Manfaat Dan Kandungan Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Kemangi yang memiliki nama latin O. basilicum var. anisatumBenth memiliki kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Hal tersebut membuat kemangi memberikan aroma yang khas. Kemangi sering digunakan kebanyakan masyarakat sebagai lalapan dan bumbu makanan. Kemangi sebagai lalapan sering disajikan bersama mentimun, kol, dan sambal dalam menu ikan atau ayam.



Rumah makan, restoran lesehan, atau warteg biasanya selalu menyediakan kemangi. Masyarakat Minangkabau contohnya, menggunakan kemangi untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas). Hal serupa juga bisa ditemui pada masakan masyarakat Sunda yang menyebut kemangi dengan surawung.

Di Pulau Jawa, kemangi atau surawung ditanam di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di kebun-kebun, di lapangan, dan di huma-huma. Tidak ada keterangan yang jelas dan lengkap tanaman kemangi ini berasal dari daerah atau negara mana.


Pemanfaatan kemangi di beberapa tempat berbeda-beda walupun kebanyakan sebagai lalapan atau bumbu masak. Pada jaman dulu, negara Perancis dan Italia memanfaatkan kemangi sebagai tanaman kerajaan dan pernah dipilih sebagai alat untuk menyatakan cinta seperti bunga mawar pada jaman sekarang. Di tempat lain yaitu di India, kemangi sering digunakan dalam upacara keagamaan.

Banyak negara lainnya menggunakan kemangi sebagai obat tradisional. Di Cina, kemangi dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, demam, infeksi, gigitan ular, serangga, dan juga sebagai obat kanker. Penggunaan sebagai obat tradisional juga dimanfaatkan di negara Filipina, Tanzania, Yunani, Meksiko, dan negara-negara Asia, Amerika, dan Eropa lainnya.

Berikut akan kami uraikan kandungan dan manfaat kemangi:


-Betakaroten. Kemangi kaya akan betakaroten yang berfungsi menajamkan dan mencegah kerusakan mata terutama pada retina mata. Betakaroten diolah oleh tubuh menjadi vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata.
-Magnesium. Zat lain dalam kemangi yaitu magnesium yang merupakan salah satu mineral sangat penting karena berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel-sel tulang, sehingga tulang menjadi kuat dan tahan akan pelapukan.
-Sitral dan Minyak Atsiri. Zat ini bermanfaat untuk mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengonsumsi kemangi sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok (makanan khas Sunda) dan lain-lain.
-Arginine. Zat ini berguna untuk memperkuat ketahanan hidup sperma dalam membuahi indung telur, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Zat ini juga mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen yang berfungsi untuk kesuburan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan merangsang produksi ASI pada wanita.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 15 Juli 2016 15:48:32

Manfaat Dan Kandungan Daun Kemangi Untuk Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kemangi yang memiliki nama latin O. basilicum var. anisatumBenth memiliki kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Hal tersebut membuat kemangi memberikan aroma yang khas. Kemangi sering digunakan kebanyakan masyarakat sebagai lalapan dan bumbu makanan. Kemangi sebagai lalapan sering disajikan bersama mentimun, kol, dan sambal dalam menu ikan atau ayam.
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat jeruk nipis…

Manfaat
Khasiat Kopi Untuk Mengurangi Depresi Pada Perempuan

Selain dapat menghilangkan rasa kantuk…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Tepung Jagung Untuk Penderita Celiac

Kandungan dan Manfaat Tepung Jagung…

Tambah Pertanyaan
Top