Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Osteoarthritis

Share dan Tag Temanmu di :

Semakin bertambahnya usia, maka tubuh semakin rentan terserang penyakit. Selain itu, tingkat kepadatan tulang, sendi, dan otot juga semakin berkurang. Hal ini tentu perlu mendapatkan perhatian untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang bisa menyerang persendia, seperti osteoarthritis. 

Osteoarthritis merupakan penyakit melemahnya tulang rawan pada engsel atau sendi. Ini terjadi akibat menurunnya fungsi tulang rawan yang menyambungkan ujung tulang dengan tulang yang lain. Permukaan halus tulang waran ini menjadi kasar dan menyebabkan iritasi. Jika tulang rawan menjadi kasar seluruhnya, maka tulang pangkal kedua tulang yang bertemu menjadi rusak dan gerakannya menyebabkan nyeri dan ngilu. 


Umumnya penyakit osteoarthritis terjadi pada sendi yang bersifat penopang, seperti punggung, lutut, pinggang, pinggul, dan leher. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoarthritis. Menjalani gaya hidup sehat dan tertaur, terutama pola makan dan aktivitas fisik merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoarthritis.

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoarthritis, seperti gaya hidup sehat untuk cegah penyakit osteoarthritis berikut ini :

  • Jaga berat badan dengan mengatur pola makan yang benar. Disebutkan para ahli, orang yang gemuk lebih rentan mengidap osteoarthritis. Hal ini disebabkan karena postur tubuhnya sulit menyanggah bagian punggung akibat kelebihan lemak. 
  • Kurangi konsumsi garam, karena terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat persendian berat. Selain itu, mengonsumsi garam terlalu banyak juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan yang akhirnya membuat gerakan badan menjadi sakit. 
  • Kurangi makanan yang merangsang inflamasi, terutama di bagian punggung. Hindari mengonsumsi kacang-kacangan, jeroan, dan makanan dengan bumbu MSG secara berlebihan. 
  • Hindari mengonsumsi minuman berkafein karena dapat menghambat elektrolit yang diperlukan tubuh. Seseorang yang terlalu banyak minum kopi dan teh juga sulit menyerap kalsium secara alami. Akibatnya, tulang, sendi, dan otot rentan mengalami kelemahan. 
  • Pilihlah olahraga yang tepat jika Anda ingin terbebas dari masalah os, TXteoarthritis. Hindari olahraga yang dapat menimbulkan tekanan, seperti lari. Sebagai alternatif, Anda bisa berjalan kaki, bersepeda atau berenang untuk mendukung kekuatan otot panggul. 
  • Gunakan sepatu yang nayaman saat berjalan atau beraktivitas. Anda bisa menggunakan sepatu lari atau sepatu yang memiliki sol tebal. Sepatu jenis ini dapat mengurangi impact nyeri sendi yang mengganggu. 
  • Selain dipijit atau mengonsumsi obat osteoarthritis, Anda juga bisa mengatasi nyeri yang timbul di rumah dengan cara mengompres bagian yang sakit dengan air es. Selain itu, gunakan tongkat untuk menyangga tubuh agar Anda bisa tetap berjalan dengan nyaman. 

Semoga informasi gaya hidup sehat untuk cegah penyakit osteoarthritis yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan bisa membantu untuk menjaga agar tulang dan sendi tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 29 Agustus 2017 14:18:55

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Selain menjadi masakan, Khasiat…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes…

Cara mencegah penyakit diabetes…

Penyakit
Jenis-jenis Kista Beserta Gejala…

Informasi tentang penyakit kista,…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Selain polusi udara, rokok,…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode…

Tes deteksi serta metode…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Terapi Senam Mata Bagi Penderita Rabun Jauh

Terapi senam mata bagi penderita…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus menghindari…

Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa Timbul pada Penderita ALS

Sama halnya dengan penyakit kroni…

Kirim Pertanyaan
Top