Mengetahui Manfaat Daging Burung Belibis Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Burung belibis merupakan salah satu dari 3  jenis burung yang memiliki daging dengan rasa yang nikmat. Belibis memiliki daging yang gurih dan hampir sama seperti daging ayam. Inilah yang membuat daging belibis cukup banyak diminati.

Belibis merupakan nama burung yang banyak hidup di China dan India. Di Indonesia sendiri, burung ini juga disebut dengan burung Kutul atau meliwis/bangau/itik liar. Burung belibis biasanya berpinda-pindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya pada waktu-waktu tertentu. 


Secara anatomis, burung belibis tidak ubahnya burung-burung yang lain. Burung ini memiliki paruh, sayap, kaki, ekor, dan bulu yang indah. Selain untuk menutupi tubuh dan membantu dia terbang, bulu burung belibis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Rata-rata burung belibis ini memiliki warna bulu putih dan kecoklat-coklatan, namun juga ada warna lain, seperti coklat dan hitam. 

Ciri khas yang membedakannya dengan burung jenis lainnya, yaitu terletak pada kakinya yang panjang dan paruh yang kuat serta memiliki kemampuan terbang tinggi dengan gagah dan elegan. 

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, burung belibis juga memiliki daging yang cukup nikmat untuk dikonsumsi. Diberbagai daerah hampir selalu ditemui warung-warung yang menjual burung belibis. 

Daging burung belibis kaya akan kandungan protein, sehingga menjadi salah satu sumber protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan. Daging burung belibis juga mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Daris isi medis, daging burung belibis ini juga memiliki manfaat yang sangat mengejutkan. Berikut ini manfaat daging burung belibis bagi tubuh yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Dalam sebuah penelitian, daging burung belibis mengadnung 586 ME (kj/100 g). Maka dari itu, dengan mengonsumsi daging burung ini Anda akan terhindari dari berbagai virus ataupun bakteri yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh akan lebih kuat dan sistem kekebalan meningkat beberapa persen dari sebelumnya. 

  • Sumber energi tubuh

Dalam 1 ekor daging burung belibis terdapat hampir 35 gram karbohidrat. Karbohidrat memang menjadi sumber utama di dalam tubuh, maka dari itu Anda akan merasakan energi terjaga dalam waktu yang lama setelah mengonsumsi daging burung tersebut. 

  • Melancarkan pencernaan

Meskipun didalamnya hanya terkandung 35 protein, namun daging belibis ini cukup ampuh untuk melancarkan pencernaan. Protein yang ada didalamnya dapat membantu proses metabolisme sehingga pencernaan akan lebih lancar dan sehat. 

  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Manfaat daging burung belibis selanjutnya yaitu dapat menyeimbangkan mineral atau cairan dalam tubuh. Didalam daging burung belibis ini terkandung sodium (natrium) yang berfungsi untuk memenuhi cairan (mineral) dalam tubuh. Terdapat 2 mg sodium yang akan didapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi daging burung belibis. 

  • Melancarkan saluran darah 

Produksi sel darah merah yang bagus saat mengonsumsi daging burung belibis dapat membuat aliran darah lancar. Hal ini dapat membuat darah sampai ke seluruh bagian tubuh dan membuat setiap bagian tubuh menjadi lebih aktif dalam sistem saluran darahnya. 

  • Meregenerasi sel darah

Lancarnya saluran darah tentu akan membuat sistem kerja darah dalam tubuh berjalan dengan baik. Hal ini juga bisa menjadi dampak yang positif seperti terjadinya regenerasi sel darah yang terjadi dalam tubuh. 

  • Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda tengah menjalani program diet rendah lemak, maka daging burung belibis ini merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi salah satu menu harian Anda. Karena daging burung belibis memiliki kandungan lemak yang sangat sedikit. 

  • Mencegah tulang keropos (osteoporosis)

Daging burung belibis juga diketahui berkhasiat untuk melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis. Kandungan mineral yang ada didalamnya mampu melenturkan setiap kerusakan sel-sel tulang dan mencegah terjadinya tulang keropos. 

  • Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang cukup banyak ditakuti. Penyakit ini bisa menyerang tubuh disebabkan karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Daging bangau juga memiliki protein baik dan kandungan gizi lainnya yang dapat menyerang bakteri-bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. 

  • Mengobati penyakit kusta

Manfaat burung belibis yang terakhir yaitu mampu mengobati penyakit kusta. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan darah burung belibis dan mengoleskannya pada seluruh bagian tubuh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 21 Agustus 2017 14:47:44

Related Post :
Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Radang…

Penyebab dan gejala radang…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Anak anda mengalami gejala…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak…

Informasi tentang batuk berdahak,…

Penyakit
Gejala Penyebab dan Ciri-ciri…

Gejala penyebab dan ciri-ciri…

Kesehatan
Inilah Efek Samping Facial…

Inilah efek samping facial…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kadar Trigliserida Tinggi Memicu Penyakit Diabetes

Tingginya kadar trigliserida dalam darah…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top