Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya ginseng, manfaat daun ginseng juga ternyata memiliki beragam kebaikan bagi kesehatan kita. Namun, hal ini nyatanya masih kurang di ketahui oleh masyarakat. Bagi anda yang ingin memanfaatkan daun ginseng untuk kesehatan anda, ada baiknya jika anda tidask melewatkan informasi berikut ini.


Tak sedikit masyarakat yang mengetahui bahwasannya ginseng berasal dari korea. Padahal tak hanya itu, banyak sekali jenis tanaman ginseng yang ada di pasaran. Hal tersebut berawal dari salah seorang bitanis ternama bernama C.S Meyer yang memberi nama sebuah tanaman ginseng korea dengan sebutan panax Ginseng, yang mana pan artinya semua dan ax di ambil daripada kata axos yang berarti obat. Sehingga dapat di artikan ginseng yang berasal dari korea di sebut dengan obat segala penyakit.

Adapun beberapa jenis tanaman ginseng yang telah di akui olh herbalis dunia adalah sebagai berikut:

  • Ginseng korea/Cina : Panax ginseng (araliaceae)


  • Ginseng jepang: Panax japonicum (Araliaceae)


  • Ginseng amerika: Panax quinquefolius (Araliaceae)


  • Ginseng Himalaya : Panax pseudogingseng (Araliaceae)


  • Ginseng sirebia: Eleutherococcus senticocus (Araliaceae)


  • Ginseng padang pasir : Rumex hymenosepalus (polygonaceae)


  • Ginseng jawa : Talinum paniculatum (Portulacaceae)


Khasiat dan manfaat daun ginseng bagi kesehatan

Di China sendiri, tanaman ini di anggap sebagai tanaman yang ajaib. Semakin tua usia ginseng maka semakin baik pula untuk meningkatkan daya tahan tubuh  dan kaitannya dengan mental seiorang manusia. Selain mampu meningkatkan stamina hingga menstabilkan fisiologis tubuh.

Namun, yang akan kami bahas disini bukan seputar manfaat ginseng melainkan manfaat daunnya. Ya, di lansir dari beberapa sumber terpercaya ternyata daun ginseng memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bahkan beberapa diantaranya telah  berhasil di uji oleh tim peneliti.

Adapun berbagai khasiat daun ginseng pada umumnya adalah sebagai berikut:

1. Kandungan antioksidannya tinggi

Radikal bebas adalah salah satu faktor yang menyebabkan tubuh terserang berbagai jenis penyakit.  Dan ini adalah awal mula sakit terjadi. Adapun sel pada jaringan yang rusdak dapat menyebabaklan berbagai masalah kesehatan seperti ateroklerosis, jantung, stroke, gagal ginjal dan penuaan dini.

Nah, pada daun ginseng sendiri terkanduing senyawa flavonoid yang mana merupakan salah satu jenis antioksidan tertinggi. Begitu juga dengan senyawa genoliknya yang juga mengandung manfaat antioksidan alami. Adapun senyawa antioksidan dai fenolik ini memiliki beberapa peran, diantaranya seperti mampu mereduksi, menangkap radikal bebas dan juga sebagai peredam terbentuknya oksigen singlet.

2. Mencegah alzheimer

Manfaat dari daun ginseng yang di makan mentah, melalui proses pemasakan terlebih dahulu, atau di seduh menjadi teh herbal juga ternyata juga dapat di jadikan sebagai obat alzheimer alami yang berperan untuk mencegah penyakit alzheimer jika di konsumsi secara teratur.

3. Mencegah iskemia jantung

Pada ektrak daun ginseng di ketahui memiliki efek pada sistem jantung serta pembuluh darah yang  dapat mencegah iskemia. Iskemia sendiri merupakan gejala menurunnya aliran darah pada sel yang menyebabkan  perubahan secara fungsional.

