Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Sama seperti organ jantung dan paru-paru, agar kedua organ tersebut tidak mengalami gangguan atau masalah kesehatan maka kita harus menjaga kesehatan jantung dan juga paru-paru. Begitupun dengan organ ginjal, kita harus menjaga kesehatan ginjal supaya terhindar dari berbagai macam penyakit ginjal. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang, baik orang yang tidak mempunyai riwayat keluarga pengidap penyakit ginjal maupun orang mempunyai riwayat keluarga yang menderita penyakit ginjal.


Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Jangan membiasakan mengkonsumsi obat-obatan

Saat anda merasakan sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, sakit maag ataupun sakit ringan lainnya, sebaiknya jangan membiasakan minum obat-obatan. Apalagi membeli obat-obatan di apotek tanpa resep dari dokter, sangat tidak dianjurkan. Karena obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh anda dapat mengganggu kerja ginjal.

Bila memang anda ingin mengonsumsi obat untuk meringankan rasa sakit seperti sakit kepala atau meringankan gejala lainnya. Maka konsumsi obat-obatan alami yang berasal dari tumbuhan seperti lidah buaya, kunyit, seledri, jahe dan lainnya. Buatlah ramuan obat sendiri di rumah misalnya dengan minum air rebusan jahe, air rebusan kunyit, dan ramuan obat lainnya. Atau anda bisa mengonsumsi obat herbal yaitu jelly gamat rasa jeruk yang aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Minum cukup air putih

Cara sederhana menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan minum cukup air putih. Terlebih bagi anda yang setiap harinya melakukan aktivitas yang berat, dianjurkan untuk cukup minum air putih. Jangan kurang ataupun banyak minum air putih, tapi cukup minum air putih. Perlu anda ketahui bahwa bahaya akibat kurang minum air putih salah satunya adalah akan mengalami masalah pada ginjal.

Berhenti merokok dan minum minuman alkohol


Agar organ ginjal tetap sehat maka kurangi dan berhenti kebiasaan merokok. Selain itu berhenti pula minum minuman alkohol. Karena merokok dan minum minuman alkohol bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat mengganggu kerja ginjal dan ginjal pun tidak dapat berfungsi secara optimal. Bila hal ini terjadi maka dapat mengakibatkan terjadinya gangguan ginjal.

Kontrol tekanan darah dan kandungan kolesterol


Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bisa memicu penyakit kronis lain salah satunya yaitu penyakit ginjal. Oleh karena itu bagi anda yang mengidap tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi atau menderita keduanya, maka kontrol tekanan darah dan kolesterol yang anda derita.

Rutin melakukan check up

Rutin melakukan check up tidak hanya dilakukan oleh orang yang mengidap penyakit saja, tapi juga bisa dilakukan oleh orang yang sehat. Dengan rutin check up maka bisa terdeteksi secara dini apakah organ-organ tubuh anda berfungsi normal atau tidak, termasuk organ ginjal.

Rutin olahraga

Berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sudah diketahui oleh setiap orang. Dan salah satu manfaatnya yaitu membuat tubuh menjadi sehat. Bila kondisi tubuh sehat, maka beban ginjal pun tidak akan berat sehingga bisa terhindar dari resiko penyakit ginjal.

Jangan mengonsumsi protein hewani yang terlalu banyak


Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya yaitu jangan mengonsumsi protein hewani terlalu banyak di setiap harinya karena dapat menyebabkan kinerja metabolisme pada ginjal jadi tersendat dan berat. Bila ginjal mengalami kerusakan di dalam jaringannya maka ginjal pun tidak akan berfungsi secara optimal. Bila anda suka mengonsumsi protein hewani, konsumsilah dengan sewajarnya saja jangan terlalu banyak.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Pada umumnya menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal harus menerapkan pola makan sehat. Untuk menjaga kesehatan ginjal ada jenis makanan untuk  menjaga kesehatan ginjal diantaranya buah-buahan seperti apel, blueberry, jeruk, strawberry, delima, ceri, buah naga, jeruk dan buah-buahan lainnya. Selain itu konsumsi juga sayur-sayuran seperti mentimun, wortel, paprika merah, asparagus, buncis, kol dan lainnya.  

Setelah mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal, diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan tubuh secara menyeluruh dengan menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan pola makan sehat.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 15 Agustus 2017 10:34:46

Related Post :
Kulit
Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat…

Faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Pencegahan asam urat tinggi…

Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Obat Panas Dalam Alami…

obat panas dalam alami…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu…

Selain dengan cara medis,…

Tips
Trik Mendampingi Anggota Keluarga…

Mengetahui jika ada salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Vertigo

Selain mengkonsumsi obat dari dokter,…

Kirim Pertanyaan
Top