Komplikasi Penyakit Epilepsi Pada Anak Hingga Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Komplikasi penyakit epilepsi sebaiknya perlu anda waspadai. Hal trsebut di karenakan berbagai komplikasi tersebut dapat membahayakan nyawa penderita. Lalu, apa saja yang termasuk komplikasi dari penyakit ini? simak selengkapnya hanya disini ya!


Epilepsi atau penyakit ayan adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara berulang. Penyabab epilepsi sendiri hingga kini belum di ketahui secara pasti. Namun adanya keruksakan dan perubahan struktur dalam otak di ketahui sebagai penyebab pada sebagian kasus epilepsi.

Adapun gejala epilepsi sendiri yang utama adalah timbulnya kejang. Meski gejala tersebut sama persis dengan kejang demam, namun perbedaan penyakit epilepsi dan kejang demam jelaslah berbeda. Adapun kejang pada epilepsi sendiri di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Kejang parsial: Terjadi akibat otak mengalami gangguan hanya sebagian saja. Kejang ini di bedakan menjadi 2 jenis yaitu kejang parsial simpel (tanpa hilangnya kesadaran) dan juga kejang parsial kompleks (tergantung bagian otak mana yang mengalami gangguan). Adapun ciri-ciri dari kejang ini adalah pandangan kosong, menelan, mengunyah atau menggosok-gosokan tangan.
  • Kejang umum: adalah kejang menyekluruh dengan gejala terjadi pada sekujur tubuh yang di sebabakan oleh gangguan yang berdampak pada seluruh bagian otak. Adapun beberapa di antara gejalanya adalah mata tyang terbuka saat kejang, kejang tonik (tubuh yang menjadi kaku selama beberapa detik  yang bisasnya di ikuti dengan gerakan-gerakan ritmis pada lengan atau kaki), mengalami kejang klonik, mengompol, kesulitan bernapas, hngga membuat penderita benar-benar tidak sadarkan diri.

Ada baiknya jika penderita epilepsi mengalami kejang, ada bainya segera berikan pertolongan pertama pada penderita epilepsi yang tepat.

Berbagai komplikasi penyakit epilepsi pada anak, dewasa dan ibu hamil

Terdapat beberapa alasan mengapa penderita epilepsi yang tengah mengalami kejang-kejang perlu mendapatkan penanganan yang secepatnya. Hal tersebut di karenakan bertujuan untuk menghindari berbagai komplikasi dan siatuasi yang dapat membahayakan kondisi penderitanya. Seperti halnya terjatuh, tenggelam atau mengalami kecelakaan saat hendak berkendara akibat kejang.

Bahkan selain dari pada itu, komplikasi epilepsi berupa masalah kesehatan metal yang muncul akibat epilepsi juga tidak boleh di anggap enteng.  Sebab penderita bisa saja mencoba bunuh diri akibat merasa depresi dan stres berat dengan kondisinya tersebut ataupun di karenakan efek samping dari pada obat anti-epilepsi yang di konsumsi. Dalam hal ini, keluarga serta orang-orang terdekat dengan penderita sangat di butuhkan untuk memberikan dukungan dan semangat kepadanya.

Adapun dalam kasus yang jarang terjadi, epilepsi juga dapat menimbulkan komplikasi berupa status epileptikus. Adapun status epilepsatikus ini sendiri  adalah kondisi pada saat penderita engalami kejang dengan durasi lebih dari pada 5 menit atau serangkaian pendek. Biasanya penderita sattus epileptikus ini berada dalam keadaan benar-benar tidak sadar pada saat serangkaian kejang pendek sekali. Bahkan status epileptikus dapat menyebabkan keruksakan pada otak secara permanen bahkan kematian.

Kematian mendadak juga merupakan salah satu komplikasi dari epilepsi. Hingga pada saat ini kematian mendadak pada penderita peilepsi belum di ketahui secara pasti. Banyak dari para ahli yang menyatakan bahwasannya hal tersebut berkaitan dengan dengan kondisi jantung dan pernapasan penderita.

Adapun bagi ibu hamil, tidak dapat di pungkiri jika epilepsi cukup berbahaya bagi kehamilan. Hal tersebut d karenakan kejang yang di alami oleh iibu hamil penderita epilepsi dapat berpotensi membahayakan janin yang tengah di kandungnya sekaligus mengancam nyawa sang ibu. Selain dari pada itu, beberapa jenis obat-obatan anti epilepsi juga beresiko tinggi pada janin mengalami kecacatan.

Namun, bagi penderita epilepsi yang ingin menjalani program hamil, jangan takut. Konsultasikan terlebih dahulu dan lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Karena banyak dari pada wanita yang menderita epilepsi menjalani kehamilan dan proses persalinan normal dan si anakpun sehat.

Nah, itulah berbagai jneis komplikasi penyakit epilepsi atau ayan yang sebaiknya anda waspadai. Adapun untuk mencegahnya, ada baiknya jika anda memberikan perhatian yang lebih dan juga memberikan penanganan yang cukup intensif, seperti halnya memberikan jelly gamat rasa jeruk, yang mana merupakan salah satu jenis obat epilepsi tradisional yang aman untuk di konsumsi oleh anak, dewasa maupun ibu hamil. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 16 Agustus 2017 10:55:00

Related Post :
Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi…

Selain telur bebek dan…

Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab…

Mengetahui 4 kebiasaan buruk…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Tak hanya sebagai pewarna…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Makanan sehat untuk penderita…

Kesehatan
Tes Untuk Mendiagnosa HIV…

Jika Anda mempunyai risiko…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak…

Informasi tentang temulawak, kandungan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Penyakit
Berbagai Penyebab Nyeri Dada Selain Penyakit Jantung

Selain karena penyakit jantung, penyebab…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Ginjal Serta Gejala Dan Pengobatannya

Jenis-jenis penyakit ginjal beserta penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top