Pantangan Makanan Penderita Maag Yang Harus Di Hindari

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan bagi penderita maag harus benar-benar di hindari, supaya penyakit yang anda derita ini tidak mudah kambuh dan tidak semakin parah. Karena bila penderita maag mengkonsumsi jenis makanan yang seharusnya dihindari penderita maag, maka akan membuat kondisi anda menjadi semakin memburuk. Oleh karena itu bagi anda yang mengidap sakit maag dan masih mengkonsumsi jenis makanan yang seharusnya dihindari, maka mulai sekarang ubah pola makan anda.


Pantangan Makanan Penderita Maag Yang Harus Di Hindari

Makanan yang mengandung karbohidrat

Pantangan makanan penderita maag yang harus dihindari yaitu makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis makanan ini tidak baik untuk lambung yang menderita penyakit maag.

Daftar makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya ketan, bihun, pasta, ubi, talas, jagung, singkong dan mie. Perlu anda ketahui bahwa terlalu sering dan banyak mengkonsumsi mie maka tidak baik bagi kesehatan termasuk kesehatan lambung. Sehingga penderita sakit maag yang suka mengkonsumsi mie, maka sebaiknya batasi konsumsi mie dan kalau bisa hindari konsumsi mie.

Makanan yang sulit dicerna


Jenis makanan yang harus dihindari penderita maag yaitu makanan yang sulit dicerna oleh lambung. Terlebih bila mengkonsumsi banyak maka akan membuat kerja lambung semakin berat. Daftar makanan yang sulit cerna diantaranya makanan yang mengandung lemak tinggi, cokelat, keju, buah duku dan lain-lain.

Makanan yang mengandung gula tinggi

Selain makanan yang mengandung karbohidrat, penderita sakit maag juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Karena jenis makanan ini dapat mengakibatkan lambung iritasi dan luka. Daftar makanan yang mengandung gula tinggi yang harus dihindari penderita maag yaitu kue kering, pasta, roti putih, dan lain-lain.

Makanan pedas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag yaitu makanan pedas, terlebih bagi anda yang menderita sakit maag kronis harus benar-benar menghindari untuk tidak konsumsi makanan pedas. Makanan pedas yang harus dihindari tidak hanya makanan yang diolah dengan cabai saja, tapi juga makanan yang diolah dengan paprika pedas dan rempa-rempah pedas seperti lada.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng adalah jenis makanan yang diproses dengan cara digoreng. Jenis makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita maag. Karena bila penderita maag sering dan banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng, tentunya dapat berbahaya bagi penderita maag.

Buah yang mengandung asam sitrat tinggi

Selain tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas, penderita sakit maag juga tidak boleh mengkonsumsi buah yang mengandung asam sitrat tinggi seperti leci, buah berri (strawberry, blueberry), duku, kiwi, apel dan buah-buahan lainnya yang mengandung asma sitrat tinggi. Bila memang anda suka mengkonsumsi buah-buahan, konsumsilah buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita sakit maag diantaranya blewah, melon, semangka dan lain-lain.

Makanan produk susu

Apakah keju termasuk makanan favorit anda? bagi penderita maag akut maupun maag kronis yang suka mengkonsumsi keju, sebaiknya hindari konsumsi keju. Karena keju berbahan dasar susu dengan kandungan lemak yang tinggi. Dan makanan yang berbahan dasar susu adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag.

Selain makanan, penderita maag baik maag akut maupun maag kronis juga tidak boleh minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Selain itu juga tidak boleh minum minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda.

Jadi selain mengonsumsi obat maag, baik obat maag yang diresepkan oleh dokter maupun obat maag alami yang memanfaatkan bahan alami. Maka jaga pola makan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan tentunya baik dikonsumsi penderita dan penderita maag juga harus menghindari jenis makanan tertentu yang dapat memperparah kondisi penderita maag.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 28 Agustus 2017 13:32:23

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Asma Penyebab…

Asma merupakan penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok…

Ciri-ciri bayi tidak cocok…

Kesehatan
Waspadai Berbagai Penyebab BAB…

Apa penyebab BAB berbusa?…

Tips
Cara Mudah Membuat Bawang…

Ternyata membuat bawang hitam…

Tips
Cara Mengatasi Alergi Kulit…

Cara mengatasi alergi kulit…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Fimosis Serta…

Informasi tentang penyakit fimosis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
10 Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Daftar makanan yang baik untuk…

Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat Penyakti Jantung

Mengenali dan membedakan tanda-tanda sesak…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top