfaat
Kebaikan dan Cara Pengolahan…

Kebaikan dan cara pengolahan…

Alami
Obat Herbal untuk Bantu…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Penyakit
Ketahui Tanda Dan Ciri-Ciri…

Tanda gejala dan ciri-ciri…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Kesehatan
Ini Anjuran Dan Pantangan…

Berikut adalah anjuran dan…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Penebalan…

Berikut adalah penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Varikokel

    0 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes


Penyakit
Pengobatan Konjungtivitis Berdasarkan Jenis Penyebabnya

Konjungtivitis dibagi menjadi 3 jenis…

Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala Usus Turun Pada Pria Dan Wanita

Waspada! inilah berbagai gejala usus…

Penyakit
Gejala Penyebab Penyakit Kulit Dermatitis Kontak

Mengetahui definisi gejala penyebab penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top