Cara Mengobati Telinga Bernanah Pada Bayi Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati telinga bernanah (otitis media) pada bayi adalah salah satu hal yang ternyata masih jarang di ketahui terutama oleh para bunda. Hal tersebut di karenakan memang kondisi ini banyak di jumpai pada orang dewasa. Namun nyatanya masalah telinga bernanah ini juga terkadang juga dapat di alami oleh bayi.


Pada umumnya masalah telinga bernanah pada bayi maupun anak-anak ini adalah di karenakan adanya infeksi pada saluran pernapasan atas. Cairan dari saluran napas ini akan tertumpuk di telinga tengah melalui sebuah saluran yang di sebut dengan pipa eustachius, yang kemudian menciptakan suatu wadah yang sempurna untuk kuman dan virus berkembang biak. Tak jarang kondisi tersebut menyebabakan infeksi pada telinga bagian tengah hingga menimbulkan cairan yang keluar dari dalam telinga.

Adapun gejala yang menunjukkan jika si kecil tengah mengalami infeksi gendang telinga akut adalah rasa sakit pada telinga, lesu, anak menjadi mudah kesal, menangis, tidak mau makan, resah bahkan terkadang anak juga mengalami demam dan juga muntah-muntah.

Cara mengobati telinga bernanah pada bayi secara alami dan aman

Ada beberapa hal yang perlu di lakukan orang tua pada saat mendapati si kecil mengalami telinga bernanah. Salah satunya adalah membawa bayi pada dokter spesialis THT. Hal tersebut adalah langkah cepat yang bisa anda lakuka untuk mengobatio penyakit telinga bernanah pada bayi anda, Karrena dokter akan langsung menangani serta memberikan obat untuk mengatasinya.

Namun, apabila bunda telah mengetahui berbagai faktor penyebab telinga bernanah yang kemungkinan di alami oleh bayi anda, anda bisa langsung mengatasinya sendiri di rumahdengan memanfaatkan beberapa bahan alami berkhasiat yang ada di rumah sEperti beberapa cara di bawah ini.

1. Mengompres telinga bagian luar

Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit. Namun sbaiknya di lakukan dengan penuh kehati-hatian sehingga air tidak menetes ke dalam telinga.

2. Memberikan obat tetes telinga dari rebusan bawang putih

Tak hanya di beli fdi apotik, ternyata obat tetes telinga antbiotik juga bisa kita buat salah satunya dari rebusan bawang putih. Hal tersebut lantaran bawang putih sendiri memiliki siafat antibbiotik yang jelas jika di gunakan pada si kecil. Sehingga mampu membantu mengatasi infeksi pada telinga bayi anda sehingga cepat berkurang.

Adapun untuk pembuatannya sendiri adalah dengan merebusa beberapa siungh bawang putih dalam air mendidih beberapa saat lalu angkat. Kemudian setelah dingin, anda bisa gunakan air rebusan bawang putih tersebut  untuk menetesi telinga bayi anda. Jangan sampai si  tetesan air tersebut sampai keluar dari telinga. Jika perlu, tutup telinga bayi anda.

3. Uap minyak eucaluiptus dan minyak lavender

Uap ini sendiri di peroleh dari campuran minyak eucaliptus dan minyak lavender di dalam air yang mendidih. Setelah itu tutup kepala bayi anda dengan handuk dan arahkan uap panas tadi secara pelan-pelan.

Tentu cara ini harus di lakukan secara hati-hati, mengingat bayi anda bisa saja mengalami rasa panas ang berlebihan. Patikan semua bagian kepala mulai dari mata, hidung dan telinga terkena uap panas ini.

4. Pengobatan alami lainnya

Selain dengan menggunakan obat tetes telinga alami dari bawang putih dan juga uap alami minyak eucaliptus dan minyak lavender, Bahan alami lainnya yang bisa anda  manfaatkan adalah dengan menggunakan manfaat teripang emas. Adapun bahan alami dari laut ini cukup efektif untuk di jadikan pengobatan dari dalam. Hal tersebut karena di dalamnya mengandung antiseptik alami yang di percaya sangat aman dan efektif mengatasi masalah telinga bernanah terutama pada bayi.

Namun,  anda sekarang tak usah repot untuk membeli dan mengolahnya terlebih dahulu. Karena kini bahan alami yang satu ini telah banyak di kemas sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Dan adapun salah satu produk terbaik olahan teripang emas adalah jelly gamat rasa jeruk yang tentu rasanya akan di sukai oleh anak-anak.

Adapun untuk mencegah terjadinya telinga bernanah pada bayi, ada baiknya anda melakukan beberapa pencegahan sejak dini, seperti:

  • Jagalah kebersihan telinga bayi anda dengan rajin membersihkannya.
  • Gunakan tongkat berkapas yang pendek dan halus sehingga tidak menyakit telinga bayi.
  • Jangan membersihkan telinga dalam bayi, cukup bersihkan telinga luar sehingga kotoran tidak akan masuk sampai telinga bagian tengah.
  • Pastikan bayi mengonsumsi ASI atau air putih yang cukup.
  • Jika anda tidak mampu untuk membersihkan telinga si kecil, ada baiknya bawa si kecil ke dokter spesialis, dan minta dokter untuk membersihkan telinga bayi anda.

Nah, itulah beberapa cara mengobati telinga bernanah pada bayi secara alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda. Semoga lekas sembuh!

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Sabtu, 19 Agustus 2017 16:08:47

Related Post :
Obat Kimia
Obat Hydrochlorothiazide Untuk Meningkatkan…

Hydrochlorothiazide merupakan obat diuretik…

Kesehatan
Sebaiknya Hindari Gerakan Yoga…

Melakukan yoga memang baik…

Penyakit
Berbagai Penyebab Telinga Bernanah…

Berikut adalah berbagai faktor…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyakit hepatitis,…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa…

Banyak yang berpendapat bahwa…

Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Berbagai cara penanganan asma pada…

Ibu Dan Anak
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Hal yang harus dilakukan saat…

Ibu Dan Anak
Jenis Makanan Untuk Demam Berdarah Pada Anak

Jenis makanan untuk demam berdarah…

Kirim Pertanyaan
Top