Pantangan Dan Makanan Sehat Untuk Penderita Epilepsi

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan dan makanan sehat untuk penderita epilepsi ada baiknya di ketahui terutama oleh penderita epilepsi itu sendiri. Karena ternyata makanan juga ikut ambil dalam kekambuhan gejala epilepsi. Lalu apa saja pantangan makanan serta makanan yang baik di konsumsi oleh penderita epilepsi? selengkapnya bisa anda ketahui dengan menyimak informasi berikut.


Epilepsi atau penyakit ayan adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem saraf pusat yang tak jarang menyebabakan gejala kejang hebat. Adapun tingkat  kejang yang di alami oleh penderita epilepsi dapat berbeda-beda pada penderita epilepsi satu dengan yang lainnya. Hal tersebut di sebabkan oleh banyak faktor seperti salah satunya adalah makanan.

Mengapa makanan dapat berpengaruh pada epilepsi?

Makanan adalah salah satu sumber nutrisi umum bagi tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, jelas dapat meningkatkan kesehatan anda secara menyeluruh. Nutrisi penting yang mampu terpenuhi juga dapat membantu meningkatkan tingkat energi tubuh tetap stabil. Bahan makanan sendiri dapat memperburuk hingga mengurangi resiko kejang pada beberapa penderita epilepsi.

Menurut beberapa teori, menerapkan diet katogenik atau diet rendah karbohidrat dan juga lemak tinggi dapat mengurangi berbagai gejala kejang pada penderita epilepsi. Meski beberapa para ahli belum memahami mekanisme yang menyebabkan hal tersebut terjadi, namun para ahli percaya bahwasannya kondisi ketosis yang di alami tubuh pada saat menjalankan diet ketogenik berperan dalam mengurangi gejala epilepsi. Senyawa keton yang di hasilkan pada saat kondisi ketosis dapat menjadi sumber energi untuk otak yang lebih efisien dan dapat melindungi sel otak dari keruksakan.

Pantangan dan makanan sehat yang baik bagi penderita epilepsi

Di samping rutin mengonsumsi obat epilepsi alami, melakukan diet yang tepat ternyata dapat membantu penderita epilepsi dalam mengatasi kondisinya. Banyak dari pada ahli yang menyarankan agar penderita epilepsi menjalankan diet ketogenik agar kondisinya lebih baik. Adapun pronsip dari diet katogenik ini sendiri adalah rendah karbohidrat dan tinggi lemak.


Dan berikut akan kami paparkan beberapa jenis makanan yang termasuk kedalam makanan sehat serta pantangan makanan bagi penderita penyakit kejang epilepsi dalam diet ini adalah sebagai berikut.

Makanan sehat bagi penderita epilepsi

1. Daging dan sea food. Daging ayam, daging sapi, dagig kambing, ikan dan beberapa makanan laut (sea food) adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya di konsumsi oleh penderita epilepsi. Hal tersebut di karenakan berbagai jenis makanan tersebut kaya akan lemak serta protein yang baik bagi penderita epilepsi. Selain itu, daging merah juga di ketahui kaya akan mineral  seng yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. kacang-kacangan. Beragam jenis kacang-kacangan termasuk produk olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai dan lainnya adalah sederet makanan yang termasuk ke dalam makanan sumber protein nabati. Penderita epilepsi sendiri di sarankan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah sedang. Setidaknya, penderita epilepsi patut memenuhi 80% piringnya dengan makanan sumber protein, baik protein hewani maupun protein nabati.

3. Sayuran dan buah-buahan. Banyak di antara jenis sayuran dan buah-buahan merupakan sumber karbohidrat komplek dengan kandungan serat tinggi, kalori rendah serta berbagai nutrisi penting, sehingga penderita epilepsi di sarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah. Bahkan tah hanya itu, sayur dan buah juga mengandung antioksidan tinggi yang mana dapat melindungi sel-sel tubuh anda dari keruksakan.

Bahkan menurut penelitian yang di publikasikan dalam Clinica Chimica Acta menunjukan bahwasannya penderita epilepsi dengan konsumsi antioksidan yang rendah akan lebih rentan mengalami kejang. Sehingga, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan tinggi dapat membantu penderita kejang terhindar dari gejala kejang.

Selain dari pada makanan yang perlu di masukan dalam diet harian anda, ada juga makanan yang sebaiknya anda hindari dalam diet anda. Hal tersebut di karenakan beberapa jenis makanan ini memungkinkan dapat memperburuk gejala epilepsi. Dan adapun beberapa makanan yang di larang tersebut adalah sebagai berikut.

Pantangan makanan bagi penderita epilepsi

1. Makanan dan minuman yang mengandung sumber karbohidrat sederhana. Kondisi kadar gula darah yang naik turun pada penderita epilepsi terkadang dapat memicu kejang. Sehiongga sahingga sangatlah penting untuk menjaga kadar gula darah, salah satunya dengan mengontrol asupan karbohidrat. Maka dari itu, ada baiknya anda menghindari berbagai jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Seperti halnya minuman manis, minuman ringan, roti putih, nasi putih, kue, coklat dan lainnya

Penderita epilepsi juga masih di perbolehkan mengonsumsi makanan sumber karbohidrat dengan catatan dengan indeks glikemik tidak terlalu tinggi dan juga dalam jumlah yang rendah. Seperti halnya nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat serta kentang dan kulitnya.

2. Makanan dengan MSG. Kandungan MSG sering kali di gunakan dalam penyedap makanan dan pengawet pada berbagai jenis makanan. Namun menurut pnelitian yang di terbitkan Neuroscience Letters menunjukkan bahwasannya kelebihan MSG dapat mengubah saraf tikus hingga menyebabakan terjadinya serangan peilepsi. Meski penelitian tersebut masih sebatas pada hewan, namun ada baiknya bagi anda penderita epilepsi untuk membatasi bahkan menghindari makanan dengan MSG.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi pantangn makanan pada penderita epilepsi seperti halnya kerang, makanan atau minuma yang mengandung kafein dan alkohol, makanan kemasan dan lainnya.

Nah itulah berbagai makanan sehat bagi penderita epilepsi berikut pantangan makanannya yang dapat kami sampikan pada kesempatan kalin ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi anda.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 21 Agustus 2017 11:59:38

Related Post :
Kewanitaan
Mengapa Menstrual Cup Lebih…

Dibandingkan dengan pembalut, penggunaan…

Kesehatan
Ini Penyebab Rambut Beruban…

Ini dia penjelasan lengkap…

Penyakit
Pertolongan Pertama Pada Asma…

Ada baiknya anda mengetahui…

Kesehatan
Inilah Penyebab Mengapa Tubuh…

Ketahui beragam penyebab tubuh…

Penyakit
Inilah Kebiasaan Buruk Yang…

Kebiasaan buruk yang menyebabkan…

Alami
Bahan Alami Warisan Nenek…

Orang tua zaman dahulu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Berikut adalah berbagai cara sederhana…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Liver

Mencegah penyakit liver tidak hanya…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top