Obat Alami Glaukoma Yang Minim Efek Samping

Share dan Tag Temanmu di :
Obat alami glaukoma adalah salah satu dari bentuk pengobatan penyakit glaukoma yang di tempuh secara herbal. Karena tanpa anda ketahui sebelumnya, selain pengobatan secara medis, ternyata masih terdapat banyak bahan alami maupun berbagai ramuan obat glaukoma tradisional yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengobatan penyakit syaraf mata ini.


Glaukoma merupakan penyakit syaraf utama pada mata yang timbul perlahan dan membuat pandangan menjadi hilang. Jika dibiarkan, glaukoma bisa menyebabkan komplikasi hingga kebutaan. Hal tersebut disebabkan karena saluran yang keluar dari bola mata terhambat, yang menyebabkan bola mata membesar dan menekan saraf mata di bagian belakang bola mata hingga saraf tidak mendapat aliran darah dan mati.

Gejala glaukoma diantaranya adalah mata terasa sakit karena mata dalam keadaan bengkak, sakit kepala ringan, jika memandang sumber cahaya akan timbul pelangi di sekitar cahaya tersebut, penyempitan lapang pandang tepi, rasa ingin mengedip terus menerus, dan gangguan penglihatan yang tidak jelas seperti sulit beradaptasi pada kegelapan. Terkadang, penderita glaukoma tidak menyadari bahwa dirinya sedang menderita glaukoma. Sama halnya seperti ia sudah menderita maag kronis. Penyakit ini bisa diderita pada kedua mata.

Glaukoma harus didiagnosis serta diobati sedini mungkin. Jika diabaikan, penyakit ini akan terus berkembang bahkan menyebabkan kebutaan. Mata yang rusak karena glaukoma tidak bisa diobati sampai sembuh hingga kembali normal. Pengobatan biasanya bertujuan hanya mengurangi tekanan intraokular pada mata serta mencegah meluasnya kerusakan pada mata. Untuk itu, anda sangat di sarankan untuk segera melakukan pengobatan agar komplikasi dari penyakit ini tidak muncul.

Obat alami glaukoma yang minim efek samping

Salah satu diantara pengobatan glaukoma yang dapat di lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit glaukoma.

1. Wortel

Seperti yang telah banyak kita ketahui,  wortel adalah sejenis sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut di karenakan di dalam wortel sendiri terkandung betakaroten yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan alternatif bahan alami untuk mengobati glaukoma tau penyakit mata lainnya. Dan tubuhlah yang bekerja untuk melakukan perubahan dari beta karoten menjadi vitamin A yang merupakan asupan penting yang sangat di perlukan oleh mata. Untuk itu, anda bisa mengonsumsinya dengan cara di masak terlebih dahulu atau di olah sebagai jus setiap hari, yang sangat baik untuk memulihkan kesehatan mata anda.

2. Bawang putih

Siapa sangaka bahan alami yang sering kita jumpai di dapur ini juga dapat kita gunakan untuk mengobati penyakit saraf mata seperti glaukoma. Hal tersebut memang di karenakan dalam tanaman obat herbal yang satu ini terkandung beberapa senyawa alami yang sangat bermanfaat dalam penyembuhan glaukoma seperti diantaranya vitamin C, vitamin B1, selenium dan quercentinnya bisa di andalkan untuk melancarkan sirkulasi darah menuju area mata. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi bawang putih secara teratur, baik di konsumsi secara langsung atau di kombinaikan dalam aneka jenis masakan.

3. Biji bunga matahari

Obat glaukoma selanjutnya adalah biji bunga matahari. Di dalamnya terkandung berbagai unsur senyawa alami yang rguna untuk mengobati hingga mencegah penyakit glaukoma sejak dini. Bberapa diantaranya seperti vitamin B2, vitamin E, selenium dan zinc. Selain untuk penyakit glaukoma, beberapa dari penyakit mata lainpun dapat di atasi dengan menggunakan biji munga matahari ini seperti halnya mata katarak dan gangguan penglihatan lainnya yang di sebabkan oleh penuan.

