Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Biasanya wanita selalu merasa panik ketika mendapati adanya benjolan di payudara. Benjolan di payudara memang menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Namun, perlu diketahui, bahwa tidak semua benjolan adalah kanker. Karena terdapat penyebab lain yang memicu timbulnya benjolan, salah satunya tumor jinak. 


Tumor dan kanker sering kali disalah artikan sebagai penyakit jinak dan ganas. Tumor merupakan penyakit jinak, sedangkan kanker termasuk penyakit ganas. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, berikut ini merupakan beberapa perbedaan tumor dan kanker payudara yang harus diketahui, diantaranya adalah :

Istilah 

  • Tumor

Tumor berasal dari bahasa latin "tumere" yang artinya bengkak. Tumor merupakan benjolan pada tubuh yang tidak semestinya. Dari pertumbuhan sel tumor ini, muncullah sifat-sifat tertentu yang membedakan antara tumor jinak dan ganas. 

  • Kanker

Kanker berasal dari bahasa latin, yaitu 'cancri' yang artinya adalah kepiting. Ini disebabkan karena orang pada zaman dahulu melihat bahwa pembuluh darah yang mengelilingi tumor kanker tampak seperti jepit dan kaki kepiting. Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh mutasi materi genetik sel karena terganggunya kontrol regulasi pertumbuhan sel-sel normal. Sel ini tidak mengenal program kemarian sel yang disebut apoptois. Apoptois yaitu mekanisme bunuh diri sel yang sudah tua sehingga tidak memenuhi anggota tubuh. Karena itulah sel ini akan semakin banyak dan menjadi benjolan yang disebut dengan tumor. 

Gejala penyakit

  • Benjolan tumor lebih lunak

Benjolan kanker biasanya hanya di satu sisi payudara dan keras. Namun, jika benjolan tersebut bisa berpindah-pindah, maka itu merupakan kista. Kista ini bisa juga diartikan sebagai tumor yang isinya cairan. Ketika diraba, benjolan tumor ini biasanya terasa lebih lunak. Umumnya tumor jinak ini tidak lebih berbahaya dari kanker karena tidak menyebabkan kegagalan organ yang ditumbuhinya. 

  • Benjolan kanker terasa lebih keras

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, benjolan para kanker akan terasa lebih keras dan pinggirannya tidak rata. Selain itu akan terasa sakit jika ditekan. Gejala kanker payudara diawali dengan perubahan bentuk puting payudara, payudara terasa sakit meskipun tidak sedang menstruasi, keluar cairan berwarna bening, merah, coklat, atau kuning dari puting, payudara kemerahan, bengkaka, kulit iritasi, timbul rasa gatal dan ruam di payudara tanpa alasan yang jelas, terdapat pembengkakan atau timbul benjolan di sekitar tulang selangka atau di bawah ketiak. 

Benjolan kanker yang sudah berkembang lebih lanjut bisa menyebabkan perubahan di permukaan payudara. Seperti puting payudara jadi tertarik ke dalam karena terjadinya infiltrasi. Menurut informasi dari dokter walta, secara statistik kanker stadium 1 ditandai dengan benjolan berukuran 2 cm dengan peluang kesembuhan 100%. Jika sudah mencapai kanker stadium 2, peluang kesembuhannya mencapai 80%. Kanker yang sudah mencapai stadium 3 memiliki peluang sembuh 60%, sedangkan jika sudah mencapai stadium 4 maka tingkat kesembuhannya hanya 20%. 

Potensi penyebaran sel

Tumor jinak merupakan benjolan yang padat, sedangkan tumor ganas atau kankaer pertumbuhannya tidak terkendali dianatara sel-sel normal. Tumor jinak sebenarnya tidak membahayakan tubuh, namun jika tumor tersebut tumbuh membesar, maka bisa menekan jaringan di sekitarnya, sehingga terasa nyeri dan mempengaruhi bentuk paydara. 

Tindakan

Berbeda dengan kanker, pada pengobatan tumor payudara dengan metode operasi tidak perlu dilakukan pengangkatan payudara. Pada kasus kanker pun, pengangkatan payudara atau masektomi disesuaikan dengan stadium penyakitnya. Masektomi dilakukan untuk mencegah pertumbuhan kembali sel kanker di payudara dan menyebar ke organ lain. 

Lama pengobatan

Pengobatan tumor jinak di payudara tidak memerlukan waktu yang panjang. Setelah operasi dilakukan, maka masalah tummor jinak selesai. Sedangkan pada pengobatan kanker, pasien tidak cukup hanya menjalani operasi, tetapi juga harus mengonsumsi obat-obatan hingga menjalani berbagai macam terapi untuk membantu membunuh sel kanker. 

Setelah melakukan operasi tumor jinak ataupun ganas, maka pasien disarankan untuk menjalankan pola hidup sehat agar tumor tidak kembali tumbuh. 

Itulah beberapa perbedaan tumor dan kanker payudara yang perlu diketahui. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, maka diharapkan agar para wanita tidak terlebih dahulu merasa panik ketika menemukan adanya benjolan dipayudara. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti serta tindakan yang diperlukan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 19 Agustus 2017 11:36:51

Related Post :
Alami
Obat Luka Caesar Yang…

Obat luka caesar alami…

Kesehatan
Dampak Buruk Jika Terlalu…

Dampak buruk jika terlalu…

Tips
Cara Mudah Cegah Perut…

Jika Anda sering mengalami…

Kesehatan
Metode Diet Baru Isi…

Saat ini ada banyak…

Kesehatan
Jangan Coba! Ini Bahaya…

Sabu termasuk salah satu…

Manfaat
Kenali Manfaat Kacang Hazelnut…

Tidak hanya mengetahuinya aja,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Suka Minum Bubble Tea? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini!

Dibalik rasanya yang manis, segar,…

Kesehatan
Inilah Penyebab Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur

Berikut adalah informasi tentang penyebab…

Kesehatan
Mengenal Vaksin MMR (Mumps Measles Rubella)

Mengenal vaksin atau imunisasi MMR…

Kirim Pertanyaan
Top