Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Sama seperti beberapa jenis penyakit lainnya, ada anjuran dan pantangan makanannya. Begitu pun bagi penderita batu ginjal tidak boleh mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangannya. Karena tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Oleh karena itu pantangan makanan bagi penderita batu ginjal harus benar-benar dihindari oleh penderita batu ginjal.


Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal

Makanan yang mengandung oksalat

Pantangan makanan bagi penderita batu ginjal yaitu makanan yang mengandung oksalat tinggi. Daftar makanan yang mengandung oksalat tinggi yaitu kacang mede, almond, produk kedelai, bayam, bit, okra, coklat, tomat, yogurt kedelai, sereal, biji wijen, bincis, blueberry dan lain-lain. Bagi anda yang menderita batu ginjal sering mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat, sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut.

Produk susu

Mengonsumsi susu dan produk olahan susu  seperti keju dan yogurt dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Namun tidak bagi penderita batu ginjal, karena penderita penyakit ini tidak boleh mengonsumsi susu dan produk olahan susu. Atau batasilah mengonsumsi susu dan produk olahan susu. Lebih baik konsumsi air putih.

Sayuran hijau gelap

Bagi sebagian orang adalah dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau gelap agar tubuh semakin sehat. Namun tidak untuk penderita batu ginjal, justru penderita penyakit ini harus menghindari konsumsi makanan sayuran hijau gelap karena jenis makanan ini mengandung oksalat tinggi yang dapat menyebabkan penumpukkan jumlah kalsium di dalam tubuh. Hal ini tentu berbahaya bagi penderita batu ginjal.

Daftar sayuran hijau gelap yang tidak boleh dikonsumsi penderita batu ginjal yaitu sawi hijau, daun pepaya, boy choy, bayam, kacang panjang, dan jenis sayuran hijau lainnya.

Makanan yang mengandung garam tinggi

Bahaya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi yaitu tidak hanya dapat memicu tekanan darah tinggi, tapi juga berbahaya bagi kesehatan ginjal. Sehingga bagi anda yang mengidap batu ginjal harus membatasi bahkan harus menghindari makanan yang mengandung banyak garam sosis, nugget, makanan kaleng, mie instan, dan lain-lain.

Makanan yang mengandung vitamin C

Setiap orang harus mencukupi kebutuhan asupan vitamin C. Namun jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C secara berlebihan atau banyak maka dapat menyebabkan batu ginjal dan memperparah kondisi batu ginjal. Oleh karena itu, bagi anda yang suka mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tapi anda menderitabatu ginjal, maka sebaiknya batasi konsumsi jenis makanan ini.

Daftar makanan yang mengandung vitamin C yaitu jeruk, jambu biji, leci, nanas, markisa, belimbung, pir, edamame, labi, lobak, brokoli, kembal kol, kale, kubis dan lain-lain.

Pemanis buatan

Penderita batu ginjal juga harus menghindari pemanis buatan. Karena pemanis buatan memiliki bahan kimia yang bisa menyebabkan batu ginjal dan penyakit ginjal lain. Bila memang anda suka dengan makanan atau minuman manis, maka anda bisa menggantinya dengan tebu atau madu yang lebih alami.

Daging merah

Selain membatasi konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, penderita batu ginjal juga harus membatasi  daging merah. Sebab jenis bila penderita penyakit ini masih mengkonsumsi daging merah secara berlebihan maupun sering maka dapat memperburuk kondisi penderita batu ginjal.  Oleh karena itu, batasi dan hindari konsumsi daging merah.

Selain makanan, ada pantangan minuman bagi penderita batu ginjal yaitu kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi seperti minuman soda, jus kemasan dan minuman berenergi.

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang dapat diobati. Tapi bila penderita masih mengonsumsi makanan yang menjadi pantangannya dan tanpa melakukan pengobatan yang tepat, maka akan memperparah batu ginjal. Sehingga bagi anda yang mengidap batu ginjal harus melakukan pengobatan yang tepat baik pengobatan medis maupun pengobatan alternatif lainnya yaitu dengan mengkonsumsi jelly gamat rasa jeruk. Selain pengobatan, penderita batu ginjal juga harus mengkonsumsi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ini. Dan hindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 19 Agustus 2017 11:35:13

Related Post :
Penyakit
Waspadai Bahaya Dan Komplikasi…

Berikut adalah berbagai bahaya…

Manfaat
Manfaat Black Garlic Si…

Berikut adalah berbagai manfaat…

Kesehatan
Cemilan Sehat Rendah Gula…

Cemilan sehat rendah gula…

Penyakit
Waspadai Penyebab Sering Sakit…

Waspadai penyebab sering sakit…

Manfaat
Inilah Khasiat Menakjubkan Kunyit…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Pilihan Menu Sahur yang…

Agar penyakit maag tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ingin Tetap Sehat dan Awet Muda ? Konsumsi Makanan Ini !

Meskipun makanan tidak benar-benar bisa…

Kesehatan
Fakta Tentang Kutu Rambut Yang Perlu Diketahui

Kutu rambut adalah parasit yang…

Kesehatan
Mengenal Ciri-Ciri Pria Mandul Dan Berbagai Penyebabnya

Berikut adalah ciri-ciri pria mandul…

Kirim Pertanyaan
Top