Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2

Share dan Tag Temanmu di :

Penderita diabetes mellitus, khususnya diabetes mellitus tipe 2 harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, kadar gula dalam darah bisa meningkat jika Anda salah mengonsumsi makanna. Maka dari itu, penderita diabetes tipe 2 harus mengetahui dan memahami makanna apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Penderita diabetes biasanya akan diberi terapi melalui pola makan teratur atau disebut terapi nutrisi medis. Terapi ini dimaksudkan agar penderita selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori, sehingga bisa mengontrol kadar gula darah. 


Dalam terapi ini, tidak sedikit penderita yang menghindari mengonsumsi buah-buahan tertentu karena takut meningkatkan kadar gula dalam darah. Padahal, tidak semua jenis buah dapat berdampak buruk pada gula darah Anda. 

Menurut The American Diabetes Association (ADA), buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buha-buahan tertentu harus menjadi bagian dari pola makan yang dikonsumsi pengidap diabetes. Nah, berikut ini merupakan jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, diantaranya adalah :

  • Apel

Dalam 1 buah apel terkandung 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Apel merupakan sumber serat dan vitamin C. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan penderita diabetes. 

  • Kiwi

Kiwi mengandung potasium, serat, dan vitamin C. Satu buah kiwi mengandung 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Anda bisa menambahkan kiwi ke dalam menu sehari-hari Anda yang aman untuk dikonsumsi. 

  • Buah persik

Persik atau peach bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena peach mengandung vitamin A, vitamin C, pottasium, dan serat. 

  • Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C, satu buah jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Jeruk juga mengandung folat dan potasium yang membantu menormalkan tekanan darah. 

  • Berry

Berbagai jenis berry, seperti blueberry dan stroberi merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menurut ADA, berry merupakan makanan super bagi penderita diabetes karena kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, fiber, dan memiliki tingkat glikemik yang rendah. 

Dalam tiga perempat gelas blueberry terkandung 62 kalori dan 16 gram karbohidrat. Anda bisa menjadikan berry sebagai cemilan, atau menjadi kombinasi dengan yoghurt rendah lemak.

  • Aprikot

Dalam satu buah aprikot hanya terkandung 17 kalori dan 4 kg karbohidrat. 4 buah aprikot setara dengans etenhag dari kebutuhan vitamin A harian. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat yang baik untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes. 

Itulah beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Walaupun begitu, Anda tetap harus memperhatikan porsinya, jangan mengonsumsi buah tersebut secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 24 Agustus 2017 13:36:07

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Sehat Yang…

Jenis makanan sehat yang…

Kesehatan
Waspada! Ini Gejala HIV/AIDS…

Sebenarnya gejala HIV/AIDS pada…

Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Vape yang…

Saat ini terdapat kasus…

Kesehatan
Ketahui! Ini Ragam Penyebab…

Mengenal artritis septik lengkap…

Tips
Begini Cara Terbaik Minum…

Begini cara terbaik minum…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus Tanpa Memakai Kacamata

Ini bahaya mata minus tanpa…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top