3 Gerakan Sederhana untuk Mengurangi Mata Lelah

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak sedikit para pekerja yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputar. Namun, apakah Anda tahu bahwa layar komputer memancarkan radiasi yang dapat menyebabkan mata terasa perih ? 

Saat ini rata-rata orang dewasa menghabiskan waktu lebih dari 8 jam sehari untuk menatap satu atau lebih layar yang akan menempatkan tekanan ekstra pada otot mata. Kurangnya pencahayaan, peningkatan tuntutat visual, dan kurang berkedip berkontribusi terhadap keluhan mata lelah yang berhubungan dengan komputer. Tidak hanya itu, kini semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan perangkat baca elektronik bukannya buku jilid. Tentu saja hal ini dapat kelelahan mata lebih memburuk. 


Menghindari penggunaan komputer sama seklai bukan solusi yang tepat untuk sebagian besar orang, namun terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi kelelahan pada mata. 

Berikut ini merupakan 3 gerakan sederhana untuk mengurangi mata lelah yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Nikmati pemandangan

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan hadiah pada mata setelah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Anda bisa memanjakan mata dengan menikmati pemandangan berwarna hijau, biru, atau warna menenangkan lainnya. Anda juga bisa pergi ke taman yang berada di sekitar kantor atau sekadar berdiri di balik jendela dan mengajak mata berkeliling melihat pemandangan di luar tempat Anda bekerja. 

Disamping itu, Anda juga bisa memajang foto pemandangan yang Anda sukai, seperti laut atau pantai yang dapat berfungsi membuat mata lebih rileks. Pandanglah keindahan itu selama kurang lebih 2 menit, kemudian kembalikan pandangan Anda ke sekitar hidung. Setelah itu, kembali berijrak pandang yang luas pada mata dengan mengajak mata berkeliling kembali. Setelah 2 menit, kembalikan lagi pandangan mata Anda ke sekitar hidung. 

  • Berkedip

Berkedip meruapakan aktivitas yang biasa dilakukan mata. Walaupun begitu, ketika Anda fokus menyelesaikan pekerjaan dan terpaku menatap layar komputer, kemungkinan saja mata lupa berkedip sesering yang diperlukan. Akibatnya mata rentan mengalami kelelahan, berwarna merah, dan juga dapat menyebabkan sakit kepala. 

Hal ini disebabkan karena mata tidak terhidrasi dengan baik. Kondisi seperti inilah yang dapat merusakn konsentrasi dan menurunkan produktivitas Anda. 

Untuk menghindari mata merah dan sakit kepala, beralihlah sejenak dari layar komputar Anda. duduklah dengan mata terbuka, kemudian kedipkan kelopak mata dengan cepat sebanyak 10 kali. Setelah itu, tutup mata dan tahan selama 20 detik. Tarik napas panjang dan atur tubuh dalam posisi rileks, misalnya sambil menyandarkan punggung. ulangilah langkah-langkah tersebut sebanyak 5 kali. 

  • Alihkan fokus mata

Selain dua cara tersebut, Anda juga bisa mengurangi mata lelah dengan mengalihkan pandangan mata dari layar komputer. Anda bisa mencoba mengalihkan pandangan pada hidung. Namun, perlu diperhatikan, cara ini hanya bisa dilakukan satu kali. Karena Anda bisa mengalami hilang kesadaran atau pingsan jika melakukannya secara berulang-ulang. 

Duduklah pada posisi yang nyaman dan aman, letakkan ibujari di ujung hidung. Fokus pada jari tersebut hingga kedua mata memandang pada titik yang sama pada hidung. Selanjutnya, gerakkan jari maju beberapa sentimeter ke depan hidung. Rilekskan pandangan dan tutup kelopak mata selama 20 detik. 

Lakukanlah 3 gerakan sederhana untuk mengurangi mata lelah tersebut selama 10 menit untuk kembali menyegarkan mata Anda. Dengan cara tersebut, mata akan lebih segera serta dapat menghindari sakit kepala. 

Selain itu, Anda juga bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi suplemen Sehat Mata Softgel yang diformulasikan secara khusus untuk menjaga dan merawat kesehatan mata serta membantu mengatasi berbagai masalah yang timbul pada mata. Sehingga Anda bisa lebih produktif dan siap kembali bekerja dengan menggunakan komputer.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 26 Agustus 2017 11:58:08

Related Post :
Tips
Perut Kembung saat Menstruasi?…

Selain kram perut, perut…

Manfaat
Ini Manfaat Sehat Dari…

Beragam manfaat kacang arab…

Tips
Tips Agar Mata Tetap…

Mata ingin tetap sehat…

Kewanitaan
Fakta Penting Pil KB…

Pil KB sering kali…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam…

Buah-buahan untuk menurunkan asam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain harus menjaga kesehatan jantung…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci saat Perut Kosong

Bahaya mengonsumsi leci saat perut…

Kesehatan
Awas Bawang Merah Palsu! Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini masyarakat tengah dihebohkan…

Kirim Pertanyaan
Top