4. Biji kemangi

Bahan alami selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk obat alternatif galukoma adalah biji kemangi. Adapun untuk cara pemanfaatannya, anda bisa sediakan sebutir biji kemangi yang telah di bersihkan, kemudian anda bisa memasukkannya ke dalam mata secara perlahan. copbalah untuk menutup mata anda sejenak dan membukanya kembali secara perlahan. Tak lama dari itu, akan keluar tahi mata. Meski cara ini dianggap agakl sedikit ngeri, namun pada dasarnya cara ini adalah cara tradisional yang bisa di gunakan secara efektif dalam pengobatan mata glaukoma.

5. Daun turi

Seperti pada obat herbal mata glaukoma sebelumnya, daun turi juga memiliki khasiat dalam mengobati penyakit glaukoma secara aman. Untuk cara pemanfaatannya, anda bisa menyediakan daun turi muda sebanyak 10-15 gr , kapur sirih 4-5 gr dan juga manfaat daun adas dengan takaran yang sama. Untuk pengolahannya anda bisa mencampurkan kesemua bahan alami tersebut dengan cara meremasnya, lalu tempelkan ramuannya ke bagian alis sehari 2 kali. Kemudian tunggu sekitar setengah jam untuk hasil yang maksimal.

Nah, beberapa bahan alami yang telah di sebutkan diatas, bisa anda manfaatkan sebagai obat glaukoma alami yang minim efek samping. Adapun untuk pengobatan glaukoma secara medis, bisa dilakukan dengan obat-obatan yang diminum, obat tetes mata, pengobatan laser, sampai prosedur operasi. Untuk pengobatan dengan obat tetes mata, terdapat beberapa jenis obat tetes mata untuk glaukoma yang diantaranya:

  • Obat-obatan penghambat alfa, seperti brimonidine dan apraclonidine.
  • Obat-obatan penghambat beta seperti levobunolol dan timolo.
  • Obat-obatan penghambat carbonic anydrase seperti brinzolamide dan dorzolamide.
  • Obat-obatan prostaglandin analoge seperti bimatoprost dan travoprost.

Namun penggunaan obat tetes mata glaukoma dapat memberikan beberapa efek samping seperti mata merah, iritasi pada mata, sensasi menyengat pada mata, mata kering dan gatal. Sebelum menggunakannya, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter karena beberapa obat tetes mata ada yang memberikan efek samping terhadap kinerja jantung dan paru-paru.

Selain menggunakan obat tetes, pengobatan glaukoma juga bisa didampingi dengan mengonsumsi pil tertentu yang diresepkan dokter. Namun pil tersebut memiliki efek samping seperti membuat Anda lebih sering buang air kecil, depresi, kesemutan pada tangan dan kaki, masalah daya ingat, sakit perut, hingga batu ginjal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar obat alami glaukoma yang minim efek samping. Semoga apa yang telah kmi sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

By Rizka Ardiana - Alami Senin, 18 Juli 2016 14:27:36

Related Post :
Kesehatan
Ini Alasan Mengapa Marah…

Ini alasan mengapa marah…

Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis…

Cara mengobati penyakit hepatitis…

Kesehatan
Ini Olahraga Yang Tepat…

Pilihan olahraga yang tepat…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Cara…

Meskipun infeksi bakteri listera…

Alami
Cara Mengolah Bumbu Dapur…

Berikut ini cara mengolah…

Obat Kimia
Rekomendasi Obat Sakit Gigi…

Rekomendasi obat sakit gigi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Keputihan Alami Pada Wanita Karena Jamur

Obat keputihan alami gatal, perih…

Alami
Obat Epilepsi Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa Yang Ampuh

selain obat generik, Obat epilepsi…

Alami
Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Kanker

Manfaat mengkudu untuk mengatasi kanker,…

Kirim Pertanyaan
Top