Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi Harus Dihindari

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi Harus Dihindari

Makanan dan minuman yaitu suatu hal yang tentunya sangat akrab dengan gigi yang berfungsi mencacah makanan sebelum masuk ke dalam kerongkongan hingga ke sistem pencernaan tentu bisa merusak gigi dengan jenis makanan tertentu yang dikunyah oleh gigi. Banyak jenis makanan bahkan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit gigi apabila terlalu sering dikonsumsi karena bahan makanan dan minuman ini memiliki kandungan zat yang bisa merusak lapisan gigi. Seperti zat asam hingga zat lain yang bersifat korosif, maka sangat penting untuk mengetahui jenis makanan dan minuman yang justru bisa merusak lapisan gigi sehingga anda bisa memilih makanan yang baik dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi.


Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman penyebab sakit gigi yang harus anda ketahui supaya nantinya anda tidak mengalami masalah tersebut, antara lain :

  • Kopi dan teh

Minuman kopi dan teh dapat meninggalkan noda digigi karena minuman tersebut mengandung asam tanat dalam kopi yang bisa mempengaruhi email gigi dan membuat gigi menjadi kecoklatan atau kekuningan. Apalagi dengan kandungan gula dalam kopi atau teh yang dapat menyebabkan perkembangan bakteri digigi. Anda bisa memilih yang aman yaitu teh hijau yang memiliki kandungan mencegah bau mulut dan mencegah gigi berlubang. Jika anda kopi addict anda tetap bisa menikmati kopi atau teh asalkan jangan lebih dari 3 gelas perhari.

  • Buah-buahan asam

Bermacam-macam buah yang memiliki rasa asam kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh. Tubuh memang membutuhkan kandungan vitamin C namun mengkonsumsinya jangan sampai berlebihan karena kandungan asam dari buah bisa membuat lapisan enamel gigi menipis bahkan membuat gigi menjadi berlubang. Tidak melarang untuk mengkonsumsi buah yang asam namun setelah mengkonsumsinya harus berkumur dengan air bersih kemudian tunggu 30 menit setelah itu baru anda menyikat gigi seperti biasa.

  • Roti

Roti yang memiliki kadar nutrisi tinggi ternyata salah satu makanan yang berpotensi merusak gigi, seperti biskuit, kue kering hingga roti memiliki sifat yang lengket berpotensi menimbulkan plek dan akan membuat karang pada bagian gigi yang dapat merusak lapisan gigi sehingga efek dari keropos lapisan gigi dapat menyebabkan sakit gigi yang diakibatkan oleh meningkatnya jumlah bakteri.

  • Minuman manis dan bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan asam yang kurang baik untuk gigi. Tidak hanya gula, minuman ini biasanya memiliki kandunngan posfor dan asam sitrat yang dapat menipiskan enamel gigi. Agar gigi anda tidak gampang berlubang maka berkumur dan minumlah dengan air putih setiap hari setelah anda minum minuman manis atau bersoda.

  • Es batu

Minuman dingin yang menjadi salah satu kesukaan setiap orang terutama yang tinggal di daerah tropis. Es ini memiliki lapisan keras sehingga menyebabkan gigi sensitif jika anda memiliki kebiasaan mengunyah es batu maka akan terjadi kerusakan pada bagian enamel gigi yang akan menyebabkan sakit gigi karena gigi berlubang.

  • Keripik

Cemilan yang satu ini memang paling enak namun berhati-hati jika sisa keripik nyangkut di gigi tidak segera dibersihkan maka bisa menjadi bakteri yang berkembangbiak akan memicu masalah pada gigi, apalagi dengan kandungan pati dalam keripik akan berubah menjadi gula dalam waktu singkat oleh enzim yang terdapat dalam air liur.

  • Aneka gula dan permen

Jika anda ingin memiliki gigi sehat maka batasilah mengkonsumsi aneka gula dan permen, dan jika setelah mengkonsumsi permen atau yang manis-manis harus menggosok gigi supaya gigi anda tidak mudah berlubang. Jika anda ingin menikmati permen maka pilihlah yang meemiliki sedikit kandungan pemanis atau gula.

Itulah beberapa makanan dan minuman penyebab sakit gigi yang harus anda hindari agar gigi anda tetap sehat dan tidak mudah berlubang yang berakibat pada masalah gigi salah satunya sakit gigi.

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 26 Agustus 2017 15:15:29

Related Post :
Kesehatan
Mata Kedutan Terus Menerus?…

Mata kedutan terus menerus?…

Daun
Manfaat Daun Salam Bagi…

Kegunaan dan manfaat daun…

Penyakit
Mengenal Gejala Gegar Otak…

Berikut adalah gejala gegar…

Daun
5 Manfaat Daun Anting-Anting…

Selain untuk burung dan…

Kesehatan
Kesalahan Yang Sering Dilakukan…

Ada beberapa faktor yang…

Kesehatan
Punya Phobia? Atasi dengan…

Punya phobia? Atasi dengan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ternyata Ini Rahasia Dibalik Tubuh Langsing Artis K-Pop

Dibalik penampilannya yang selalu terlihat…

Kesehatan
Punya Masalah Bau Badan? Atasi Dengan Cara Alami Ini !

Punya Masalah Bau Badan? Atasi…

Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Bahaya sering minum minuman bersoda…

Kirim Pertanyaan
Top