Manfaat Terapi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Terapi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Terapi air hangat merupakan terapi dari zaman dahulu yang sampai saat ini masih banyak melakukannya. Para peneliti telah membuktikan bahwa terapi menggunakan air hangat dapat mengatasi segala gangguan otot termasuk arthritis, nyeri pinggang, dan fibromalgia. Menurut peneliti Direktur National Aquatics & Sport Medisine Institute di Univ Washington, AS mengatakan bahwa apa yang dilakukan zaman dahulu dengan berendam air hangat dapat membuat anda merasa lebih baik, mengurangi rasa sakit, dan melonggarkan sendi. Perlu anda ketahui jangan gunakan air terlalu panas karena dapat menyebabkan tekanan yang berlebih pada jantung. Agar terhindar dari dehidrasi sebelum melakukan terapi pastikan anda telah cukup minum air putih. Anda bisa melakukan terapi ketika tubuh mulai terasa nyeri sekitar 2 - 3 kali dalam seminggu.


Manfaat Terapi Air Hangat

Terapi air hangat dipercaya sangat bermanfaat bagi tubuh karena air memiliki sifat untuk kesehatan seperti dapat membawa dan menyimpan panas serta energi, melarutkan zat-zat seperti garam dan mineral, tidak mengakibatkan iritasi meskipun anda sensitif terhadap lingkungan disekitar, tidak hanya untuk terapi, air juga dapat bermanfaat dalam bentuk es untuk mendinginkan, maupun dalam bentuk uap untuk membantu pernafasan, membantu melancarkan sirkulasi darah, dan memiliki efek yang menenangkan.

Tips Menjalani Terapi Dengan Air Hangat

Berikut ini ada beberapa langkah-langkah yang harus anda ketahui mengenai terapi dengan air hangat, seperti :

  • Suhu harus tepat

Aturan dalam terapi air hangat dianjurkan pada suhu 33 sampai 37 derajat celcius karena suhu diatas 40 derajat celcius dianggap membahayakan dan memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Jika anda memiliki masalah kardiovaskular air yang terlalu panas dapat memberikan tekanan tambahan pada jantung.

  • Kolam air hangat

Sebaiknya berendamlah di kolam air hangat agar dapat memberikan ruang lebih untuk bergerak dan dapat mengurangi kaku dan rasa sakit pada kondisi fibromyalgia dan arthritis yang melakukan olahraga ringan dalam kolam air hangat 2 atau 3 kali seminggu maka 40% rasa sakit akan menurun dan fungsi fisik akan lebih meningkat. Namun air hangat juga dapat memberi dorongan emosional, efektif bagi penderita obesitas, dan membantu tidur menjadi lebih baik.

  • Bergerak lebih baik

Selain baik untuk bersantai, air hangat juga sangat baik untuk bergerak karena mampu merangsang sirkulasi darah menuju ke sendi dan otot-otot yang kaku. Ketika berendam usahakan untuk tetap bergerak dan tempat yang paling efektif untuk meringankan sakit punggung bawah dan melakukan peregangan yaitu kolam renang air hangat.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung dan tulang

Jika kekurangan asupan magnesium yaitu mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung dan tulang , anda bisa menambahkan crystal magnesium sulfat pada terapi air hangat ini untuk meningkatkan kadar magnesium sebanyak 35%. Harus hati-hati jika anda menderita diabetes karena kadar magnesium yang sangat tinggi dapat merangsang pelepasan insulin. Maka dari itu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menambahkan mineral apapun kedalam air hangat tersebut.

Itulah beberapa manfaat terapi air hangat bagi kesehatan tubuh  namun akan lebih baik selalu konsultasi  dengan dokter jika ingin melakukan metode alternatif terapi air hangat tersebut, terutama jika digabungkan dengan pengobatan medis.

By Ana Rediana - Manfaat Jum'at, 25 Agustus 2017 14:49:04

Related Post :
Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak…

Membiasakan anak untuk hidup…

Kesehatan
Nutrisi Vitamin D untuk…

Memenuhi kebutuhan vitamin D…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi…

Cara mengatasi darah tinggi…

Manfaat
Mengenal Manfaat Sehat Kaldu…

Selain daging dan ikan,…

Alami
Tanaman Obat Herbal Yang…

Tanaman obat Herbal yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Akar Alang-alang Untuk Kesehatan

informasi tentang akar alang-alang, kandungan…

Manfaat
Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

Bagi orang Indonesia, jeruk limau…

Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi biji buah…

Kirim Pertanyaan
Top