11 Khasiat Dan Manfaat Daun Ginseng Jawa Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ginseng jawa ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan di samping pada umumnya sering kali di jadikan pakan kenari hingga tumisan. Lalu, apa saja khasiat daun ginseng jawa bagi kesehatan? informasi selengkapnya, bisa langsung anda simak pada ulasan singkat berikut ini.


Pernahkan anda melihat tanaman yang satu ini? Ya, ini dalah tanaman ginseng jawa. tanaman yang memiliki nama latin Talinum crassifolium ini adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh semi menjalar dan biasanya mencapai ketinggian hingga 60 cm. Adapun daunnya berwarna hijau mengkilat dan berbentuk oval. Sedangkan bunganya majemuk dan juga berwarna merah muda.

Di kalangan masyarakat lokal, tanaman obat herbal yang satu ini akrab di sapa dengan sebutan kolesom jawa atau som jawa. Tanaman ini juga di kenal mudah untuk di kembangbiakan baik dengan stek batang maupun dengan biji. Dan karena warna bunganya yang menarik, tanaman yang satu ini banyak di budidayakan sebagai tanaman hias.

Namun, mungkin sedikit dari pada anda yang tahu, bahwasannya seluruh bagian tanaman ginseng jawa ini bisa di kunsumsi, mulai dari akar, batang hingga daunnya. Bahkan umbi ginseng jawa yang sudah di keringkan telah di akui oleh pakar herbal dunia sebagai salah satu jenis ginseng yang berkhasiat dan layak manfaatkan sebagai obat herbal yang keefektifan kandungannya tidak kalah dengan ginseng Korea atau China.

Namun, pada kesempatan kali ini kami tidak akan banyak membahas terkait umbinya. Melainkan kini secara khusus kami akan panjang lebar membeberkan seputar khasiat yang terkandung dalam daun ginseng jawa. Apakah benar daun ginseng jawa atau som jawa berkhasiat?

Kandungan dan manfaat daun ginseng jawa bagi kesehatan


Tak jauh seperti manfaat daun ginseng pada umumnya, khasiat dari daun ginseng jawa juga secara khusus menjadi sorotan. Adapun kandunga daun ginseng jawa sendiri di antaranya adalah :

  • Saponin: memiliki rasa manis dan netral yang berfungsi untuk menguatkan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah, antiinflamasi, serta mengatut maksimal pada sistem saraf pusat dan tepi.
  • Flavonoid: mengurangi pembengkakan, antibakteri, antioksidan, antiviral, dan anti-histamin.
  • Steroid: Dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Minyak atsiri: Sama seperti steroid.
  • Vitamin A: Baik untuk menjaga kesehatan mata.
    berbagai jenis Mineral penting lainnya.

Dan adapaun bermagai manfaat yang bisa anda rasakan dari daun ginseng jawa ini adalah sebagai berikut.

1. Mengobati bisul

Ternyata daun som jawa ini bisa di manfaatkan sebagai obat bisul alami. Caranya, siapkan terlebih dahulu sejumput daun ginseng jawa segar serta gula merah secukupnya. Dan setelah daunnya di cuci bersih, anda bisa menambahkan sedikit gula merah dan di tumnbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut kemudian bisa anda tempelkan pada bisul yang di lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

2. Melancarkan ASI

Bagi anda ibu menyusui yang kini tengah di hadapkan dengan masalah asi yang tidak lancar, maka anda bisa memanfaatkan daun ginseng jawa ini sebagai ramuan pelancar ASI alami. Adapun untuk cara pengolahannya sendiri adalah denga menyiapkan daun ginseng jawa secukupnya. Setelah di cuci bersih anda bisa  mengolahnya dengan cara di tumis, dan hasil tumisan daun ginseng dapatn di konsumsi 2-3 jaki dalam sehari.

3. Meningkatkan nafsu makan

Anda atau si kecil tengah kehilangan nafsu makan? tenang, tak usah langsung beli vitamin ke apotik. Karena daun ginseng bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan nafsu makan anda kembali. Carnya cukup dengan memasukan daun ginseng jawa ini ke dalam menu makan anda.

4. Menjaga kesehatan paru-paru

Mengonsumsi daun ginseng secara teratur ternyata sangat baik bagi kesehatan paru-paru anda. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung senyawa alami yang baik untuk kesehatan paru-paru anda.

5. Merangsang daya seksual

Daun ginseng di ketahui mengandung zat afrodisiak yang mana senyawa ini di ketahui mampu membantu merangsang daya seksual secara alami. Bagi anda yang kini tengah mengalami masalah dalam seksualitas, anda bisa langsung memanfaatkan daun ginseng jawa sebagai solusinya.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun ginseng jawa lainnya seperti:

6. mengobati sakit maag

7. Menyehatkan syaraf

8. Melancarkan peredaran darah

9. Mencegah obesitas

10. Mencegah penyakit alzheimer

11 Mencegah diabetes

Nah, itulah berbagai manfaat daun ginseng jawa bagi kesehatan. Terimakasih bagi anda yang telah setia menyimak informasi kami hingga selesai. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda seputar dunia herbal.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 22 Agustus 2017 11:08:35

Related Post :
Tips
4 Langkah Mudah untuk…

Untuk menghindari penyakit rematik…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim…

Pada musim hujan, tubuh…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Manfaat
Manfat Kulit Buah Lemon…

Sebelum pergi ke dokter,…

Tips
Tips Ampuh Cegah Flu…

Penyakit flu unta atau…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah…

Khasiat dan manfaat buah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top