4. Memiliki efek anti-kanker

Salah satu efek farmakologi penting yang di miliki daun ginseng adalah efek antikankert. Efek anti-kanker ini di temukan dalam ekstrak daun guinseng China. Penemuan ini di temukan setelah efek terapi polisakarida asam dari daun ginseng china mulai di tingkatkan. Hal tersebut berguna untuk megnurangi dampak negatif dari komplikasi hematopoietik yang di sebabkan oleh penderita kanker yang menjalani kemoterapi sistemik atau terapi radiasi.

Polisakarida asam sendiri mampu menjadi agen immunotropik yang amapuh untuk meningkatkan imunitas. Selain itu, kandungan ini huga mampu bersifat sebagai obat anti-kanker untuk mengobati pasien kanker urologis. Begitu pula pada ekstrak dun ginseng India  (Ashwagandha) yang juga memiliki aktiviotas anti-kanker.

Kandungan saponin dari panax ginseng ini pada daunnya juga di lindungi oleh siklofosfamid yang biasa di gunakan untuk senyawa anti-kanker). Hal tersebut di buktikan dalam sebuah penelitian dimana hewan coba di induksi genotoxicity dan apopotosis dalam sel sumsum tulang dan limfosit parifer pada tikus. Kemudian di temukan ekkstrak daun gineng sebagai obat kanker.

5. Mengobati diabetes

Pada sepertiga penderita diabetes menggunakan suplemen makana atau obat-obatan alternatif. Dan dalam sebuah penelitian, daun ginseng ternyata bisa di manfaatkan menjadi obat alami diabetes karena terkandung efek anti-diabetes di dalamnya. Adapun efek anti-diabates atau efek anti-hiperglikemia ini pada umumnya di temukan pada daun ginseng china dan amerika. Hal tersebut telah melalui proses penelitian yang mana pengujian ekstraknya dapat mengurangi hiperglikmia. Bahkan ekstrak daun ginseng dan akarnya dapat meningkatkan kemampuan pada sekresi glukosa untuk insulin dalam darah.

6. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang kini memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, daun ginsng bisa menjadi salah satu solusi alternatifnya. Hal tersebut lantaran dalam ekstrak daun ginseng Amerika dan china memiliki aktivitas anti-obesitas, yang mana menurut penelitian sangat signikan dapat mengurangi berat badan pada orang dewasa. Obesiatas sendiri adalah salah satu  gangguan medis yang cukup serius katerena dapat berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya seperti jantung, hipertensi dan juga diabetes.

7. Mencegah penuaan dini

Pada sebuah uji klinis menunjukkan bahwasannya formula obat yang mengandungmanfaat daun ginseng china mampu meningkatkan berbagai gejala yang berhubungan dengan penuaan. Hal tersebut di sebabkan kantaran daun ginseng China memiliki fungsi kekebalan tubuh dan hormon hingga mencegah adanya radikal bebas ke dalam tubuh.

Adapun cara pengolahan daun ginseng biasanya di jadikan sebagai sayuran, di hidangkan sebagai masakan yang di campur dengan sayuran lainnya ataupun di jadikan sebagai teh herbal. Pada umumnya daun ginseng tidak bisa di disimpan dalam waktu yang cukup lama karena sangat mudah membusuk. Adapun untuk penyimpanan yang cukup lama, daun ginseng biasanya di petik bersama tangkai, kemudian di simpan di dalam wadah yang di genangi air agar daun tetap segar. Untuk di konsumsi, daun bisa bertahan kesegarannya 2-3 hari dalam suhu ruangan.

Nah, itulah khasiat dan manfaat daun ginseng bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat anda manfaatkan untuk kesehatan anda ya!

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 19 Agustus 2017 11:36:29

Related Post :
Alami
Obat Kista Bartholin Alami…

Obat kista bartholin alami…

Manfaat
Manfaat Menakjubkan Kacang Pecan…

Meskipun tidak sepopuler jenis…

Penyakit
Mengenal Aneurisma Otak penyakit…

Aneurisma otak yang dialami…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Penyakit
Penyebab dan Faktor Risiko…

Penyebab Dan faktor resiko…

Kesehatan
Kulit Kepala Berkerak Seperti…

Kulit kepala berkerak seperti…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga memiliki manfaat yang…

Manfaat
Manfaat
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat buah semangka untuk kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top