Penyebab Dan Gejala Kista Bartholin Yang Perlu Anda Waspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Dan gejala kista bartolin nyatanya masih belum banyak di pahami dan di ketahui oleh masyarakat. Padahal kondisi ini jika dibiarkan bisa saja menyebabkan komplikasi tumor hingga kanker. Adapun untuk lebih mewaspadainya, anda sebaiknya menyimak informasi berikut ini.


Kista bartolin dapat di artikan sebagai benjolan abnormal yang muncul pada salah satu maupun kedua sisi dinding jalan lahir (vagina) akibat terbentuknya kista pada kelenjar bartholin. Kelenjar bartholin sendiri merupakan struktur normal yang terletak tepat pada dinding mis V yang berfungsi mensekresi cairan untuk membantu melumasi.

Adapun kista sendiri pada umumnya terbentuk ketika saluran keluar dari kelenjar bartholin menjadi tersebut. Alhasil, cairan yang di hasilkan menjadi tertimbun di dalam kelenjar sehingga membentuk rongga berisi cairan (kista). benjolan berisikan cairan tersebutpun bisa membesar meski tidak di sertai dengan rasa sakit. Namun naasnya, kondisi ini bisa di sertai dengan infeksi bakteri di dalam kista. Sehingga cairan tersebut berubah menjadi nanah yang menyebabkan peradangan dan tentu menimbulkan rasa sakit dan juga demam.

Berbagai penyebab dan gejala kista bartholin yang perlu anda waspadai

Seperti yang telah di tuturkan sebelumnya, bahwa penyebab kista bartholin sendiri adalah karena tersumbat dan tertimbunnya cairan dalam kelenjar bartholin tersebut. Adapun pemicu penyumbatan ini bisa jadi akibat infeksi maupun cedera. Jika infeksi terjadi dan terus berlanjut maka cairan akan berubah menjadi nanah (abses).

Adapun jenis bakteri yang sering menyebabkan infeksi pada kelenjar ini adalah antara lain seperti Escherichia coli (E. coli) serta bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia. Adapun wanita yang memiliki resiko lebih tinggi mengalami kondisi ini adalah:

- wanita hamil
- Wanita hamil penyandang diabetes mellitus
- Wanita yang memiliki infeksi menular seksual atau sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman

Adapun gejala kista bartholin sendiri pada umumnya sering kali tidak di sadari oleh penderita akibat kista bartholin yang berukuran kecil dan tidak terinfeksi sehingga tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, jika kista ini terus tumbuh semakin besar, maka jelas anda juga akan merasakan adanya benjolan atau massa di dekat lubang miss v anda. Meski kista pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan. Adapun kista bartholin yang mengalami infeksi bisa saja menimbulkan beragam gejala seperti halnya:

  • Adanya benjolan yang menyakitkan dekat lubang miss v.
  • Rasa nyeri atau ketidaknyamanan ketika berjalan atau duduk.
  • Nyeri selama melakukan aktivitas seksual bersama pasangan.
  • Mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh.

Pada dasarnya kista bartholin sendiri bisa timbul di bagian kedua sisi bibir vagina. Namun pada kenyataannya kondisi ini lebih sering muncul pada salah satu bagian bibir vagina saja.

Apabila anda kini memiliki keluhan akibat ketidaknyamanan bagian miss V anda, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk memastikan apakah kondisi tersebut adalah gejala kista bartholin atau bukan. Karena dengan pengobatan yang di lakukan sedini mungkin, baik secara medis maupun non medis seperti dengan menggunakan obat kista bartholin alami, maka keparahan dan komplikasi bisa di cegah serta pengobatan bisa di lakukan lebih mudah.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 23 Agustus 2017 16:11:30

Related Post :
Kesehatan
Ketahui 4 Makanan Yang…

Ketahui 4 makanan yang…

Tips
Mengatasi Otak yang Sedang…

Tips mengatasi otak yang…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu…

Kegunaan, khasiat serta manfaat…

Alami
Obat Tipes Alami Yang…

Obat tipes alami yang…

Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh…

Jika dalam kadar normal,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Sakit Tenggorokan Tak Kunjung Sembuh? Awas Penyakit Laringitis !

Anda tengah mengalami sakit tenggorokan…

Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu Diketahui

Beberapa gejala yang muncul dari…

Penyakit
Tips Cara Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami

Pola makan setiap orang berbeda-beda,…

Kirim Pertanyaan
Top