Segera Oleskan Bahan Ini saat Kulit Terkena Minyak Panas

Share dan Tag Temanmu di :

Minyak goreng panas merupakan hal yang cukup berbahaya saat di dapur. Meskipun telah berhati-hati, namun tidak jarang minyak goreng panas ini bisa mengenai tubuh saat sedang memasak. Terkadang cipratan minyak goreng panas bisa menimbulkan luka di tubuh. 

Tidak sedikit orang yang biasanya langsung mengoleskan pasta gigi saat terkena cipratan minyak panas. Padahal, alih-alih meringankan, cara tersebut justru dapat membuat luka semakin parah. 


Sebagai pertolongan pertama, luka bakar yang hanya memerah atau bahkan melepuh harus dialiri dengan air dingin selama 5-30 menit, tergantung seberapa besar ukanya. Air dingin berfungsi untuk membantu mengurangi pembengkakan. Anda juga bisa mengoleskan salep antibiotik dan menutup dengan perban agar terhindari dari bakteri. Namun, perlu diketahui, tidak disarankan mengobati luka tersebut dengan es batu, karena ini dapat meningkatkan risiko peradangan. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda untuk mengatasi luka akibat cipratan minyak panas. Agar luka tidak semakin parah, segera oleskan bahan ini saat kulit terkena minyak panas !!

  • Susu murni dingin atau buttermilk

Susu dingin, buttermilk, atau curd mampu menenangkan rasa sakit dan sensasi terbakar di daerah yang terkena minyak panas. Susu muni juga dapat membantu menenangkan kulit yang terkena luka bakar, terlebih lagi jika kondisinya dingin. Anda bisa mengoleskannya beberapa kali sehari untuk menghilangkan sensasi panas yang dirasakan.

  • Ketimun

Irisan ketimun juga bisa membantu meredakan panas yang timbul di kulit melepuh akibat cipratan minyak goreng panas. Kandungan vitamin C dan K yang terkandung dalam mentimun juga baik bagi kesehatan kulit, guna mempercepat penyembuhan dan mencegah peradangan. 

  • Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung beberapa zat yang baik untuk proses pertumbuhan kulit baru, dan membantu mendinginkan kulit yang luka. Oleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan luka. 

  • Madu

Madu memiliki kandungan antiseptik alami, sehingga baik untuk dioleskan di permukaan kulit yang melepuh dan tidak luka terbuka atau berdarah. Jika terdapat kunyit, Anda bisa memberikan perasan air kunyit ke atas luka melepuh tersebut. 

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun murni atau virgin olive oil dapat membantu mengurangi timbulnya bekas luka parut dalam proses penyembuhan dan pertolongan pertama luka bakar. Oleskan minyak zaitun secara rutin beberapa kali sehari agar kondisi luka semakin membaik.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 28 Agustus 2017 15:46:13

Related Post :
Kesehatan
Mengenali Penyebab Dan Gejala…

Penyebab dan gejala stroke…

Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Crystal…

Manfaat dan khasiat crystal…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Dilakukan…

Selain minum obat rematik,…

Ibu Dan Anak
Manfaat dan Bahaya Kebiasaan…

Menghisap jari atau menggigit…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ketahui Inilah Penyebab Munculnya Stretch Mark

Ketahui inilah penyebab munculnya stretch…

Kesehatan
13 Sayuran Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Beragam sayuran yang aman dikonsumsi…

Kesehatan
Pilihan Makanan untuk Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Kopi tidak sepenuhnya membuat itak…

Kirim Pertanyaan
Top